Fokuskan Tujuan Untuk Meraih Impian

Devi Wijayanti, Pemenang Silver Kategori The Best Agent Medium

Dalam mengikuti ajang lomba The Best Contact Center Indonesia, peserta harus mempersiapkannya dengan matang, dari mulai materi presentasi hingga pengetahuan yang baik untuk persiapan dalam tes tertulis. Bobot nilai yang diberikan kepada peserta adalah 70% untuk presentasi dan 30% untuk tes tertulis. Seperti halnya dalam kategori lomba The Best Agent Inbound Medium yang diikuti oleh Devi Wijayanti dari PT Birotika Semesta (DHL Express) pada lomba TBCCI 2019, ia berhasil mendapatkan penghargaan medali platinum pada ajang tersebut. Tips dan trik dalam mempersiapkan TBCCI ini juga dibagikan kepada 30 peserta dalam kegiatan Winner Sharing yang diadakan oleh ICCA pada 8 November 2019 di Graha Seti. 

Devi Wijayanti yang akrab disapa Devi ini, membagikan tips dan trik bagaimana melakukan persiapan dengan baik dalam ajang lomba TBCCI, khususnya untuk para calon peserta yang akan mengikuti lomba tersebut di tahun 2020 mendatang. Hal pertama yang dijelaskan oleh Devi adalah terkait bobot nilai yang diberikan dan juga menceritakan bagaimana awal persiapan lomba TBCCI 2019. 

Setelah Devi mengkuti seleksi internal, ia mulai memikirkan untuk ide, materi, hingga konsep presentasi yang akan dibawakan, juga melakukan persiapan dengan latihan bersama rekan-rekannya atau bersama para manager maupun supervisor yang dapat memberikan masukan untuk melakukan presentasi dengan baik yang juga sangat mensupportnya. Selain itu persiapan tes tertulis juga dipersiapkan oleh Devi dengan belajar bersama rekan-rekannya di kantor, seperti membaca materi dan menghafal buku mengenai contact center, juga melakukan latihan soal.

Suasana sesi sharing sedang dibawakan oleh Devi Wijayanti

Tips dan trik yang diberikan oleh Devi cukup menarik, dalam hal ini Devi memberikan motivasi seperti untuk optimis dalam melakukan hal apapun khususnya dalam mengikuti lomba TBCCI ini. Hal utama yang dilakukan oleh Devi dalam mengikuti kompetisi ini adalah dengan menetapkan tujuan, serta hal unik juga dilakukan oleh Devi yaitu dengan menulis buku diary yang berisikan tujuan benchmarking atau penghargaan yang diinginkan. Dari hal tersebut membuatnya untuk tetap optimis dan fokus pada satu tujuan dalam sebuah pencapaian hingga akhirnya Devi dapat meraih sebuah penghargaan dan mendapatkan medali platinum. 

Pada perlombaan TBCCI 2019 sangat memfokuskan pada sebuah konten, dari hal tersebut Devi juga sangat betul-betul dalam memilih dan memaksimalkan konten yang bisa membuatnya menjadi pemenang dan Devi juga berusaha untuk menonjolkan kreativitas dirinya sebagai customer service. Persiapan sebelum tampil juga penting dilakukan oleh Devi selain belajar dengan rekan-rekan, manager maupun supervisor, Devi juga belajar mengenai gerak tubuh dalam membawakan presentasi dengan rekannya di bidang public relation. 

Foto bersama setelah selesai acara sharing

Berbagi pengalaman dalam persiapan yang dilakukan oleh Devi dalam kegiatan Winner Sharing ini, berharap memberikan manfaat serta motivasi bagi peserta yang akan mengikuti lomba TBCCI 2020 mendatang, selain sesi sharing yang dibawakan oleh Devi pada kegiatan winner sharing ini juga membuka kesepatan kepada peserta yang ingin bertanya seputar kiat-kiat lomba TBCCI maupun terkait tugas pekerjaannya di DHL yang dibagikan oleh Devi. Tak hanya sesi tanya jawab dan sharing yang dibagikan oleh Devi saja, ada juga dari beberapa peserta yang mengikuti kegiatan winner sharing ini dengan membagikan pengalamannya dan ketertarikannya mengikuti lomba TBCCI. (TN)