Jadwal Kegiatan dan Pemenang

Dengan memperhatikan berbagai agenda nasional utamanya bulan puasa dan lebaran, maka pelaksanaan lomba The Best Contact Center Indonesia 2019 dimulai setelah bulan puasa. Namun batas akhir pendaftaran peserta individu, korporat dan teamwork adalah pada tanggal 31 Mei 2019. Pendaftaran peserta dimudahkan dengan menggunakan pendaftaran online di situs icca atau aplikasi mobile SI ICCA.

Selanjutnya peserta akan mengikuti sesi sosialisasi dan penjelasan teknis lomba secara berkala. Sosialisasi dilaksanakan panitia, baik disampaikan dalam acara seminar, atau disampaikan secara khusus ke perusahaan masing-masing anggota ICCA. Pengaturan jadwal lomba dan presentasi peserta akan dilaksanakan dalam rapat teknis dan pengundian yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2019.

Untuk memberikan bekal persiapan bagi peserta dalam berlomba, maka akan dilaksanakan pelatihan dan tryout bagi peserta ujian tertulis lomba individu. Rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 24-28 Juni 2019 dan 1-5 Juli 2019 sesuai dengan kategori lomba yang diikuti. Dalam kegiatan ini peserta akan mendapatkan pelatihan selama 2 hari yang terdiri dari latihan teori dan simulasi ujian.

Pelaksanaan ujian tertulis sebagai seleksi peserta untuk lomba individu akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2019. Peserta mempunyai nilai yang tinggi akan lolos ke tahap kedua akan diumumkan dihari yang sama. Bagi perusahaan yang mengikutkan peserta lebih dari kuota yaitu 3 peserta, maka dapat menetapkan peserta yang lolos tahap kedua. Perusahaan diberikan kesempatan selama 4 hari untuk menetapkan nama peserta atau maksimum sampai dengan tanggal 15 Juli 2019.

Selanjutnya peserta yang lolos ke tahap kedua akan diminta untuk menyiapkan materi presentasi. Peserta diharapkan mengirimkan materi presentasi dan diterima panitia pada 15 – 19 Juli 2019 di sekretariat panitia sesuai jadwal yang ditetapkan. Materi presentasi yang disampaikan memenuhi urutan materi presentasi sesuai template yang disediakan. Hal ini akan membantu dewan juri dalam menilai materi presentasi pada saat pelaksanaa sesi presentasi.

Jadwal presentasi Kategori Individual akan dilaksanakan pada tanggal 29 – 31 Juli 2019 dan 1 – 8 Agustus 2019. Khusus untuk kategori Manager, presentasi akan dilaksanakan pada 4 September 2019. Presentasi akan dilaksanakan dihadapan dewan juri votelock. Dewan juri pada penilaian kategori individual minimum terdiri dari 10 (sepuluh) juri vote-lock dan dipimpin oleh juri independen yang ditentukan oleh panitia lomba.

Setiap perusahaan anggota ICCA yang tidak berlomba dapat mengirimkan 1 (satu) orang menjadi anggota Dewan Juri Vote-Lock. Sedangkan setiap perusahaan yang ikut berlomba berhak untuk mengirimkan maksimal 5 (lima) orang wakilnya sebagai anggota Dewan Juri Vote-Lock. Persyaratan dewan juri vote-lock adalah dengan jabatan minimal setingkat dengan Supervisor dan telah bekerja di perusahaan tersebut selama lebih dari 1 (satu) tahun. Dewan juri tidak diperbolehkan mengikuti lomba The Best Contact Center Indonesia 2019 dalam kategori individual.

Bagi peserta teamwork juga akan mendapatkan pelatihan. Pelaksanaan pelatihan dan tryout bagi peserta lomba teamwork akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2019 sampai dengan 5 Juli 2019 sesuai dengan kategori lomba yang diikuti. Setiap kategori lomba akan mendapatkan penjelasan dan simulasi pelaksanaan lomba. Dengan demikian pada pelaksanaan lomba peserta mengetahui aturan-aturan yang harus diikuti.

Berbeda dengan lomba individu yang membutuhkan presentasi, kegiatan lomba teamwork tidak membutuhkan presentasi. Namun peserta harus mempersiapan diri dengan melakukan latihan dan simulasi. Jadwal kegiatan Lomba Teamwork rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Agustus 2019. Lokasi pelaksanaan lomba Teamwork akan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan memudahkan bagi peserta. Pada pelaksanaan lomba teamwork, panitia akan menyediakan perangkat yang dibutuhkan selama lomba.

Sehubungan dengan presentasi korporat akan dirangkaikan dengan jadwal pelaksanaan seminar nasional dan penyerahan penghargaan. Untuk itu jadwal presentasi Kategori Korporat akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 September 2019. Kegiatan ini akan dirangkaikan dengan kegiatan kebersamaan seperti site visit contact center, fun walk, seminar nasional dan malam penghargaan.

Atas prestasi yang dicapai oleh peserta, maka pada malam penghargaan (10 September 2019) akan diberikan penghargaan kepada pemenang yang mendapatkan Nilai tertinggi dari perhitungan semua Dewan Juri. Pemenang untuk masing-masing kategori akan mendapatkan piagam penghargaan yang terdiri dari Pemenang pertama (Platinum), Pemenang kedua (Gold), Pemenang ketiga (Silver) dan Pemenang keempat (Bronze).

Pemenang Platinum, Gold, Silver dan Bronze untuk kategori Individual akan mendapatkan hadiah berupa Benchmarking atau Site Visit. Begitu juga pemenang Platinum, Gold, Silver dan Bronze untuk ketegori Individual The Best of The Best dan Teamwork akan mendapatkan hadiah berupa Benchmarking. Jadwal pelaksanaan benchamrking dna negara tujuan atau lokasi site visit contact center akan ditentukan oleh panitia. Diperkirakan jadwal pelaksanaan benchmarking adalah bulan September-November 2019.

Perusahaan dengan jumlah pemenang yang mendapatkan medali atau piala Platinum terbanyak akan mendapatkan penghargaan sebagai Top 10 dan Grand Champion. Dalam menentukan Grand Champion, jika perolehan jumlah medali/piala Platinum sama, maka akan ditentukan dengan jumlah perolehan medali/piala Gold yang terbanyak. Jika tetap sama, maka selanjutnya ditentukan dengan medali/piala Silver dan seterusnya dengan medali/piala Bronze.

Perusahaan Pemenang Grand Champion dan 9 (sembilan) Pemenang Runner-Up akan mendapatkan penghargaan pada ajang Contact Center Association of Asia Pacific (CC-APAC) Conference 2019 di Jakarta. Menurut panitia pelaksana, Seminar Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 September 2019, yang dirangkaikan dengan Malam Penghargaan Kategori Individu, Kategori Korporat Program, Teamwork dan Top 10 akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2019. Kegiatan ini akan dirangkaikan dengan kegiatan Contact Center Associations Asia Pacific (CC-APAC) Conference 2019 akan dilaksanakan pada 9 – 10 September 2019 di Jakarta. (AA)

Artikel “Jadwal Kegiatan dan Pemenang” merupakan liputan utama iCallCenter Edisi 01/2019.