Fashion To Figure

Kamis, (4/8). Hari ini merupakan hari terakhir berlangsungnya acara ICCA (Indonesia Contact Center Indonesia) yang digelar di Kalbis Institute Jakarta. Semua peserta presentasi individu dari semua kategori telah menampilkan yang terbaik di hadapan dewan juri sejak hari pertama, dan hari ini merupakan titik darah penghabisan bagi para peserta tersisa.

Apa? Terakhir?? Mengapa dunia ini tidak adil!!

Eits, jangan sedih dulu….hari ini terakhir hanya untuk perlombaan presentasi individu saja, kok. Kemeriahan acara ICCA 2016 masih akan berlangsung di tanggal 8-10 Agustus 2016 di Gelanggang Remaja Otista, Jakarta Timur. Pastinya akan lebih meriah lagi! Karena acara yang akan diperlombakan ada lomba Dancing, Singing, Scheduling, Reporting, Smart Team dan Quality Assurance. Ayo ramaikan! Datang dan dukung tim kita masing-masing!

Khusus hari ini, ada kategori yang menarik perhatian untuk perlombaan presentasi individu, yaitu kategori Agent English. Dari namanya saja kita sudah tahu, kalau agent ini melayani pelanggan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Salah satu peserta perlombaan presentasi individu kategori agent english perwakilan dari DHL, Iqbal Muamar Achmad, mengatakan bahwa tantangan yang dia hadapi sebagai agent english yaitu salah dalam pengucapan bahasa Inggris yang menyebabkan pelanggan asing tersebut tidak mengerti atau salah paham dengan apa yang diinformasikan.

“Kalau untuk bahasa itu, kan, mudah. Kalau ini challenge-nya di bahasa Ingrisnya” Ucap Iqbal.

“Karena, kan, Inggris itu kita harus bicara dua kali, jadi kita translate di otak kita, lalu disampaikan kepada pelanggan asing.” Tambah Iqbal.

Dalam presentasinya di hadapan juri, Iqbal menggunakan tema Personal Trainer. Dia menggunakan tema tersebut karena terinspirasi dari hobinya sendiri, nge-gym.

“Disini saya berlaku sebagai personal trainer, membantu klien-klien saya cara untuk membentuk badan, dan bikin otot, lah, segala macem. Lalu bila dikaitkan dengan contact center itu saya membantu customer-customer saya, saya ngarahin mereka dan ngasih tahu tips-nya.” Ucap Iqbal.

Dari perhelatan acara ICCA 2016 yang telah berlangsung dari hari pertama sampai sekarang, fashion-fashion yang digunakan oleh para peserta pria dan wanita itu bermacam-macam. Mayoritas peserta pria terlihat gagah dengan menggunakan setelan jas rapi dengan sepatu pantofelnya, dan untuk peserta wanita menggunakan setelan blazer lengkap dengan sepatu high heels yang menimbulkan kesan girl power, anggun nan berani.

Namun, ada beberapa peserta yang tampil beda dalam perhelatan ICCA 2016 ini. Seperti peserta perwakilan dari Angkasa Pura II, Wahyudin, yang menggunakan seragam kerjanya di bandara yang cukup menarik perhatian. Dia memakai kemeja putih dengan menggunakan rompi berwarna kuning ditengah-tengah para peserta pria lain yang menggunakan jas.

“Jabatan saya sebagai Terminal Officer Service di bandara, Jadi, seragam operasional kita memang seperti ini pakai rompi.” Ucap Wahyudin.

“Kami di acara ICCA ini sengaja untuk menggunakan seragam operasional, karena ini adalah kali pertama Angkasa Pura ikut ajang ini, jadi untuk memperkenalkan pada juri—seperti ini, lho—customer service Angkasa Pura.” Tegasnya.

Tidak kalah dari Wahyudin, peserta wanita, Naomi, masih perwakilan peserta dari Angkasa Pura II yang menggunakan seragam operasionalnya di bandara sebagai Customer Service Mobile. Naomi terlihat mencolok dan percaya diri dengan menggunakan sepatu roda saat menampilkan materi presentasi di depan para juri.

“Kalau di Angkasa Pura itu ada Customer Service Mobile, Jadi, seperti yang mas lihat, kita dilengkapi dengan sepatu roda untuk memudahkan berkeliling terminal, sifatnya kita pro aktif mencari penumpang yang kebingunan—terkadang penumpang itu suka malu nanya ke customer service. Nah, disana kita memberikan informasi dengan konsep yang lebih rileks.” Ucap naomi dengan bangga menjelaskan tentang pekerjaannya.

Seragam Naomi Di ICCA 2016
Seragam Naomi Di ICCA 2016

Begitu banyak hal menarik, unik, dan kreatif yang terjadi selama perhelatan ICCA 2016 yang berlangsung dari 1-4 Agustus di Kalbis Institute Jakarta. Semoga kegiatan ini bisa membuat kita bangga telah berperan di dalam dunia contact center. Dan jangan lupa, kemeriahan ICCA 2016 belum berakhir, sampai bertemu di tanggal 8-10 Agustus nanti!