Euforia Talent TBCCI 2016

Bank Mandiri, 8 Agustus 2016. Gelanggang Remaja Otista Jakarta Timur terlihat ramai pengunjung, derap langkah para insan contact center satu per satu memadati area gedung Gelanggang Remaja Otista Jakarta Timur. Untuk hari ini, TBCCI 2016 mengadakan kompetisi kategori talent khusus  kategori Singing dan Dancing. Dalam kategori singing diikuti oleh 7 peserta yaitu BNI life, SIM, Astra World, BCA 1, Kring Pajak, BCA 2, dan Bank Mandiri. Terlihat para panitia sejak pagi telah mempersiapkan kebutuhan logistik baik di atas panggung ataupun di luar panggung. Para panitia mengatur acara supaya berjalan dengan tertib dan lancar. Sorak sorai para supporter memadati gedung Gelanggang Remaja Otista Jakarta Timur, para supporter dengan membawa atribut masing-masing seperti balon tepuk, terompet dan atribut lainnya ikut meramaikan acara TBCCI 2016. Hari ini para peserta kompetisi kategori talent menggunakan berbagai kostum yang heboh untuk menarik perhatian dewan juri. Untuk kompetisi kategori talent hari ini, dihadiri beberapa dewan juri ternama dan berkompeten di dalam bidangnya.

Waktu telah menunjukkan pukul 09.30 dan acara pun akan segera dimulai, dengan dipimpin Ibu Anita sebagai MC hari ini. Acara diawali dengan sambutan ketua ICCA yaitu Bapak Andi Anugrah yang menyampaikan bahwa ajang kompetisi ini diadakan untuk mempererat tali persaudaraan antara insan contact center bukan sebagai ajang siapa yang menang dan siapa yang kalah, bukan juga sebagai ajang keributan. “Mari, kita dukung acara ini sampai selesai dengan sportifitas yang tinggi untuk para insan contact center Indonesia.” beliau mengakhiri sambutan dengan himbauan positif kepada peserta dan juga para supporter.

Peserta singing perwakilan dari Astraworld.
Peserta singing perwakilan dari Astraworld.

Kategori Singing

Dalam kategori singing  para peserta akan membawakan 1 lagu wajib dan 1 lagu bebas. Lagu yang mereka bawakan telah di aransemen ulang dan dibawakan oleh peserta dengan diiringi koreografi yang menarik. Untuk penampilan pertama adalah peserta perwakilan dari BNI life yang diiringi oleh sorak sorai para supporter, para  pendukung memberikan semangat menggunakan atribut yang mereka bawa seperti balon tepuk dan handclap. Dengan membawakan lagu bebas berjudul “Semua Jadi Satu” peserta perwakilan dari BNI life tampil dengan performance yang menarik. Dilanjutkan perwakilan dari SIM yang membawakan lagu berjudul “ekspresi” juga berhasil memukau para dewan juri dan penonton. Lalu dilanjutkan dengan penampilan dari Astra World, BCA 1, Kring Pajak, BCA 2 dan yang terakhir penampilan yang ditunggu-tunggu, yaitu perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan kostum “bernuansa putih” terlihat sangat anggun saat memasuki panggung. Ditambah dukungan para supporter yang saling mendukung satu sama lain dengan atribut mereka masing-masing.  Satu per satu para peserta tampil dengan kelebihan  mereka masing-masing, dengan rasa percaya diri mereka tampil dengan memukau di hadapan para dewan juri.

Peserta singing dan dancing perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk.
Peserta singing dan dancing perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Kategori Dancing

Untuk kategori dancing hanya diikuti oleh 5 peserta saja, yaitu perwakilan SIM, Bank Indonesia, BCA 1, Bank Mandiri dan BCA 2. Setiap peserta mengusung tema masing-masing, karena hal yang ingin disampaikan melalui tarian mereka juga berbeda-beda. Peserta dari Swakarya Insan Mandiri membawakan tarian yang menggambarkan suka duka dalam menjadi agent call center, di mana setiap agent akan mengalami titik happy, malas, sedih dan sebagainya ketika sedang online. Berbeda dengan perwakilan dari Bank Indonesia yang mengangkat tema nasionalisme, mereka menari dengan membawa bendera Merah Putih yang disandingkan dengan bendera Bank Indonesia. Jika setiap peserta memiliki kostum yang unik maka begitu juga perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk yang mendapat nomor urut 4 untuk tampil. Perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero), Tbk  menggunakan kostum baju adat Makassar dengan tetap “bernuansa putih” sama seperti kostum dari peserta singing. Tarian yang mereka bawakan adalah “Mapadendang”, tarian ini menceritakan tentang pesta panen padi. Para penari memberikan penampilan terbaiknya, mereka menari dengan energik dan bahagia seperti mereka benar-benar merasakan euphoria ketika tengah berpanen.

Pemenang Kategori Talent TBCCI 2016.
Pemenang Kategori Talent TBCCI 2016.

Kompetisi hari ini diibaratkan seperti obat pelipur lelah setelah empat hari penuh ketegangan yang terjadi di Gedung Kalbis Institutte, yaitu ketika kompetisi kategori individu. Dengan penampilan yang telah dipersembahkan oleh setiap peserta yang maksimal, mereka berharap mendapatkan hasil yang juga maksimal. Pemenang dari kompetisi kategori talent sendiri akan diumumkan dihari yang sama, hari ini. Acara kompetisi kategori talent ditutup oleh penampilan dari PT Bank Central Asia tepat pukul 14.00. Setelah penampilan yang luar biasa dan peluh yang mengalir tanpa keluh, tepat pukul 15.00 telah disampaikan pemenang dari kompetisi kategori talent hari ini. Juara kategori singing untuk peringkat ke 3 diraih oleh Kring Pajak, untuk peringkat ke-2 diraih oleh BCA 2 dan untuk peringkat pertama diraih oleh BCA 1. Juara kategori dancing untuk peringkat ke-3 diraih oleh BCA 2, untuk peringkat ke-2 diraih oleh Bank Mandiri, dan peringkat pertama diraih oleh BCA 1. Selamat bagi para pemenang! Sampai jumpa pada kompetisi berikutnya. Chayooo!