ICCA Indonesia
Kamis, 7 Mei 2015 ini merupakan hari ke 3 di berlangsungkannya kegiatan Perlombaan The Best Contact Center 2015. Dimana kegiatan pada hari ini masih mengenai presentasi peserta individu. Suasana di hari ini tidak kalah seru dengan di hari sebelumnya, dimana peserta hadir di iringi dengan pendukungnya yang meneriakkan yel yel penyemangat agar rekan mereka lebih bersemangat lagi dalam mengikuti perlombaan. Wajah cerah ceria bercampur dengan sedikit tegang terlihat dari para peserta yang menunggu giliran nama mereka di panggil panitia. Sambil menunggu, tidak sedikit teman teman mereka mengajak ngobrol bahkan bercanda untuk mencairkan suasana. Ya untuk beberapa peserta memang ini sedikit menegangkan, Bahkan menakutkan karena mereka harus berjuang untuk nama baik perusahaan mereka. Harga diri perusahaan sangat di pertaruhkan bro…. Di pojok kiri ruangan ada peserta yang hanya di temani beberapa pendukung saja. Tertarik untuk mengetahui lebih jauh, kami pun mendatangi mereka sekedar untuk ngobrol santai. Namun mereka sepertinya keberatan untuk kami wawancarai dan kami pun akhirnya memilih untuk mengamati saja dari kejauhan. Memang sih dari ekspersinya terlihat tegang. Dan mungkin ini juga yang pertama kalinya dia mengikuti ajang yang bergengsi ini. Jiwa muda yang haus akan pengalaman dan sesuatu yang baru, membuat kegiatan Perlombaan The Best Contact Center 2015 menjadi hal yang di tunggu tunggu. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai kategori. Untuk presentasi kali ini diikuti oleh 138 peserta dari beberapa kategori yang di lombakan, Yaitu kategori Team Leader Customer Service (TL CS) diikuti oleh 14 orang peserta, Team Leader (TL) Outbond dengan kapasitas lebih dari 100 desk diikuti oleh 12 orang peserta, Team Leader (TL) Outbond dengan kapasitas kurang dari 100 desk diikuti oleh 10 orang peserta, Customer Service atau CS dengan kapasitas kurang dari 100 desk diikuti oleh 15 orang peserta, Customer Service (CS) dengan kapasitas lebih dari 100 desk diikuti oleh 11 orang peserta. Dan untuk kategori Work Force Management ada 13 orang peserta, kemudian Desk Control di ikuti oleh 8 orang peserta,lalu kategori Manager Customer Service diikuti oleh 9 orang peserta, di kategori telemarketing ada sekitar 16 orang peserta, untuk kategori Telesales diikuti oleh 16 orang peserta, dan yang terakhir yaitu Kategori IT Support ada 14 orang peserta. Untuk penjuriannya masih mengunakan metode yang sama dengan yang sebelumnya, yaitu vote lock. Dengan total juri ada 107 orang dari akademisi dan dari praktisi. Untuk juri praktisi ada sejumlah 55 orang juri, sedangkan untuk praktisi ada sekitar 52 orang juri. Masing masing juri berhak memberikan pernilaian berupa angka dan tanpa ada tambahan komentar. Angka yang diberikan mulai dari angka 1 untuk nilai yang terendah, dan angka 7 untuk nilai yang tertinggi. Mengingat jumlah peserta yang tidak sedikit, maka panitia mewajibkan kepada setiap peserta untuk datang tepat waktu dan tidak terlambat apapun alasannya. Dan ketika nama peserta di panggil dan tidak ada, maka secara otomatis peserta tersebut akan di diskualifikasi oleh panitia saat itu juga. Cukup ketat juga ya, aturannya. Hmmm, jadi teringat dengan pelayanan di Call Center. Yang namanya pelayanan,ya harus prima dong. Service excellence harus dilakukan tanpa kompromi, apapun kondisinya. Oleh karena itu, call center sebagai petugas public yang memberikan pelayanan kepada pelanggan harus selalu ramah dan memberikan pelayanan yang terbaik. Sehingga kepuasan pelanggan menjadi terpenuhi. Setiap peserta memiliki waktu yang terbatas untuk presentasinya, dan berbeda beda pula berdasarkan kategorinya. Setiap ruangan presentasi telah di sediakan timer digital yang akan menghitung mundur mulai dari peserta melakukan presentasi. Dan jika timer digital tersebut telah berhenti atau menunjukan waktu 00:00 dan alarm berbunyi, maka waktu yang disediakan untuk presentasi telah habis. Maka peserta di haruskan berhenti presentasi walaupun belum selesai mempresentasikan slidenya. Waktu yang diberikan untuk kategori Agent, Back Office, Telesales, Telemarketing dan Customer Service adalah sebanyak 15 menit. Sedangkan untuk kategori Team Leader, Desk Control dan Quality Assurance waktu yang di berikan oleh panitia hanya 20 menit saja. Waktu yang terbatas tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh peserta untuk menarik perhatian para juri. Mulai dari penampilan yang menarik, memakai kostum yang berbeda bahkan di sesuaikan dengan slide yang di presentasikan. Tujuannya sudah pasti agar mendapatkan nilai yang terbaik dari para juri dan memenangkan kompetisi ini. Dan perlu di ketahui bahwa hari ini adalah hari terakhir untuk lomba presentasi individual, jadi bisa kalian bayangkan donk untuk perasaan semua peserta menunggu hasilnya seperti apa. Tapi kalian tidak perlu kawatir, karena kita para tim peliput dari Bank DKI akan terus menginformasikan kepada kalian semua pencinta ajang The Best Contact Center Indonesia 2015 ini tentang siapa yang meraih penghargaan di setiap kategorinya. Tapi untuk seluruh rangkaian Event ini belum berakhir, karena masih ada acara Jambore yang di laksanakan di wilayah Cibubur pada tanggal 16 – 17 Mei 2015 nanti yang pastinya tidak akan kalah seru dengan lomba presentasi individual atau pun lomba test tertulisnya. Karena di jambore tersebut melibatkan kerjasama antar team atau antar perusahaan dengan berbagai macam lomba – lomba outbound yang akan di siapkan oleh tim panitia dan pastinya akan banyak menghilangkan rasa tegang dan serius ketika mereka para peserta bersaing di lomba individualnya. Maaf yaahh pemirsah, kami belum dapat bocoran banyak tentang isi jambore tersebut, heheheh.. Tunggu Up date nya aja yaahh… “tugas kita, panitia, peserta, suporter dan kalian tim peliput belum selesai sampai disini,, karena kita masih banyak rangkaian acara yang bisa kalian nikmati di ajang The Best Contact Center Indonesia ini.. Kita masih akan bertemu di jambore yang pastinya akan lebih seru dan ramai, dan kita pun akan masih bertemua di gathering nanti. Jadi tetap siapkan stamina dan kekuatan suporter nya yaaa.. dan jangan lupa juga untuk doakan kami para panitia agar selalu di beri kesehatan dan bisa tetep sigap untuk menghantar kalian para pemenang hingga ke luar negeri sana”. Tutur salah satu panitia yang sama sekali tidak terlihat lelah di raut wajahnya. Jadi buat kalian para pencinta ajang The Best Contact Center Indonesia 2015 ini, bisa langsung berkunjung ke wilayah cibubur tersebut untuk melihat bagaimana keseruan dan kecerian seluruh peserta yang pasti berbeda dengan yang kalian lihat saat lomba individualnya. Dan tetap kunjungi website http://icca.co.id untuk mengetahui perkembangan tentang rangkaian acara The Best Contact Center Indonesia 2015 ini sampai di ketahui apakah teman kalian dari perusahaan lain, atau mungkin teman satu perusahaan kalian yang akan berpredikat juara???? Tunggu tanggal mainnya….
Semangat All…. Sampai ketemu di jambore yaahh.. bye bye bye….
*Doakan Kami juga yah guys..