Ketentuan Sesi Wawancara Individual TBCCI 2021 Beserta Tips dari Para Pemenang

The Best Contact Center Indonesia merupakan lomba tahunan yang dilaksanakan khusus untuk anggota ICCA. Anggota yang dimaksud adalah perusahaan yang memiliki nomor induk keanggotaan Indonesia Contact Center Indonesia (ICCA) dan masih berlaku pada saat pelaksanaan kegiatan The Best Contact Center Indonesia 2021.

Antusias para peserta untuk mengikuti perlombaan ini cukup tinggi. Salah satunya pada pelombaan kategori Individual. Kategori ini memiliki dua tahapan seleksi, yaitu tahapan pertama ujian online dan tahapan kedua video presentasi dan wawancara.

Bagi para peserta yang berhasil lolos tahapan pertama akan mengunggah video presentasi yang telah mereka buat. Lalu bisa mengikuti sesi selanjutnya, yaitu sesi wawancara. Wawancara online TBCCI 2021 akan diselenggarakan pada tanggal 6 – 16 September 2021.

Dalam sesi ini, para peserta diberikan waktu maksimal 15 menit untuk menjawab pertanyaan dari moderator yang telah disediakan oleh panitia. Selama sesi ini, dewan juri vote lock akan memberikan penilaian atas jawaban para peserta melalui zoom atau video conference.

Hal lain yang harus diperhatikan oleh para peserta saat sesi wawancara ini adalah etika sebelum menjawab pertanyaan. Biasakan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, seperti menyebutkan nama dan asal perusahaan, sebelum menjawab pertanyaan yang diajukan moderator agar memudahkan dewan juri dalam penilaian.

Sesi wawancara memiliki bobot penilaian sebesar 45% dari keseluruhan penilaian setiap peserta. Bukan hanya video presentasi, sesi wawancara pun memiliki parameter penilaiannya sendiri dengan bobot nilai yang berbeda-beda. Parameter penilaiannya, yaitu perkenalan 5%, kemampuan memahami pertanyaan moderator 20%, kemampuan menjelaskan 25%, pemilihan kata dan kalimat 5%, kesesuaian jawaban dengan pertanyaan 25%, dan kelengkapan jawaban sebanyak 20%.

Tidak perlu khawatir, para pemenang TBCCI 2020 telah membagikan tips untuk para peserta Individual yang akan menghadapi sesi wawancara online. Tips yang pertama, kuasai materi. Peserta harus mampu menguasai materi presentasi yang dibuat supaya bisa menjawab pertanyaan dengan lancar, lugas, dan berisi.

Tips kedua, lakukan olah vokal agar bisa lebih tenang dalam sesi wawancara, melalui latihan pernapasan atau meditasi. Ketiga, banyak-banyaklah bertanya kepada pemenang TBCCI tahun sebelumnya terkait wawancara serta ketentuan lomba lainnya. Lalu tips yang terakhir, belajarlah dari berbagai pembekalan yang diadakan ICCA, buku yang diterbitkan oleh Bapak Andi Anugrah, dan sumber lainnya yang tersedia di internet. (ANF)