Published on 16 October 2020

ICCA Technology Sharing : Accelerate Your Business with Verified WhatsApp

Words by:
avatar

Alyah Amalia

Kegiatan Technology Sharing session merupakan acara pertama yang diselenggarakan oleh ICCA setelah terselenggaranya ajang The Best Contact Center Indonesia 2020 kategori Individual pada Rabu, 14 Oktober lalu. Technology sharing session bertujuan untuk memberikan informasi seputar teknologi yang dirasa dapat meningkatkan kinerja penyelenggara contact center atau bahkan perusahaan lain yang memang membutuhkan informasi terkini seputar teknologi terbaru. Pada kegiatan kali ini, Indonesia Contact Center Association (ICCA) berkolaborasi dengan perusahaan penyedia teknologi CRM social yaitu Qontak.com.

Acara ini bertemakan, Technology Sharing: Accelerate Your Business with Verified WhatsApp. Dilaksanakan dengan format virtual sharing yang diselenggarakan pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 pukul 08.30 WIB. Tak hanya member dari ICCA yang dapat bergabung, seluruh lapisan masyarakat yang tertarik pun dapat bergabung pada kegiatan kali ini. Sebanyak 61 peserta dari berbagai instansi dan perusahaan seperti KEMENKEU, PLN, Infomedia Nusantara dan JAMSOSTEK juga turut meramaikan sharing session pada kesempatan ini.

Accelerate Your Business with Verified WhatsApp dipandu langsung oleh Bapak Andi Anugrah sebagai ketua ICCA dan dibawakan oleh Nishabella Mosisa sebagai Senior Consultant Qontak.com (Tier-1 Mitra Global WhatsApp). Nisha menjelasakan bahwa terdapat berbagai macam aplikasi WhatsApp (WA) antara lain adalah personal WA, WA business dan WA Application Programming Interface (API). Pada kesempatan kali ini, Nisha memaparkan perbedaan antara WA business yang sering digunakan oleh penggiat contact center dan WA API yang masih jarang digunakan.perbedaan tersebut diataranya sebegai berikut:

WA API dengan banyaknya fasilitas yang diberikan ternyata tidak dapat diajukan secara mudah atau secara pribadi oleh pembisnis. Para pembisnis diharuskan bekerja sama dengan perusahaan vendor yang sudah ditunjuk oleh pihak WhatApps untuk dapat menggunakan atau mengoperasikan WA API. Hal ini dikarenakan banyaknya persyaratan dan standar perusahaan yang kredibel untuk menjadi vendor dari WA API.

Pembahasan terkait WA API ini membuat rasa ingin tahu para peserta meningkat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang diajukan. Peserta dari Perusahaan Gas Negara (PGN) bernama Audita menanyakan seputar biaya jika ingin berlangganan WA API. Beruntungnya pada technology sharing ini, Qontak.com memberikan free trial WA API selama 6 (enam) bulan untuk 50 bisnis yang mendaftar melalui link yang dibagikan saat sesi sharing berlangsung.

Selain Audita, Ahmad Zainul dari Angkasa Pura II juga mengajukan pertanyaan seputar apakah nomor yang didaftarkan pada WA API bisa menggunakan hotline contact center perusahaan yang hanya memiliki 3 digit angka, jawaban dari Nisha ialah WA API dapat menggunakan hotline perusahaan dengan syarat perusahaan sudah memilik Facebook Business Manager. WA API juga dapat dioperasikan dengan 5 agent berbeda dan jumlah interaksi perbulannya tidak terbatas.

Technology sharing session ICCA bersama Qontak.com ditutup dengan demo aplikasi yang dilakukan langsung oleh Nisha. Tepat pada pukul 10.00 WIB acara sharing dengan Qontak.com selesai. Diharapkan dengan diadakannya technology sharing session seputar WhatsApp API ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi yang baru bagi penggiat bisnis dan contact center. (YD)