ICCA Online Sharing “How to Run a Successful Online Training”

Kegiatan Online Sharing mingguan yang selalu diselenggarakan oleh ICCA, Jum’at 10 Juli 2020 ini kembali dilaksanakan. Dengan menghadirkan Ibu Wardhani Soedjono yakni seorang Konsultan contact center senior yang Independen juga sebagai Public Speaker juga Coach yang banyak memberikan inspirasi bagi insan contact center di Indonesia. Online sharing ini diikuti oleh kurang lebih 48 orang peserta.

Kegiatan yang berjalan selama 2 jam dan dimulai pada pukul 09:30 ini dipandu langsung oleh Bapak Andi Anugrah selaku ketua ICCA. Dimulai dengan menyapa rekan-rekannya yang berada di contact center, Ibu Wardhani memulai sharing dengan mendiskusikan sebuah materi yang berjudul “How to Run a Successful Online Training”. Selama sharing berlangsung, sebagai pembicara Ibu Wardhani selalu memberikan kejutan-kejutan menarik kepada para peserta.

Salah satunya adalah pada saat beliau menghilang begitu saja dari layar sharing. Dengan memetik maksud yang disampaikan olehnya bahwa dalam melakukan sharing kita harus mempersiapkan kebutuhan selengkap mungkin agar saat ada kendala, kita dapat dengan cepat mengatasinya. Contohnya seperti kendala teknis atau jaringan. Oleh karena itu seorang Trainer harus bisa mensiasati hal-hal tersebut, dengan persiapan yang cukup matang.

Selain itu di dalam diskusi bersama peserta, Ibu Wardhani juga menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan sebuah pelatihan online, Trainer harus bisa memberikan materi dan mendiskusikan hal-hal yang relevan kepada pesertanya. Dengan menyebutnya ke dalam Intelligent Learning yang terdiri dari Intelligent Personalized dan Intelligent Machine saat ini. Baik trainer dan juga peserta harus mampu fokus, mengikuti dan memahami materi yang disampaikan.

Seorang tariner bisa dikatakan sukses jika dapat memberikan perubahan nyata bagi pesertanya dengan 3 Objektif training, yakni Knowledge, Skill dan Attitude. Trainer juga harus memfasilitasi peserta dengan beberapa aplikasi pendukung training serta mampu memberikan evaluasi yang nyata. Mereka juga kerap memastikan materi dapat tersampaikan dengan baik, serta memastikan peserta tetap mengikuti pelatihan sampai selesai. Untuk itu, penting bagi Trainer untuk mampu mennciptakan suasana yang selalu segar dan tidak membosankan.

Seperti yang dipraktekkan secara langsung oleh Ibu Wardhani dengan memberikan quiz yang sangat kreatif kepada peserta sehingga mereka memiliki  antusias untuk menjawabnya. Antusiasme peserta tidak hanya ditunjukkan saat menjawab Quiz saja, tetapi juga ditunjukan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Diharapkan dengan terlaksanakannya Online Sharing kali ini dapat memberikan manfaat bagi para Trainer dalam trend pelatihan yang dilakukan secara virtual dan dapat membantu para Trainer dalam mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan pelatihan online dengan sukses. (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.