Published on 1 August 2016

Gagal Move On

Words by:
avatar

Alyah Amalia

AstraWorld (01/08/2016). Meskipun diadakan tiap tahun, perhelatan The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) selalu memberikan sesuatu yang berbeda dari tahun sebelumnya. Begitu juga tahun ini. Ada beberapa hal berbeda di ajang tahunan milik para praktisi contact center di Indonesia ini.

Yang pasti, demi mengejar kualitas yang lebih baik setiap tahunnya selalu dilakukan pembaruan dan perubahan. Penulis menanyakan seperti apa perbedaan lomba individu TBCCI kepada panitia dan peserta yang telah berpartisipasi sejak tahun lalu. Di hari pertama penyelenggaraan TBCCI 2016, penulis rangkum beberapa perbedaan TBCCI dari tahun 2015 ke 2016.

  1. Lokasi

TBCCI ICCA AstraWorldTahun lalu, presentasi individu TBCCI diadakan di Balai Kartini, Jakarta Pusat. Masih teringat betapa kami, para peserta writing competition, setiap hari beredar di Balai Kartini demi dapat meliput rangkaian acara TBCCI 2015. Tahun ini, presentasi individu TBCCI yang berlangsung 1-4 Agustus 2016, dilaksanakan di Kalbe Institute, Rawasari Jakarta Timur.

Menurut ketua panitia TBCCI 2016 yang juga ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA) Andi Anugrah, lokasi acara memang berpindah dari tahun ke tahun. Tahun-tahun sebelumnya TBCCI pernah diadakan di Bidakara, Menara 165, dan Balai Kartini.

“Pemilihan lokasi pelaksanaan TBCCI mengutamakan kebebasan dan kenyamanan peserta. Di beberapa tempat tidak diijinkan membawa makanan atau peserta membuat keributan. Sebagai tempat penyelenggaraan TBBCI tahun ini, Kalbis dianggap cukup nyaman karena peserta lebih bebas dan bisa membawa makanan”, jelas Andi Anugrah.

Bagi Rani Apriantini, peserta dari AstraWorld untuk kategori Quality Assurance (QA), lokasi TBCCI tahun ini lebih menyenangkan karena lebih dekat dari rumah atau kantornya di daerah Sunter. “Cuma kalo untuk tag lokasi di social media, lokasi tahun lalu di Balai Kartini lebih oke dari tahun ini”, ungkap Rani yang juga menjadi peserta lomba individu tahun lalu.

 

  1. Kostum

Inilah salah satu perbedaan yang terasa paling signifikan dalam TBCCI 2016 dibandingkan 2015. Tahun lalu para peserta lomba individu berlomba-lomba memberikan penampilan yang terbaik. Ternyata selain mempersiapkan materi presentasi, peserta juga menyiapkan kostum sesuai dengan materi presentasi.

Suasana lokasi perlombaan makin meriah dengan para peserta yang hilir-mudik dengan kostum yang eye catching. Mulai dari kostum profesi, baju daerah, atau kostum super hero. Ketika hari pertama liputan TBBCI tahun

Peserta TBCCI dari AstraWorld
Peserta TBCCI dari AstraWorld

lalu, tim penulis beserta peserta dari AstraWorld terpukau oleh meriahnya penampilan para peserta dari perusahaan lain.

Tahun ini panitia mengeluarkan kebijakan baru untuk meniadakan kostum khusus bagi peserta yang lolos ke sesi presentasi. “Kami minta peserta tidak menggunakan kostum untuk menghindari perlombaan ini menjadi festival atau hura-hura. Acara ini adalah ajang sharing dan memotivasi antar peserta”, tutur Andi Anugrah.

  1. Jambore

Rangkaian kegiatan acara ini yang penuh keseruan dan sangat terasa semangat kompetisinya, tentu saja saat Jambore. Menurut penulis, acara Jambore merupakan salah satu acara yang bermanfaat untuk mempererat kerjasama dan meningkatkan motivasi peserta dalam satu tim.

Sayangnya untuk TBCCI tahun ini Jambore ditiadakan. Sedih, karena masih teringat keseruan acara jambore TBCCI ICCA 2015 lalu. Ditambah lagi para peserta Jambore sangat menikmati acara outbond beserta joged-joged seru sembari berlomba.

Tahun ini, untuk memperkuat kerja sama tim, panitia menggantinya menjadi perlombaan teamwork  yang terdiri dari Smart Team, Quality Team, Reporting Team, dan Scheduling Team. Menurut Andi Anugrah, lomba-lomba tahun teamwork tahun ini lebih menekankan pada aktivitas pekerjaan contact center dan tidak terlalu menonjolkan teamwork seperti tahun lalu. Meski diubah, besar harapan rangkaian acara ini pun dapat memperkuat teamwork dan memotivasi semua peserta.

 

  1. Suvenir Khas ICCA

Di salah satu sudut ruang perlombaan, ada satu meja kecil yang memajang pernak-pernik TBBCI. Ada boneka, mug, kaos, pouch, pin, dan lanyard atau gantungan tanda pengenal. Tahun sebelumnya, bagian yang khusus menjual suvenir TBBCI ini belum tersedia.

Setiap tahun penyelanggaraan acara ini memang meninggalkan kesan bagi para pesertanya. Ada beberapa kejadian yang tak terlupakan dan menjadi pembanding penyelenggaraan tahun-tahun berikutnya. Meski memang ada beberapa hal yang berubah, tentunya semangat TBCCI dan para pekerja Contact Center dalam memeriahkan acara ini tetap sama, yaitu memajukan industri Contact Center dengan tidak pernah berhenti berkarya.

Ayo move on!