Kategori Korporat “The Best Operations”

Selain menjadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu bagi seluruh praktisi contact center di Indonesia. The Best Contact Center Indonesia merupakan ajang pengembangan diri maupun perusahaan yang dapat dijadikan tolak ukur prestasi bagi praktisi contact center. Ada beberapa kategori perlombaan yang diselenggarakan di ajang ini, yaitu kategori Individual, kategori Teamwork juga Korporat.

Perlombaan sesi tanya jawab kategori Korporat yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 sampai 13 November 2020 ini dinilai langsung oleh juri Independen dari praktisi contact center luar negeri. Dalam setiap kategori Korporat perusahaan harus mengikutsertakan timnya yang terdiri oleh minimum 5 peserta.

Pada kategori Korporat, perlombaan dibagi kembali ke dalam 7 (tujuh) sub kategori, yakni kategori The Best Operations, The Best Business Contribution, The Best Technology Innovation, The Best Digital Media, The Best Employee Engagement, The Best People Development dan kategori The Best Customer Experience.

Kategori Korporat ini wajib diikuti oleh perusahaan yang mengikuti perlombaan di ajang The Best Contact Center Indonesia. Perusahaan atau peserta tersebut diwajibkan menyusun video yang berisi penjelasan materi presentasi sesuai dengan kategori program yang diikuti. Seperti salah satu sub kategori perlombaan yang akan menjadi pembahasan kali ini yaitu sub kategori The Best Operations.

Sub kategori The Best Operations sendiri adalah lomba kemampuan contact center untuk menunjukkan program kerja dalam meningkatkan kinerja pelayanan dan operasional terbaik pada kurun waktu yang dilombakan. Pada sub kategori ini, penilaiannya akan memperhatikan program pengembangan pelayanan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan beserta aspek-aspek yang mendukung dalam menjalankan operasional contact center.

Dalam sub kategori The Best Operations ada 10 parameter yang harus diikuti oleh peserta dan perusahaan. 10 parameter tersebut adalah Background, Data Analysist, Objective, Creativities, Key Activities, Key Responsibilities, Key Resources, Key Performance Indicators, Result/Achievement dan Additional Information. Peserta dan perusahaan tidak diperbolehkan merubah urutan konten atau parameter tersebut agar menghindari kesalahpahaman para penilai. Untuk penjelasan parameter yang lebih detail lagi peserta bisa mendapatkannya di link Template 2020 Corporate Contact Center Operations.

Ketentuan lainnya adalah pada konten atau parameter Background, peserta wajib menginformasikan visi dan misi perusahaan yang selaras dengan tujuan contact center juga menjelaskan mengenai latar belakang dan analisis program yang dijalani. Semua informasi dan data yang disajikan harus berupa data satu tahun dalam periode Januari 2019 hingga Agustus 2020.

Peserta dan perusahaan juga diwajibkan untuk memaparkan tujuan dan indikator utama dalam mengukur keberhasilan contact centernya. Bagaimana target dan indikator objektif yang diterapkan, juga konsep detail dari program dalam inovasi peningkatan kualitas layanan yang bermanfaat bagi pelanggan. Peserta dan perusahaan juga wajib menjelaskan inisiatif utamanya untuk mengkomunikasikan layanan contact center baik internal maupun eksternal.

Hal-hal yang perlu dipaparkan tersebut dapat dilihat kembali ke halaman Template 2020 Corporate Contact Center Operations. Materi tersebut dibuatkan ke dalam sebuah video presentasi yang berdurasi 30 menit per kategori. Perusahaan juga diwajibkan untuk mempersiapkan timnya dalam sesi tanya jawab yang akan diadakan secara live dengan maksimal waktu 45 menit perkategori.

Dalam lomba ini, peserta dan perusahaan mempresentasikan program unggulan yang sudah dijalankan dalam periode waktu yang ditetapkan. Dengan menyajikan data-data yang akurat dan proses pencapaian dari program kerja yang diterapkan. Score penilaian dari setiap parameter yang diberikan oleh dewan juri internasional dapat dijadikan indikator bagi tingkat keberhasilan program yang telah dijalankan. #GoForPlatinum (WH)