ICCA Online Sharing “Pemberdayaan Agent Contact Center Disabilitas”

ICCA kembali mengadakan kegiatan Online Sharing Mingguan pada Jum’at 17 Juli 2020. Pada kegiatan sharing kali ini ICCA menghadirkan Ibu Evi Riawati, seorang trainer BBRVP (Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas) di bawah Kementerian Sosial.  Ibu Evi Riawati ini juga aktif sebagai Bendahara ICCA dan juga banyak mendedikasikan waktu serta ilmunya untuk memberikan pelatihan, pembinaan dan penyaluran bagi anak didiknya yang menyandang disabilitas.

Dalam sharing yang diikuti oleh 35 peserta dan dipandu langsung oleh Andi Anugrah selaku ketua ICCA, Ibu Evi membahas mengenai kegiatan pelatihan dan pemberdayaan bagi para Agent Disabilitas. Pelatihan tersebut merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh BBRVP dan bekerjasama dengan ICCA. Sebagai salah satu trainer yang memberikan pelatihan, Evi juga membantu penyerapan tenaga Agent Disabilitas di beberapa contact center yang bersedia menerima alumni BBRVP.

Dengan adanya pelatihan contact center yang diadakan terhadap penyandang Disabilitas, dapat memberikan wadah bagi mereka untuk bersaing dalam dunia kerja sehingga memberikan kepercayaan diri bahwa mereka dapat berkontribusi sama seperti karyawan lainnya di dunia pekerjaan. Agent Disabilitas yang telah lulus dari pelatihan contact center tersebut mendapatkan sertifikat dari ICCA dan mendapatkan kesempatan bekerja di beberapa contact center. Diantaranya contact center Halo BCA, Astraworld, Bank Mandiri dan BFI Finance. Agent mendapatkan fasilitas kerja yang memadai dan mendukung aktivitas disabilitas secara penuh.

Dalam lingkungan kerja para Agent Disabilitas, mereka tidak mendapatkan diskriminasi melainkan mendapatkan perlakuan yang sama dan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di ajang The Best Contact Center Indonesia. Empat peserta dari Agent Disabilitas tersebut telah berhasil mendapatkan penghargaan dari ICCA. Dalam kesempatan sharing ini, Andi Anugrah sebagai pemandu acara juga memberikan kesempatan kepada beberapa perwakilan perusahaan untuk memberikan testimoninya dan dukungan yang mereka berikan bagi para Agent Difabel yang mereka rekrut. Mereka adalah Christina Dewiyanti dan Triantoro dari Astra World, Eny Amdarini dari Bank Mandiri dan Agoeng Nugroho yang mewakili BFI Finance.

Kegiatan Online Sharing ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar, yaitu Bapak Manggana Lubis. Ia menyampaikan pesan dan program dari BBRVP terkait komitmen dari lembaga bahwa pelatihan yang diberikan tidak hanya membekali keterampilan saja, tetapi juga pengembangan mental positif dan kemandirian Dengan demikian, pada saat ditempatkan di dunia kerja pelatihan dan bimbingan yang diterima oleh anak didik membekali mereka untuk dapat menyesuaikan lingkungan kerja dengan baik, serta memiliki kemandirian dengan kondisi mereka.

Dalam sharing yang dibawakan oleh Ibu Evi Riawati ini juga membagikan beberapa persiapan yang diperlukan bagi perusahaan yang akan merekrut Agent Disabilitas dan beberapa manfaat yang akan mereka dapatkan. Disamping itu, pelatihan ini mendapatkan Apresiasi besar dari Pemerintah yang juga menjadi motivasi tersendiri bagi para Agent Disabilitas bahwa mereka begitu berharga dan mampu bersaing dengan Agent lainnya. Pelatihan ini tidak hanya sebagai proram pelatihan saja, namun juga memberikan kesempatan dan pemberdayaan bagi para Difabel agar dapat diserap dalam dunia kerja khususnya contact center dengan baik. BBRVP membuka kesempatan untuk bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang berminat untuk merekrut alumni dari pelatihan tersebut. Sharing yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 jam yang dimulai pada pukul 09:30 dan berakhir pada 11:30 WIB ini mendapatkan antusiasme dari peserta. Terbukti dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pembicara, sehingga kegiatan ini memacu peserta untuk terus bersemangat dalam bekerja dan melakukan yang terbaik dalam segala hal. (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.