Ikutan ngeramein TBCCI 2015?… #GueMahGituOrangnya

Mau ikutan lomba individual (presentasi test)? Lewatin dulu Screening Testnya

Momen tersebut pun tiba, yap perlombaan the best contact center indonesia 2015 akhirnya dibuka hari ini senin 27 april 2015 walaupun tidak diadakan ceremonial secara khusus, namun kegiatan lomba hari ini yang dibuka dengan screening test seluruh kategori dan klasifikasi sudah menunjukan antusiasme yang tinggi dari peserta yang mengikuti TBCCI 2015 yang tahun ini masih bertempat di Balai Kartini Jakarta Selatan, terlihat berbagai perwakilan dari setiap perusahaan sudah hadir bahkan sudah datang sejak subuh untuk mempersiapkan screening test.

Berbeda dengan tahun lalu, tahap screening test ini menjadi tahap awal dan penentu untuk peserta tampil dalam perlombaan individu yang akan diadakan pada 5, 6 dan 7 mei 2015. Mengapa dikatakan langkah penentu, karena tahun ini panitia membuat konsep yang berbeda dibandingkan tahun tahun sebelumnya dimana event TBCCI 2015 ini, screening test dijadikan acuan untuk peserta lolos ke babak selanjutnya dan nilai screening test pun nanti nya akan dijadikan nilai tambahan untuk melengkapi penilaian presentasi individu.

Berdasarkan informasi intelijen yang kami terima, dan sedikit analisa ngawur dari kami tim peliput kenapa TBCCI 2015 tahun ini mempunyai konsep yang berbeda, dikarenakan panitia berharap hal ini dapat meningkatkan kualitas seluruh  peserta perwakilan dan meningkatkan persaingan serta gengsi antara individu peserta dan perusahaan.

Test tertulis untuk peserta kategori individu terbagi dalam 4 sesi. Sesi pertama dimulai dari jam 07.30 s/d 09.30 untuk peserta dengan kategori Team Leader Inbound (TL), Supervisor (SPV) dan Manager Inbound berada di ruang Mawar dan untuk peserta kategori Work Force Management (WFM), Desk Control, Trainer dan IT support di ruang Cempaka. Kemudian sesi kedua di mulai dari jam 10.00 s/d 12.00 wib untuk kategori Agent Inbound, Agent Premium, dan Team Leader (TL) Inbound di ruang Mawar, sedangkan di ruang cempaka berlangsung untuk kategori Quality Accurancy (QA). Pada sesi ketiga berlangsung untuk kategori Telesales, Tele Marketing, Team Leader Outbound dan Agent English yang berlangsung pada jam 13.00 s/d 15.00 wib. Dan sesi yang terakhir berlangsung pada jam 15.00 s/d 17.00 wib untuk kategori Customer Service (CS), Team Leader Customer Service, Manager Customer Service dan Agent Sosial Media.

Kami para pemburu berita menembus kemacetan lalu lintas kota Jakarta untuk sampai ke Gedung Balai Kartini untuk meliput lomba tes tertulis TBCCI 2015. Kami di sambut oleh para panitia acara dengan suguhan batik khas Indonesia berwarna biru dan senyum ramah yang menambah semangat kami tim peliput. Tak lama kemudian, waktu menunjukan pukul 09.30 wib terlihat kerumunan peserta tes tertulis keluar dari salah satu ruangan dengan berbagai macam tingkah ekspresi, ada yang diam, lesuh layaknya pemain bola yang gagal mencetak goal pada pertandingan penting, kemudian ada juga yang terseyum, tertawa, bergurau dengan rekannya bahkan ada peserta yang terlihat sangat percaya diri setelah mengikuti tes tertulis ini. Wow kami sangat mengapresiasi bagi peserta yang keluar ruangan masih dengan suasana yang bahagia serta ceria.

Adapun untuk hasil test nya sendiri berdasarkan informasi dari yang disampaikan panitia akan di informasikan pada sore hari dan akan dipasang pengumumannya pada mading sekitar gelaran lomba test tertulis ini. Bisa bayangin donk pastinya mading yang dijadikan tempat pengumuman penilaian akan menjadi tempat yang most wanted atau bisa juga disebut trending places atau pusat keramaian sementara, halahh.

Kembali lagi pada moment “after ujian nasional” maksudnya test tertulis. Ada satu titik yang membuat kami terkagum adalah tempat dimana banner TBBCI 2015 di tempatkan, baik peserta ataupun suporter rela antri untuk berfoto dengan background banner TBCCI 2015 tersebut. Hal ini menandakan bahwa betapa antusiasnya para peserta dan suporter dalam mengikuti tahap seleksi awal perlombaan TBCCI 2015 ini. “yaaa, tentunya kami datang untuk menemani dan mendukung teman-teman kami yang mengikuti tes tertulis ini”, tutur salah satu suporter dari Bank Mandiri.

“Sesuatu sekali” jika foto ber-background TBCCI 2015..

Ngobrol yuuukk ahh…

Yang namanya pemburu berita, pasti isi kandungan berita lebih berbobot jika ada beberapa peserta yang dijadikan nara sumber untuk memperkuat isi berita, sebut saja namanya Endar (ini serius lho dan yang bersangkutan cowok tulen, jadi jangan tertipu dari nama yah) perwakilan dari Bea Cukai kategori Agent Inbound, informasi dari yang bersangkutan bahwa soal yang dikerjakan sebanyak 50 soal dengan model tes multiple choice atau bahasa kitanya adalah pilihan ganda, isi soalnya ada tentang sebab akibat dsb. Endar informasikan bahwa test yang diikuti dapat dengan mudah diikuti dan optimis mendapatkan nilai bagus apalagi ditambah quote setelah interview “saya mah orangnya nothing to loose”, tutur Endar. Kemudian ada juga peserta perwakilan dari BNI Life kategori Inbound mengatakan, “kesan setelah mengikuti test tertulis ini adalah soalnya ternyata diluar perkiraan, berbeda dengan yang sudah aku pelajari sebelumnya bahkan berbeda dengan pada saat try out yang aku lakukan sebelumnya, karena soal yang tadi dikerjakan membutuhkan effort yang luar biasa, harus membaca soalnya lebih dari sekali agar bisa memberikan jawaban yang kira kira paling benar”, tutur Azma dengan wajah sumringah. Hhhmmmm tim peliput justru bertanya-tanya kembali apakah soal test tertulis kali ini model nya seperti PPKN atau UMPTN yahh!!! Sayang nya penulis tidak diizinkan melihat jalannya test tertulis berlangsung.

Informasi berbeda seperti yang dialami Rosnila atau lebih akrab di sapa dengan nama Syifa perwakilan dari Bank Mandiri untuk kategori agent premium english, “test kali ini lebih yakin dan optimis karena sebelumnya sudah mendalami materi secara matang dengan cara belajar belajar dan belajar ditambah lagi tahun ini adalah partisipasi yang ke dua kali nya sehingga lebih yakin dan percaya diri”, tutur Syifa dengan senyum manisnya.

Kemudian kami juga melakukan sesi wawancara dengan salah satu peserta perwakilan dari Bank DKI untuk kategori Supervisor yaitu Muhammad Andrian Arifin, “ajang TBCCI ini adalah pengalaman kedua saya, hari ini luar biasa sulitnya, njlimet, abstract dan wah susahnya, tapi tidak menutup kepercayaan diri bahwa test tertulis yang diikuti mendapatkan nilai yang baik, karena dari hasil try out sebelumnya saya cukup mendapatkan nilai yang sangat baik”. Wow kami pun semakin bertanya tentang keseruan yang terdapat di dalam tes tertulis ini. “Saya dan peserta lain pun merasa waktu Dua jam yang diberikan belum cukup untuk menjawab semua soal dan proses yang cukup menggangu adalah ketika peserta harus menitipkankan tasnya yang membuat antirian sangat panjang sehingga memakan waktu dan bisa merubah mood”, kata Andrian dengan mata yang menerawang.

Selanjutnya ditengah kesibukan panitia TBCCI 2015 kami meminta waktu perwakilan dari panitia yaitu mbak Yayu dan Mas Ilham untuk kami wawancarai terkait persiapan TBCCI 2015, “Dengan adanya tahap tes tertulis ini, kondisi peserta tahun ini lebih tertib, kondusif dan teratur dibandingkan tahun kemarin” kata Ilham sebagai salah satu panitia. Adapun mengenai persiapan TBCCI 2015 sama seperti ditahun 2014 lalu, “Hampir semua panitia menginap di Balai Kartini ini untuk mempersiapkan dekorasi dan lain-lain”, tutur Yayu sebagai panitia. Wah sungguh luar biasa nih untuk mempersiapkan acara yang lebih baik lagi sampai harus berkorban menginap di lokasi lomba, salut untuk rekan rekan panitia TBCCI 2015 semoga acara tahun ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pesan kami sebagai pemburu berita, SUKSES untuk semua peserta TBBCI 2015 ini dan jangan bosen yah kalo ketemu untuk di tanya-tanya lagi… heheheheh…

Best Regrad’s