ICCA Site Visit to Halo BCA

Foto bersama peserta Site Visit Halo BCA

Berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association seperti ajang The Best Contact Center Indonesia, kegiatan Winner Sharing, Seminar/Conference dan kegiatan Site Visit to Contact Center. Di pertengahan bulan November 2019 ini tepatnya pada tanggal 19, ICCA menyelenggarakan kegitan Site Visit/Kunjungan ke Contact Center Halo BCA. Tahun ini adalah kali ke 13 Halo BCA memenangkan piala Grand Champion The Best Contact Center Indonesia. Penyelenggaraan Site Visit ini bertempat di Wisma BCA BSD City dan diikuti oleh lebih dari 60 peserta yang merupakan member Platinum dan Gold ICCA.

Halo BCA 13 kali memenangkan Grand Champion The Best Contact Center Indonesia
(Penyerahan Plakat oleh Andi Anugrah kepada Wani Sabu)

Tema kunjungan yang di angkat oleh tim Halo BCA kali ini adalah “Fabolous Land of Halo BCA” Pukul 08:30 WIB Saat pertama mengunjungi Contact Center Halo BCA, peserta disambut dengan dua Maskot ternama milik Halo BCA yang dirilis pada 2017 lalu, yaitu “Actopus” si boneka Gurita berwarna ungu dan “Pako” si boneka Elang Jawa yang bersedia dan siap untuk melayani para nasabah Halo BCA. Sebelum dan setelah melakukan registrasi peserta berswafoto bersama dengan dua maskot milik Halo BCA tersebut.

Rendar Mahardhika Putra berswafoto bersama Actopus dan Pako, maskot dari Halo BCA

Acara dimulai pada 08:50 WIB dengan penampilan dari Voice of Halo BCA, seluruh peserta disambut dengan penampilan dari Voice of Halo BCA dan dilanjutkan dengan kegiatan sharing session bersama Wani Sabu, Leader Fabolous of Halo BCA. Dalam sharing session ini, Wani Sabu membawakan materi mengenai Rahasia Sukses Contact Center Halo BCA seperti pelayanan yang diberikan oleh Halo BCA kepada para nasabahnya dan perkembangan teknologi Go Digital yang diterapkan di Contact Center Halo BCA. Dalam penjelasannya, Wani Sabu menerangkan bahwa Contact Center harus menjadi Golden Goal suatu perusahaan, karena menentukan eksistensi perusahaan tersebut kedepannya. Sharing session ini berlangsung hingga pukul 11:30 WIB dilanjutkan dengan Corporate Winner Sharing oleh Aditya Cakrawidya, pemenang Technology Innovation dan Individual Winner Sharing oleh Bachtiar Dwi, pemenang Best Premium Agent serta penyerahan penghargaan oleh Andi Anugrah selaku ketua ICCA.

Setelah melalui kegiatan sharing session, peserta dipersilakan untuk menikmati makan siang bersama dan dilanjutkan kegiatan touring mengelilingi Contact Center Halo BCA. Peserta mengunjungi beberapa ruangan seperti ruang aplikasi yang kebetulan pada saat yang sama diisi dengan kegiatan pembelajaran dan pelatihan para Agent Junior. Mereka dikenalkan dengan aplikasi yang akan mereka sering gunakan kedepannya dalam proses pelayanan. Diikuti oleh kelas 17 perbankan yang terdiri dari 25 orang, mereka diberikan skill mengenai kartu kredit dan perbankan sesuai dengan yang mereka lalui ketika proses hire.

Kegiatan training di ruang aplikasi ini diikuti juga oleh beberapa Senior. Senior-senior yang tadinya Agent kartu kredit ini mengikuti training perbankan karena ingin menjadi Agent Senior dan Agent multi skill kelas akselerasi yang hanya berlangsung selama 10 hari.  

Peserta melakukan touring ke beberapa ruangan Contact Center Halo BCA

Selanjutnya peserta diajak untuk berkeliling mengunjungi ruang Quality Assurance dan Tim Trainer. Di ruang ini peserta diberikan penjelasan mengenai tugas para QA diantaranya mereka tidak hanya melakukan review inbound, tetapi mereka juga melakukan review untuk pelayanan outbound, social media dan semua laporan yang sudah masuk di Halo BCA serta laporan yang sudah diinput oleh para Agent.

Selanjutnya mengunjungi ruang DRO (Digital Relationship Officer). Di sini peserta diberikan penjelasan mengenai tugas para DRO yaitu melakukan konfirmasi, mengingatkan nasabah untuk melakukan setoran, dan me-remind nasabah untuk melakukan video call ulang. Peserta juga diberikan penjelasan mengenai tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh DRO hingga seluruh kegiatan yang ada di DRO.

Jam menunjukkan pukul 14:00 WIB, mengunjungi ruang DRO adalah tujuan terakhir pada kegiatan touring di Halo BCA 2019. Dalam kesempatan ini, banyak pelajaran dan masukan yang dapat diambil oleh para peserta dari Contact Center Halo BCA, terutama Rahasia Sukses yang diberikan oleh Wani Sabu beserta para pemenang lainnya yang ikut memberikan pengalamannya kepada peserta yang hadir. Semoga di tahun yang akan datang kegiatan Site Visit ini akan selalu diselenggarakan dan Halo BCA terus mempertahankan kualitasnya dalam dunia Contact Center. Salam Sukses! (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.