Hari Kelima Sesi Wawancara Individual TBCCI 2021 dan Semangat Tinggi Para Peserta

Senin, 13 September 2021. Tahap II Sesi Wawancara untuk para peserta kategori Individual kembali dilanjutkan pekan ini. Sebanyak 44 peserta hadir pada hari ke-5 pelaksanaan lomba wawancara yang dimulai dari 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Mekanisme perlombaan hari ini sama dengan perlombaaan minggu lalu dimana para peserta akan melakukan wawancara dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh moderator. Acara perlombaan juga dihadiri lebih dari 70 Juri Vote Lock yang berperan untuk menilai kualitas jawaban para peserta.

Terdapat 6 kategori yang berlomba pada hari ke-5 dan untuk pelaksanaan lomba tetap terbagi ke dalam tiga ruang Zoom. Pada ruang 1 terdapat 12 peserta yang terdiri dari 8 peserta Desk Control-Above 500 dan 4 peserta Desk Control-Below 500. Pada ruang 2 terdapat 16 peserta yang terdiri dari 6 peserta Customer Service dan 10 peserta Team Leader Customer Service. Pada ruang 3 terdapat 16 peserta yang terdiri dari 10 peserta Agent Inbound Publik dan 6 peserta Customer Service Badan Publik.

Berikut pendapat dari beberapa peserta Individual yang mengikuti ajang TBCCI 2021.

Mutmainah Chairunnisa dari BNI Life Insurance, Customer Service

“Motivasi saya (mengikuti ajang TBCCI 2021) tentunya agar dapat menambah pengalaman saya dan menantang diri saya untuk dapat tampil di hadapan orang banyak” ujar Mutmainah Chairunnisa.

Hal positif yang diperoleh Mutmainah Chairunnisa dari ajang ini cukup banyak, selain menambah pengalaman, ia menjadi banyak teman dari perusahaan yang berbeda dan juga dapat menjadi lebih percaya diri.

Hal yang paling menantang bagi Mutmainah Chairun dari seluruh rangkaian lomba adalah saat proses pembuatan video. Hal ini dikarenakan ia harus dapat mensinergikan antara ekspektasi yang dimilikinya dengan proses pembuatan video yang dilakukan.

Menurut Mutmainnah Chairunnisa, “Untuk ICCA sudah sangat baik dan sudah sangat siap sekali dalam menyusun acaranya.”

Heni Ratnaningsih dari PT Bank CIMB NIAGA Tbk, Desk Control-Above 500

Heni Ratnaningsih mengungkapkan bahwa motivasinya mengikuti acara ini adalah ia ingin meningkatkan kualitas diri dalam karier, sehingga ia bisa memiliki value sebagai karyawan di perusahaan tempat ia bekerja.

Heni juga merasakan manfaat yang sama dengan peserta lain terkait keikutsertaan dalam ajang TBCCI 2021. Ia mendapatkan ilmu-ilmu yang sebelumnya tidak diketahui dan mengetahui bahwa ilmu tentang Desk Control sebenarnya sangat luas. Heni bercerita pada saat saling berkenalan sebelum memulai ujian online, ia melihat peserta-peserta lain yang begitu hebat. Hal itulah yang membuat dirinya lebih bersemangat untuk lebih banyak belajar.

Karena ini merupakan pengalaman pertama bagi Heni Ratnaningsih mengikuti kompetisi ajang TBCCI 2021, ia merasa tertantang melakukan presentasi dimana ia harus membawakan presentasi secara baik dan harus bisa memainkan intonasi suara. Selain itu, dirinya juga harus berpikir bagaimana caranya agar apa yang ia presentasikan bisa tersampaikan kepada orang lain, terutama para dewan juri.

Tingkat kepercayaan diri yang tinggi dalam menyampaikan presentasi juga menjadi tantangan bagi Heni Ratnaningsih. “Dengan percaya diri yang tinggi akan mudah meyakinkan dewan juri atas presentasi yang kita sampaikan.”

Ade Firmansyah dari PT Kereta Commuter Indonesia, Team Leader Customer Service

Motivasi Ade Firmansyah mengikuti ajang TBCCI 2021 ini adalah untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuannya di bidang contact center.

Banyak hal positif yang diperoleh Ade Firmansyah selama mengikuti perlombaan ini. Ia bisa melatih kemampuan public speaking, melatih pola berpikir kritis, meningkatkan kreativitas dalam bekerja, meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam problem solving, melatih kemampuan time management, dan mengasah kemampuan dalam memberikan pelayanan contact center.

Saat mempersiapkan diri, Ade Firmansyah juga menghadapi beberapa tantang, seperti bagaimana melakukan public speaking yang baik, cara mengemas materi presentasi, membuat video presentasi yang baik dan benar, serta cara agar bisa keluar dari zona nyaman dalam bekerja sehari-hari.

“Saya harap agar pandemi segera berakhir sehingga pelatihan sebelum kompetisi dapat dilakukan secara offline dan kita, sesama peserta, dapat bertukar pikiran dalam memberikan pelayanan contact center” ujar Ade Firmansyah.

Dwi Putra Kurniawan Rambe dari PT Perusahaan Gas Negera (Persero) Tbk, Customer Service Badan Publik

Motivasi Kurniawan dalam mengikuti ajang TBCCI 2021 adalah untuk meningkat pengetahuan agar dapat menjadi seorang customer service yang reliable dengan belajar dari para ahli dan peserta kompetisi lainnya serta ingin mengharumkan nama PGN di ajang TBCCI 2021.

Hal positif yang diperoleh Kurniawan cukup banyak selama mengikuti ajang TBCCI 2021. Ia memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru, menambah teman sesama customer service dari perusahaan lain. Kurniawan bertemu dengan banyak praktisi contact center yang menginspirasi untuk dapat melakukan pekerjaan dan pelayanan yang lebih baik.

Tantangan yang dihadapi oleh Kurniawan selama persiapan lomba tentunya manajemen waktu. Di samping memiliki pekerjaan rutin sebagai customer service, Kurniawan juga harus melakukan persiapan, mulai dari belajar materi, rekaman video presentasi, hingga yang terakhir sesi wawancara.

Kurniawan juga mengatakan, “Karena TBCCI sudah berjalan 15 tahun, saya rasa panitia selalu memberikan yang terbaik dan selalu melakukan improvement setiap tahunnya. Tentunya menurut saya pribadi, jika tidak ada pandemi, opsi pelaksanaan offline akan menjadi hal yang menarik, karena kita dapat bertemu dan menjawab langsung pertanyaan pertanyaan dewan juri.”

Perlombaan untuk para peserta Individual masih akan berlanjut esok hari, yakni untuk kategori Agent Inbound Small, Agent Inbound Large, Agent Premium, dan Agent Premium Publik. (MAF)