Ikuti Pembekalan Teamwork, Siap Hadapi Perlombaan

Pendaftaran untuk ajang The Best Contact Center 2021 sudah resmi ditutup. Para perusahaan telah mengirimkan tim dan peserta terbaiknya sesuai dengan kategori yang diperlombakan. Terutama pada kategori Teamwork, terdapat 22 perusahaan dengan total peserta 46 tim yang mengikuti kategori tersebut.

Kategori Teamwork merupakan pembagian jenis lomba berdasarkan fungsi unit kerja pada operasional contact center. Dari 46 jumlah tim yang terdaftar pada kategori ini, terdapat lima sub-kategori lagi yang terdiri dari, 13 tim untuk kategori The Best Quality Team, 7 tim Kategori The Best Reporting Team, 6 tim Kategori The Best Scheduling Team, 12 tim pada kategori The Best Smart Team, dan 8 tim The Best Telesales Team.

Perlombaan kategori Teamwork akan diselenggarakan pada 27-29 September 2021. Maka dari itu, sebelum perlombaan dimulai diharapkan para peserta bisa mengikuti kegiatan Pembekalan dan Tryout Teamwork yang akan diadakan pada 4-6 Agustus 2021.

Pembekalan ini penting untuk diikuti oleh setiap peserta karena akan dijelaskan secara detail terkait mekanisme perlombaan. Selain itu, pada pembekalan ini peserta juga akan melihat demo aplikasi yang akan digunakan pada setiap sub-kategori perlombaaan Teamwork TBCCI 2021.

Kategori pertama adalah The Best Smart Team. Kategori ini akan mengukur kecepatan dan ketepatan jawaban dari peserta dalam menyelesaikan soal-soal terkait dunia pelayanan contact center. Semakin cepat menjawabnya, maka semakin tinggi skornya.

Peserta akan menjawab 120 soal yang di mana satu soal tersebut akan diberi waktu 1 menit. Tidak perlu cemas, pada setiap soal akan diberikan clue berupa satu huruf dari jawaban soal tersebut. Clue tersebut bisa saja berada di tengah atau pun di akhir kata.

Kategori selanjutnya adalah The Best Quality Team merupakan lomba penilaian Quality Assurance dengan mendengarkan sebanyak 5 rekaman dalam waktu satu jam, lalu melakukan scoring atau penilaian terhadap rekaman tersebut melalui aplikasi yang sudah tersedia. Setelah itu, peserta akan mengerjakan kuis yang terdiri dari 50 soal selama satu jam terkait dengan rekaman yang sudah didengar.

Selanjutnya kategori The Best Reporting Team. Dalam kategori ini, peserta akan diberikan data dalam bentuk Excel untuk diolah menjadi dua laporan bulanan, yakni laporan agent terbaik dan laporan operasional contact center. Hasil perhitungannya akan dimasukkan ke dalam sistem atau aplikasi lomba. Peserta akan menganalisis dan menetapkan Top 10 Agent, lalu di-input mulai dari nama, berapa skornya, hingga peringkat yang didapat. Selain itu, peserta juga melakukan perhitungan KPI Agent berdasarkan parameter yang diberikan.

Kategori yang keempat, yaitu kategori The Best Scheduling Team. Para peserta dalam kategori ini akan diberikan tugas membuat jadwal agent. Sudah disediakan kasusmya, data dalam bentuk Excel, dan juga formnya. Di dalam Excel tersebut juga terdapat parameter atau ketentuan-ketentuan perhitungan jadwal tersebut. Jika jadwal agent sudah dibuat, maka hasilnya akan di-input ke aplikasi lalu dinilai.

Terakhir, kategori The Best Telesales Team. Pada kategori ini, peserta dipersilahkan untuk memilih produk jualannya sendiri. Lomba ini dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan final. Peserta akan mulai berjualan dengan menghubungi nomor atau prospek yang sudah disediakan oleh panitia. Masing – masing prospek telah diberikan Q-Card, yaitu anggaran yang diberikan untuk membeli produk tesebut. Prospek hanya boleh menyepakati atau membeli produk peserta sesuai dengan anggaran dalam Q-Card tersebut.

Pada perlombaan The Best Contact Center Indonesia 2021, para peserta kategori Teamwork akan diberikan akses untuk masuk ke aplikasi yang telah dibuat oleh tim ICCA. Selain itu, perlombaan ini juga akan diawasi melalui zoom oleh panitia. Setiap tim akan diberikan breakout room di dalam aplikasi Zoom agar lebih mudah melakukan koordinasi dan interaksi sesama teman satu timnya.

Ikuti kegiatan Pembekalan dan Tryout Teamwork TBCCI 2021 guna mempersiapkan diri secara maksimal dan mendapatkan gambaran terkait proses lomba yang akan diikuti. Jadwal pelaksanaan pembekalan per sub-kategori akan diumumkan melalui media sosial ICCA. (ANF)