Alyah Amalia
Setiap perusahaan tentu melakukan segala upaya untuk memiliki program retensi yang mampu meningkatkan loyalitas karyawan. Program retensi ini masuk dalam salah satu kategori korporat yang dilombakan dalam The Best Contact Center Indonesia, yaitu The Best Employee Engagement.
Kategori The Best Employee Engagement adalah lomba kemampuan contact center untuk menunjukkan program kerja dalam memberikan program retensi tenaga kerja contact center di perusahaannya dan memberikan dampak bagi retensi karyawan contact center.
Dewan juri Internasional akan memberikan penilaian dengan memperhatikan pada program kerja yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan retensi tenaga kerja yang berdampak terhadap kinerja operasional contact center. Bagi peserta atau perusahaan yang mengikuti sub kategori ini menyampaikan materinya dalam bentuk video presentasi yang berdurasi 30 menit dengan mengikuti urutan materi sesuai dengan Template The Best Employee Engagement yang disediakan.
Penilaian lomba korporat akan berlangsung dalam format tanya jawab yang akan dilaksanakan pada 2 sampai 13 November 2020. Setiap peserta akan mendapatkan jadwal penilaian dan tanya jawab sesuai yang ditetapkan panitia dengan durasi 45 menit setiap kategori.
Beberapa parameter yang dijelaskan antara lain latar belakang dan analisis program seperti peluang bisnis, strategi perusahaan, tuntutan karyawan dan feedback dari survei kepuasan karyawan, risiko yang mereka hadapi atau tantangannya. Peserta juga menjelaskan mengenai program penghargaan dan insetif serta keterlibatan perusahaan dalam parameter program.
Diharapkan peserta menyajikan data analisis terkait survei kepuasan karyawan termasuk dalam tabel atau grafik sebagai informasi pendukung. Program yang disajikan adalah program Employee Engagement yang sudah berjalan selama 1 tahun dalam periode Januari 2019 sampai Agustus 2020. Peserta juga membuat parameter objektif dengan menjelaskan tujuan dan target utama sebagai pencapaian keberhasilan pelaksanaan program Employee Engagement yang harus relevan dengan karyawan contact center serta pelanggan.
Menyertakan parameter kreativitas adalah hal yang paling penting, yakni dengan menjelaskan elemen pokok dalam membuat program yang sukses. Peserta diharapkan menyertakan indikator kinerja utama sebagai indikator untuk memantau kemajuan program yang dijalani seperti indikator tingkat retensi karyawan ataupun tingkat turnovernya. Sertakan pula hasil survei kepuasan karyawan atau perbandingan hasil Employee Engagement sebelum dan setelah pelaksanaan program yang dicanangkan. Serta menjelaskan manfaat yang diperoleh melalui program yang telah dilaksanakan tersebut bagi perusahaan atau organisasi. #GoForPlatinum (WH)
You must be logged in to post a comment.