Habis

Toyota lusthy1
Team dari AstraWorld

Toyota – (10/8/16). Rabu, 10 Agustus 2016 adalah hari terakhir perlombaan TBCCI (The Best Contact Center Indonesia) 2016. Tapi itu tidak menciutkan nyali para peserta untuk tetap maju. Keceriaan masih ada. Saatnya menunjukkan tentang siapa yang mampu dan paling kompak kerjasamanya. Terutama untuk Reporting Team dan Scheduling Team pastinya. Tepat pukul 08:40 WIB perlombaan Reporting Team dimulai.

Hari Ini

Toyota Lusthy2
Briefing sebelum Perlombaan

Tampak suasana Gelanggang Remaja lebih santai dari hari kemarin. Para peserta menikmati sekali proses perlombaan kali ini. Dimulai dari briefing yang selalu dilakukan langsung oleh Bapak Andi Anugrah selaku ketua panitia, setelah itu perwakilan peserta dari tiap Perusahaan secara bergantian mengambil nomor undian tempat duduk. Sebelum mulai bertanding, para peserta di wajibkan untuk membaca, mempelajari dan memahami peraturan berbentuk PowerPoint yang ada di masing – masing laptop peserta. 3 jam adalah waktu maksimal yang diberikan oleh panitia untuk para peserta.

Nasehat Andi Anugrah

Lagi – lagi tampak bagaimana keseruan dalam hening yang menggambarkan tentang bagaimana mereka mampu membagi tugas. Ya, karena tiap Perusahaan ada 3 pribadi yang harus menghapus ego demi menciptakan rasa kompak. Semua Team tampak bersemangat dan saling berlomba demi dapati kata tepat dan cepat. Ditengah berlangsungnya lomba, Bapak Andi selaku ketua mengambil waktu bersama dengan Team writing dan multimedia. Di forum kecil ini, Bapak Andi mengutarakan bahwa salah satu esensi dari TBCCI adalah untuk mendapatkan jenjang karir yang bagus untuk peserta terbaik di setiap instansi. Hal itu dapat dilihat dari peserta lomba yang telah berhasil memenangkan setiap kategori tiap tahunnya. Selain itu, TBCCI dapat menjadi ajang untuk berlatih kemampuan agar lebih maksimal. Gelanggang remaja sebagai gedung yang digunakan selama 3 hari ini cukup menyimpan segudang cerita. Jika dibanding dengan gedung lomba yang sebelumnya digunakan memang lebih tampak mewah , akan tetapi kembali lagi ke awal. “Event ini diadakan untuk mengurangi hura-hura dan semoga ajang ini tetap ber-regenerasi”, tuturnya kemudian.

Proses dan Hasilnya     

1 jam 10 menit 56 detik adalah waktu yang dibutuhkan oleh peserta dari PT. Astra International – AstraWorld untuk menyelesaikan semua soal. Atik Suprihatin yang merupakan salah satu anggotanya menceritakan jika tadi selama 1 jam diminta untuk menilai KPI (Key Performance Indicator) 72 Agent yang disediakan. Selain itu, mereka juga harus menghitung SL (Service Level), ABD (Abandone) Rate, ASA (Average Speed Answer), sampai dengan FCR (First Call Resolution). Setelah itu, mereka harus menentukan 10 Agent terbaik. Selain Atik ada juga Hadi Mukhayar yang merupakan rekan Atik. Hadi menceritakan jika kunci untuk menjawab semua pertanyaan dengan benar, tepat, dan cepat adalah latihan soal terus, fokus, dan mampu bagi tugas dengan baik.

Siang setelah semua peserta selesai mengerjakan semua pertanyaan, panitia langsung membahas jawaban – jawabannya. Diwakili oleh salah satu peserta dari masing – masing Perusahaan sehingga dapat mengetahui secara langsung jawaban dan tingkat akurasi jawabannya.

Sang juara pun sudah ada di tangan. Siapa pemenang dari Reporting Team? SELAMAT untuk juara 1 dari DBS, juara 2 dari Telkom Indonesia 1, dan juara 3 dari AHM.

Scheduling Team Beraksi

Toyota lusthy3
Persiapan sebelum Perlombaan

Sambil menunggu giliran beraksi untuk membuat Jadwal Kerja para Agent, peserta ada juga yang belajar untuk mempersiapkan diri agar mampu mengerjakan pertanyaan – pertanyaan dengan Team nya. Waktu pun tiba. Dilanjutkan oleh Scheduling Team dengan jumlah peserta ada 7 Perusahaan. Suasana kembali tenang. Peserta sekarang di minta untuk membuat jadwal kerja dari sejumlah Agent yang telah dipersiapkan oleh panitia. Peserta pun mulai sibuk mengotak – atik Agent agar mampu mendapatkan jawaban paling akurat.

Tampaknya 7 peserta sudah selesai mengerjakan semua pertanyaan panitia. Setelah beberapa saat hasil para pemenang sudah ada di tangan panitia. Siapa diantara 7 peserta yang paling hebat dan akurat untuk membuat jadwal kerja Agent? SELAMAT untuk juara 1 dari Bank Mandiri, Juara 2 dari Klip Pajak, dan juara 3 dari AHM.

Habis

Habis sudah semua perlombaan TBCCI 2016. Senang sekali rasanya bisa ikut andil dalam ajang kompetisi sebesar ini. Suka duka pasti ada dalam setiap perlombaan dimanapun. Menang kalah pastinya ada juga. Tapi, yang tidak ternilai dari semuanya adalah pengalaman. Karena pengalaman akan selalu diingat sampai kapanpun itu.

Domo Arigatou Gozaimashita Mina San ^_^