Alyah Amalia
Jakarta, 4 Agustus 2016. Tawa kelegaan pecah terdengar saat peserta keluar dari ruang presentasi. Berbanding terbalik saat mereka belum memasuki ruangan. Ketegangan menyelimuti setiap masing-masing peserta. Hari ini adalah hari terakhir untuk kategori individu dari perhelatan The Best Contact Center 2016.
Walaupun acara dimulai pada pukul 8.00 pagi, namun peserta kebanyakan datang satu jam lebih awal. Banyak persiapan yang dilakukan, menghafal materi, berdandan untuk penampilan istimewa karena semua harus sempurna. Hal ini dilakukan tentu saja karena peserta hendak tampil beda, demi bisa menarik perhatian para dewan juri.
Seperti penampilan wakil dari Kring Pajak, Adi Yanuar Putra, kali ini dia mengenakan kemeja lengan panjang berwana ungu dengan sentuhan motif tenun yang cukup mencuri perhatian. Penampilannya begitu terlihat meyakinkan terlihat dari senyumnya yang mengembang penuh keyakinan setelah melewati sesi akhir rangkaian TBCCI 2016 ini. “Tentu saja yakin menang, saya sudah belajar berusaha dan berdo’a. dan ketiga hal tersebut adalah modal utama saya untuk mengikuti ajang ini oleh karena itu saya yakin bisa memenangkan ajang kontes contact center ini” ucapnya bersemangat. Berbagai tips pun ia sampaikan, “Yang pertama percaya diri, karena tidak semua orang bisa berbicara di depan orang walaupun orangnya terbatas hanya beberapa orang tetapi communication skill itu penting, yang kedua sampaikan dengan sederhana, karena sebenarnya orang ketika diberikan informasi dengan sederhana tentu saja akan lebih menerima penjelasan kita, dan yang ketiga tampil apa adanya jangan dibuat-buat intinya be yourself saja” dengan suara mantap
Penampilan lain yang tak kalah meyakinkan yaitu perwakilan dari Bank Mandiri, Vivi Iswanti Nursyirwan yang sudah tiga kali mengikuti ajang ini dan untuk kali ini untuk kategori Best of The Best Outbond Telemarketing. Dengan mengenakan hijab bernuansa kuning dengan tatanan cantik padu padan riasan wajah terlihat begitu anggun. Untuk kategori ini dikhususkan untuk peserta yang sudah pernah menang di tahun sebelumnya dan diperlombakan kembali dengan peserta lain untuk menyabut gelar Best of The Best. Tentunya untuk menjadi pemenang di kategori ini bukanlah hal yang mudah. Kepercayaan diri untuk menjadi pemenang harus ada di setiap peserta “Saya yakin seratus 100% saya menang, dan tips untuk yang ingin ikut acara ini belajar, berlatih dan berbagi, maksudnya adalah belajar kekurangan kita dari mana kita harus , berlatih memperbaiki kekurangan kita, dan tidak segan-segan untuk berbagi, karena dengan berbagi bukan membuat kita kurang tapi justru akan memperkaya diri kita sendiri” ujar wanita bersenyum manis ini.
Hal lain diungkapkan salah satu peserta dari kategori Customer Service Agent English, Jovi Arjun, perwakilan dari Bank Mandiri, dia pun begitu yakin bisa memenangkan kategori ini. Laki-laki berwajah hitam manis khas bintang Bollywood ini dengan semangatnya menceritakan apa yang akan dilakukan dalam presentasinya “My slide is just ordinary but I will make special in my presentation all of myself, and to get the judge’s attention I will make a unique presentation so they can pay attention in my presentation”
TBCCI 2016 ini memang acara yang cukup bergengsi, terbukti dari persiapan para peserta untuk mengikuti acara ini tidaklah main-main. Tidak jarang yang mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Seperti yang di ungkapkan salah satu peserta wakil dari Telekomunikasi Indonesia area Semarang, Santi Almufaroh, “Persiapan saya sudah dari awal tahun 2016, saya sudah melalui seleksi dari kantor, seleksinya sendiri dari tes tertulis dan presentasi, setelah itu di saring per area dari pusat, setelah pusat lolos screening kita ikut try out setelah ikut tes tertulis setelah itu baru ikut tes presentasi yang sekarang. Dan untuk TBCCI 2016 ini saya yakin 100% menang karna saya percaya hasil tidak akan pernah mengingkari perjuangan” ungkapnya dengan percaya diri.
Semua peserta tentunya berharap menjadi pemenang, namun jangan lupa ada dewan juri yang memberikan penilaian. Untuk TBCCI 2016 ini banyak praktisi contact center yang sangat berkompeten di undang untuk menjadi juri. Berbagai cara dilakukan para peserta agar bisa menarik hati para dewan juri, hal ini diungkapakan oleh salah satu dewan juri Bapak Tjoeng Ie Sen, salah satu praktisi contact center perwakilan dari Bank Central Asia “Tahun ini pesertanya lebih bagus. Cara mereka presentasi tahun ini lebih bervariatif dan lebih banyak gaya-gayanya seperti ada yang menampilkan seperti superhero, dangdut, sopir taksi dan yang lainnya, kelihatannya mereka lebih improve, dan yang paling menarik penampilannya yaitu dari category customer service dan agent karena mereka lebih bermain multi media dan kreatifitas mereka lebih menonjol ya, karena apa? Dewan juri ini berharap ada yang lain dari yang lain, berharap sesuatu yang di tampilkan itu lebih segar dan baru, oleh sebab itu tips untuk TBCCI selanjutnya untuk peserta bisa lebih siapkan diri tidak hanya jago di presentasi tapi juga lebih kreatif dan atraktif contohnya seperti bisa menampilkan sedikit drama atau membawa contoh-contoh dari lapangan, dan bukan hanya presentasi biasa namun lebih kearah multi media yang diperbanyak juga delivery skill-nya lebih ditingkatkan”.
Berbagai paparan dan tips menarik yang diberikan baik dari peserta atau pun dewan juri di helatan TBCCI tahun ini bisa diterapkan untuk calon peserta TBCCCI 2017 mendatang.
You must be logged in to post a comment.