Ini Dia Kata Peserta di Hari Ketiga Sesi Wawancara Kategori Individual TBCCI 2021

Rabu, 8 September 2021. Hari ketiga pelaksanaan sesi wawancara Individual The Best Contact Center Indonesia 2021 diikuti oleh 39 peserta Individual. Lomba wawancara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Seperti hari pelaksanaan sebelumnya, panitia lomba menyiapkan tiga ruang Zoom dimana masing-masing diperuntukkan khusus bagi peserta kategori tertentu. Ruang 1 berisi 15 peserta yang terdiri dari 6 peserta sub-kategori Best of Best Quality Assurance dan 9 peserta sub-kategori Quality Assurance – Below 500. Ruang 2 berisi 16 peserta yang terdiri dari 7 peserta sub-kategori IT Support dan 9 peserta sub-kategori Quality Assurance – Above 500. Pada ruang 3 terdapat 16 peserta yang terdiri dari 7 peserta sub-kategori TL Inbound – Above 500 dan 9 peserta sub-kategori TL Inbound – Below 500.

Setiap peserta melakukan tanya jawab dengan moderator. Panitia lomba telah mempersiapkan empat pertanyaan untuk setiap peserta yang berkaitan dengan materi presentasi yang telah dibuat sebelumnya. Sesi wawancara berjalan selama maksimal 15 menit per peserta.

Seluruh rangkaian lomba kali ini telah terlaksana dengan sukses. Semua peserta sudah menjalankan proses wawancara dengan baik, penuh semangat, dan persiapan yang matang. Ini adalah pendapat dan kesan beberapa peserta kategori Individual terkait keikutsertaannya dalam mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia 2021.

Ardan Ramanda, PT Adi Sarana Armada (ASSA Rent), BTB Quality Assurance

Ardan Ramanda, peserta BTB Quality Assurance

“Motivasi saya mengikuti acara TBCCI 2021 agar semua orang tahu bahwa perusahaan layanan transportasi jasa penyewaan kendaraan juga memiliki contact center yang baik dan terus berkembang.” ujar Ardan Ramanda. Bukan hanya ingin menunjukkan kompoetensi perusahaannya, namun ia juga ingin terus mengembangkan kemampuan diri di ajang penghargaan bergengsi ini.

Hal positif yang diperoleh Ardan Ramanda dari keikutsertaannya di ajang TBCCI 2021 adalah time management. Ia menjadi banyak belajar dalam mengatur waktu antara pekerjaannya dan latihan untuk TBCCI 2021. Selain itu, ia juga dapat bertemu dengan rekan-rekan dari perusahaan lain yang juga berpartisipasi dalam perlombaa ini.

Menurutnya, hal yang paling menantang adalah tahap lomba sesi wawancara. Walaupun sesi wawancara dilakukan secara online, bagi Ardan Ramanda itu adalah tantangan tersendiri karena pada sesi wawancara terdapat dewan juri yang lebih banyak jumlahnya, yaitu 24 hingga 25 dewan juri. Selain itu, pada sesi wawancara peserta diajukan empat pertanyaan dalam waktu 15 menit yang mana peserta tidak mengetahui pertanyaan apa yang akan disampaikan.

Heru Widi Susanto, PT Bank Negara Indonesia (Persero), TL Inbound – Above 500

Heru Widi Susanto, peserta Team Leader Inbound – Above 500

Heru Widi Susanto mengatakan hal yang memotivasi dirinya dalam mengikuti ajang TBCCI 2021 adalah dengan berkompetisi, ia dapat meningkatkan kompetensinya. “Saya sangat bersemangat sekali mengikuti ajang TBCCI 2021 karena bisa menambah wawasan dan pengalaman sebagai seorang leader” Ujar Heru Widi Susanto.

Hal positif yang ia dapatkan selama mengikuti ajang TBCCI 2021 adalah dapat melatih mental diri, kemampuan berkomunikasi semakin terasah, dan meningkatkan keterampilan membuat sajian presentasi power point yang menarik.

Bagi Heru hal yang paling menantang selama mengikuti kompetisi TBCCI 2021 adalah tahap sesi wawancara dimana ia harus menghadapi para dewan juri yang merupakan pimpinan contact cente perusahaan terbaik di Indonesia. Tidak mudah untuk tampil tenang dihadapan dewan juri, terlebih ini adalah pengalaman Heru yang pertama mengikuti ajang TBCCI 2021 ini.

Muhamad Agung Setiabudi, PT Visionet Internasional (OVO), Quality Assurance – Above 500

Muhamad Agung Setiabudi, peserta Quality Assurance – Above 500

Agung mengatakan “Saya bisa bersaing dengan orang-orang terbaik pilihan perusahaannya dan melalui TBCCI 2021 ini saya termotivasi, saya yakin semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan platinum, tinggal bagaimana usaha dan kerja keras kita saja untuk mendapatkan platinum tersebut”

Hal positif atau manfaat yang diperolehnya antara lain mendapatkan banyak sekali ilmu melalui acara Winner Sharing serta dapat bersaing dengan peserta-peserta hebat lainnya.

Seperti peserta lainnya, Agung juga merasa bahwa sesi wawancara adalah rangkaian lomba yang paling menantang. Saat Agung menunggu di waiting room Zoom, overthinking bermunculan, dan itu membuatnya tidak tenang. Agung sangat bersyukur sebelum wawancara dimulai, moderator menenangkan Agung agar tetap relaks dan jangan terlalu tegang.

Abdillah Kautzar Sinaryudho, PT Angkasa Pura I (Persero), Quality Assurance – Below 500

Abdillah Kautzar Sinaryudho, peserta Quality Assurance – Below 500

Abdillah Kautzar Sinaryudho mengungkapkan dengan mengikuti ajang ini, ia dapat menjadi bagian dari keluarga besar contact center se-Indnesia. Ia juga mendapatkan banyak hal positif seperti ilmu yang terkait dengan contact center dan juga mendapatkan teman baru dari contact center lainnya.

Menurutnya, hal yang paling menantang adalah tahap lomba video presentasi presentasi dimana ia harus membuat presentasi itu terlihat bagus dan rapi sehingga apa yang ia sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh dewan juri.

Laras Nourma Gupita, Bank OCBC NISP, TL Inbound – Below 500

Laras Nourma Gupita, peserta Team Leader Inbound – Below 500

Laras Nourma Gupita juga merasakan hal yang sama seperti peserta lainnya dimana melalui ajang ini, ia dapat menambah pengetahuan mengenai dunia contact center. Adapun hal positif yang saya dapatkan selama mengikuti ajang TBCCI 2021, saya mendapatkan ilmu tentang Contact Center dan juga teman baru. Hal yang paling menantang bagi saya adalah ketika sesi wawancara.

Tahap II sesi wawancara Individual masih akan berlanjut pada esok hari, Kamis, 9 September 2021. Sub-kategori yang akan berlomba adalah Manager-Above 500, Manager-Below 500, Trainer-Above 500, Trainer-Below 500, Supervisor-Above 500, Supervisor-Below 500. If Gold is not enough, #GoForPlatinum ! (MAF)