Kesan Peserta Hari Keenam Sesi Wawancara Individual TBCCI 2021

Selasa, 14 September 2021. Menginjak hari kelima pelaksanaan sesi wawancara Individual The Best Contact Center Indonesia 2021, seluruh peserta dan dewan juri masih tetap bersemangat mengikuti seluruh rangkaian perlombaan.

Lomba wawancara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Acara perlombaan juga dihadiri lebih dari 70 dewan juri Vote Lock yang berperan untuk menilai jawaban para peserta atas pertanyaan yang diberikan oleh moderator.

Seperti hari pelaksanaan sebelumnya, panitia lomba menyiapkan tiga ruang Zoom dimana masing-masing diperuntukkan khusus bagi peserta dengan sub kategori tertentu. Ruang 1 berisi 12 peserta sub-kategori Agent Inbound Small. Pada ruang 2 terdapat 11 peserta dengan sub kategori Agent Inbound Large. Ruang 3 berisi 15 peserta, yakni 9 peserta sub-kategori Agent Premium dan 6 peserta sub-kategori Agent Premium Publik.

Untuk mengetahui motivasi dan kesan para peserta dalam mengikuti ajang perlombaan ini, ICCA telah melakukan wawancara kepada beberapa peserta Individual yang telah menjalani sesi wawancara di hari keenam.

Nyimas Silvia Filiandita dari PT Jaring Synergi Mandiri, Agent Inbound Small

Nyimas Silvia Filiandita memiliki mimpi untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional sejak dirinya mulai terjun di dunia contact center, salah satunya ajang The Best Contact Center Indonesia 2021.

“Saya akan memberikan yang terbaik untuk membuktikan bahwa “the power of dream” adalah kalimat yang nyata” ungkap Nyimas Silvia Filiandita.

Manfaat yang dirasakan Nyimas Silvia Filiandita dari keikutsertaannya dalam ajang TBCCI 2021 adalah ia jadi menumbuhkan jiwa kompetitif dan melatih kemampuannya dalam manajemen waktu antara persiapan TBCCI 2021 dan pekerjaan. Keduanya harus tetap dijalankan dengan maksimal.

Nyimas mengatakan semua tahap lomba ada tantangannya. Namun yang paling menantang adalah saat sesi wawancara yang berhadapan langsung dengan juri Vote Lock yang sangat luar biasa.

Satrio Pamungkas dari PT Global Digital Niaga (BLIBLICOM), Agent Inbound Small

Hal yang memotivasi Satrio untuk mengikut ajang TBCCI tahun ini adalah agar ia bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, belajar lebih banyak tentang public speaking, dan tentunya bisa memenangkan medali Platinum untuk Blibli.com.

Banyak hal positif yang Satrio rasakan selama mengikuti ajang TBCCI 2021. Ia dapat meningkatkan rasa percaya diri, mendapatkan pengalaman baru karena ini adalah kali pertamanya mengikuti kompetisi TBCCI. Selain itu, ajang ini juga melatih konsentrasi dan mengukur kemampuan diri agar ia tahu dimana letak kekurangannya dan evaluasi yang diperlukan.

Menurut Satrio, selama ia mengikuti ajang TBCCI 2021, semua tahapan lomba sangat menantang dikarenakan ini pengalaman pertama bagi dirinya. Namun jika memilih perlombaan mana yang paling menantang, ia menjawab sesi wawancara karena mental pada saat menjawab seluruh pertanyaan moderator harus dipersiapkan dengan kuat. Lalu, penguasaan materi presentasi pun sangat penting. Ia juga harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari moderator secara spontan, maka dari itu persiapan yang dimiliki harus matang.

“Sejauh ini menurut saya pelaksanaan TBCCI sudah sangat baik, saya sangat terbantu mulai dari pembekalan, tryout, sampai terakhir sesi wawancara pun berjalan dengan baik.” ujar Satrio Pamungkas.

Willy Raysid dari PT Bank CIMB Niaga Tbk, Agent Inbound Large

Motivasi Willy mengikuti ajang TBCCI 2021, tentunya untuk meningkatkan pengetahuan contact center yang lebih luas. Selain itu, ajang ini juga sekaligus untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan contact center dan juga melatih skill public speaking.

Banyak sekali hal positif yang ia dapatkan dari ajang TBCCI 2021, baik dalam proses ketika perlombaan ataupun proses dalam bagian lombanya. Willy mendapatkan ilmu-ilmu baru yang sebelumnya memang belum ia ketahui dan juga mendapatkan pengalaman baru yang sangat luar biasa agar ia bisa membagikan pengalamannya dalam memberikan sebuah pelayanan.

Hal yang paling menantang yang pertama adalah membuat ide presentasi dan script. Selain menantang, bagian ini juga seru karena Willy dapat menggali ide-ide yang out of the box. Kemudian yang kedua adalah sesi tanya jawab, tentunya sesi yang sangat menegangkan menurut Willy karena pertanyaan yang disampaikan oleh moderator sangat spontan dan ia harus siap memberikan jawaban terbaik kita dalam waktu maksimal 15 menit. Sangat menantang.

Sejauh ini mekanisme dan proses perlombana sudah sangat baik menurut saya, saya hanya berharap ajang TBCCI ini bisa diadakan offline kembali agar suasana kompetisinya lebih terasa dan menantang. Semoga lekas membaik Indonesia. Salam sehat semua.

Hanathaza Catrien dari DHL Express, Agent Premium

Keikutsertaan Hanathaza Catrien dalam ajang TBCCI 2021 adalah untuk meningkatkan kompetensi diri. Menurutnya, dipercaya oleh perusahaan untuk menjadi salah satu perwakilan merupakan sebuah kesempatan berharga. Tentunya ia harus menggunakan kesempatan yang baik ini semaksimal mungkin untuk meningkatkan kompetensi dirinya. Ilmu baru dan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi diri adalah hal positif yang dirasakan oleh dirinya.

Sedangkan hal yang paling menantang adalah proses persiapan yang dilakukan dari rumah, karena masih berada dalam kondisi kerja full work from home, sehingga terdapat beberapa keterbatasan. Ditambah lagi jadwal pelaksanaan sesi wawancara yang ia lakukan merupakan satu hari setelah ia menjalani vaksin tahap 2 dimana ia masih mengalami efek post-vaccine. Namun kondisi ini tidak mengurangi semangat dan usahanya untuk menjalani tahapan akhir sesi wawancara.

Hadi Sucipto Kusuma dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Agent Premium Publik

Motivasi Hadi mengikuti ajang TBCCI 2021 adalah karena ia ingin memberikan kontribusi lebih dalam dunia front liner, acara ini juga sebagai wadah benchmarking dengan perusahaan lain. Dengan ikut serta ajang TBCCI ini, ia dapat memperkenalkan perusahaan tempat ia bekerja ke ranah yang lebih luas.

Halo positif utama yang diperloeh Hadi dari ajang ini adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Kompetisi TBCCI 2021 ini pun memberikan tantangan bagi Hadi untuk dapat memaparkan ide dan gagasan secara terstruktur dan efektif. Melakukan persiapan matang ditengah tanggung jawab pekerjaan sehari-hari yang padat memberikan tantangan tersendiri bagi Hadi. (MAF)