ICCA Online Sharing “Safe Travel Campaign”

Bapak Bayuh Iswantoro, VP of Corporate Safety Management PT Angkasa Pura II.

Indonesia Contact Center Association atau yang biasa disebut dengan ICCA secara rutin menyelenggarakan kegiatan Online Sharing setiap minggunya. Kali ini pada Jum’at 14 Agustus 2020, ICCA menghadirkan seorang pembicara yakni Bapak Bayuh Iswantoro selaku VP of Corporate Safety Management PT Angkasa Pura II.

Kegiatan Online Sharing yang dimulai pada pukul 09:30 WIB ini dibuka oleh Andi Anugrah selaku ketua ICCA juga dipandu oleh Anita Rizqiana yang merupakan salah satu pengurus ICCA. Diikuti oleh 37 peserta dari berbagai perusahaan baik member ataupun non member ICCA, Online Sharing kali ini mengangkat topik mengenai “Safe Travel Campaign”.

Dalam Sharing yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, Bapak Bayuh Iswantoro memaparkan bahwa saat ini Manajemen Angkasa Pura (AP) II menilai kepercayaan masyarakat terhadap moda angkutan udara mulai kembali. Kepercayaann yang mulai meningkat ini didukung dengan adanya Safe Travel Campaign di 19 Bandara yang dikelola oleh AP II.

“Safe Travel Campaign” ini merupakan komitmen untuk menjaga dipatuhinya protokol Kesehatan berstandar global yang sesuai World Travel and Tourism Counci (WTCC) dan juga merujuk ke Airport Council International (ACI). Diharapkan dengan adanya campaign ini dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat di tengah masa adaptasi baru ini untuk menggunakan angkutan udara. Sekaligus menjamin keselamatan, kesehatan kerja bagi bukan hanya karyawan PT Angkasa Pura II tapi juga mitra kerja, penumpang dan aspek lainnya termasuk juga para karyawan yang ada di formasi terdepan dalam pelayanan.

Bapak Bayuh juga menyampaikan, Safe Travel Campaign ini juga upaya untuk peningkatan pelayanan, karena seperti yang diketahui bahwa adanya pandemik meluluhlantahkan sendi-sendi kehidupan secara global. Kemudian jika difokuskan pada lingkup transportasi udara yang masuk ke dalam kebandarudaraan, maka peningkatan pelayanan itu sangat penting dan yang harus diselamatkan dari perspektif pelayanan. Salah satunya adalah mengenai protokol kesehatan.

Di dalam sesi sharing ini, Bapak Bayuh menginformasikan bahwa ada 3 fasilitas protokol kesehatan yang telah disediakan oleh PT Angkasa Pura II, antara lain Sign Physical Distancing, Teknologi Smart Helmet dan Body Scanner Inspection Machine. Untuk monitoring dan evaluasi, mereka juga telah menyediakan 5 evaluasi yang merupakan protokol kesehatan yang berlaku seperti Physical Distancing/ Health Screening, Touchless Processing, Facility Cleanliness & Sanitizing serta People Protection.

Bicara mengenai keselamatan tentunya berhubungan juga dengan masalah pelayanan dan kenyamanan. Jika digabungkan ke dalam perspektif keselamatan maka ada istilah 3S Safety, Security dan Service. Bagi penumpang yang dengan keadaan emergency harus melakukan penerbangan, mereka dapat menghubungi CC 138 sebagai contact center PT Angkasa Pura II.

Dalam hal pelayanan, PT Angkasa Pura II juga bekerjasama dengan Kimia Farma untuk menyediakan layanan rapid test di terminal 3 dan 2. Kini penumpang juga sudah tidak perlu merasakan cemas untuk melakukan penerbangan. Kini mereka sudah dapat menginstall aplikasi Travelation untuk akses informasi terkait kebutuhan registrasi serta tiket penerbangan. Penumpang juga nantinya mendapatkan hasil dari melakukan rapid test beserta surat keterangan sehat yang sudah diunggah secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Kegiatan Online Sharing ini sangat banyak memberikan informasi-informasi terbaru mengenai “Safe Travel Campaign”. Semoga dengan adanya kegiatan sharing mingguan yang diselenggaraakan oleh ICCA bermanfaat bagi para peserta baik yang telah menyimak melalui aplikasi Zoom Meeting maupun live Youtube secara langsung. (WH)