“Die Hard” dan “Fast and Furious” di TBCCI 2016

Hari Pertama

Hari ini, 1 Agustus 2016 adalah hari yang dinanti-nanti oleh para praktisi Contact Center dari seluruh perusahaan di Indonesia yaitu lomba The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016, berlokasi di Gedung Kalbis Institute yang memiliki 2 menara dan 8 lantai untuk masing-masing menara. Acara lomba The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016 sendiri diadakan di lantai 7 dan memiliki 7 ruangan yang digunakan untuk melakukan presentasi dan penjurian para peserta lomba.

Registrasi peserta lomba dimulai jam 07:00 di meja yang telah disediakan oleh panitia. Terlihat belum begitu banyak peserta yang hadir pada jam tersebut, namun wajah-wajah sumringah dan semangat yang dihadirkan oleh para peserta yang sudah hadir menambah keceriaan tersendiri di ajang bergengsi ini. Beberapa perwakilan perusahaan yang sudah hadir adalah Telekomunikasi Indonesia, Pertamina, Indosat Ooredoo, BCA, Bank Mandiri, Bank Indonesia dan Klip DJP yang mendapatkan jadwal presentasi hari pertama TBCCI di pagi ini.

Kesiapan Panitia  di meja Registrasi

IMG-20160801-WA0019
meja registrasi

Beberapa saat sebelum tampil terlihat ketegangan di wajah para peserta,
ada yang berlatih sambil menghapal materi, ada yang sedang berdoa, ada juga yang berusaha menghilangkan rasa tegang dengan bersenda gurau dengan temannya. 

Kehadiran para supporter juga memiliki arti tersendiri bagi para peserta karena dapat memberikan semangat dan juga meningkatkan kepercayaan diri. Yel-yel dan juga gelak tawa para supporter semakin memeriahkan dan mencairkan suasana lomba. Supporter Telekomunikasi Indonesia yang paling heboh dan kompak dengan membawa pernak pernik balon berwarna merah memberikan yel-yel ke salah satu rekannya yang akan tampil ke ruang presentasi.

Supporter Telkom Indonesia di TBCCI 2016

IMG_20160801_115137
Supporter Telkom

Salah Satu Peserta dari BCA di TBCCI 2016

IMG-20160801-WA0032
Mohamad Irvan

Yang Baru di TBCCI tahun 2016

Ada yang berbeda dalam ajang The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya, kami berhasil mewawancarai Ketua ICCA Bapak Andi Anugrah yang memaparkan mengenai mekanisme dan suasana lomba The Best Contact Center Indonesia.

IMG_20160801_092640_1470026592932 1
Andi Anugrah, Ketua ICCA

Bagaimana Perbedaan lomba TBCCI tahun ini dan tahun lalu?

Secara konsep tahun ini ada lomba best of the best, supaya peserta yang belum pernah menang akan bertanding dengan sesama peserta yang belum pernah menang juga. Sedangkan yang sudah pernah menang bertanding dengan sesama yang sudah pernah menang. Sehingga kualitasnya berbeda dan mempunyai kesempatan untuk menang dan membuat peserta lebih semangat mengikuti lomba, karena semua punya peluang yang sama untuk menang. Hal ini merupakan suatu proses perbaikan secara metode dengan lomba tahun-tahun sebelumnya. Hal yang berbeda juga adalah tes tertulis, tahun ini digunakan sebagai seleksi untuk peserta lomba dan diadakan jauh-jauh hari karena ada bulan puasa. Satu lagi ada perbedaan di lomba team work, kalau dulu kita mengadakan Jambore. Tahun ini kita adakan Team Work, ada Quality, Scheduling, Reporting, Smart, kita ubah sedikit lombanya.

Untuk antusiasme dan atmosfer lomba saat  ini seperti apa menurut Bapak?

Mulai dari tes tertulis sampai hari lomba saat ini antusiasme peserta lomba cukup bersemangat. Banyak peserta yang melakukan publish dan upload di social media, berita yang mereka posting banyak mengenai saat mereka berlatih, mereka juga menyemangati dirinya dalam mengikuti lomba ini.

ICCA adalah Asosiasi untuk Contact Center Indonesia, pesan apa yang ingin dibagikan dari kegiatan lomba ini?

Gunanya kegiatan ini adalah kita ingin memberikan apresiasi kepada praktisi Contact Center. Mereka selama ini berada di belakang layar, melayani pelanggan, diomelin oleh pelanggan, dikomplain oleh pelanggan, tetapi mereka tidak pernah muncul ke permukaan. Nah sekarang dengan adanya kegiatan ini kita mencoba bersama-sama dengan praktisi yang lain agar dapat dikenal, karena kita tidak mempunyai dana yg terlalu besar. Kita mencoba inisiatif bersama-sama kita melakukan kegiatan seperti ini, makannya juga ada lomba writing, lomba multimedia, supaya publikasi di media social. Teman-teman di sini juga akan posting di social media mereka mengenai lomba ini. Itu membantu untuk orang mengenal Contact Center itu tidak hanya diomelin, dan memberikan kebanggaan tersendiri.

Hal-hal apa yang menjadi target dari kegiatan ini?

Harapan kami adalah event ini memberikan motivasi bagi teman-teman, jadi dampaknya bagi perusahaan mereka tahun depan, mereka lebih antusias lagi dan lebih terlihat. Orang jadi lebih mengenal ICCA, bukan hanya sekedar lomba lucu-lucuan, kita ingin memotivasi, agar peserta belajar, kalau mereka mau presentasi mereka pasti belajar. Dewan juri juga belajar sesuatu yang baru, saling belajar ini menguatkan.

Dampak dari kegiatan lomba ini sejak tahun 2007?

Pemenang dari lomba ini akan mendapatkan hadiah berupa benchmarking ke luar negeri. Pemenang pertama ke Korea, pemenang kedua dan ketiga ke Thailand, pemenang keempat ke Singapura. Mereka juga melihat Contact Center negara lain, agar dapat membandingkan Contact Center di perusahaan masing-masing dan juga ada seminar, sharing session dan kegiatan lainnya.

IMG-20160801-WA0015

Suasana lomba ini seperti film Die Hard dan Fast and Furious, harus mengkoordinasikan banyak hal, dan harus bergerak cepat.

Satu kata untuk lomba ICCA hari ini adalah SEMANGAT!!!

Panitia semangat, juri semangat, penonton dan supporter juga semangat.