Buka Cerita Bersama Abdussalam Pemenang TBCCI 2019 Dari Bukalapak

Pembicara winner sharing, Abdussalam dari Bukalapak

Pada ajang The Best Contact Center Indonesia 2019, Abdussalam dari Bukalapak telah berhasil memenangkan penghargaan medali gold dalam kategori agent digital medium. Kemenangannya ini berhasil membawanya ke Taiwan dan dapat memberikan pengalamannya dalam mengikuti kompetisi tersebut juga dapat berbagi tips dalam pencapaian yang telah diraih. Seperti pada tanggal 15 November 2019 Abdussalam berbagi pengalaman, tips dan trik yang menarik saat mengikuti lomba pada kegiatan winner sharing yang diadakan ICCA di Graha Seti, Jakarta Selatan. 

Menurutnya salah satu kemenangan dari kompetisi ini adalah dengan bisa berbagi atau sharing kepada rekan-rekan yang lainnya, baik dalam satu perusahaan maupun dengan perusahaan lainnya. Pada kegiatan winner sharing yang diadakan oleh ICCA ini, Abdussalam membuka ceritanya dengan berbagi pengalaman dari mulai seleksi internal hingga tips dan trik dalam menguasai tes tertulis dan lomba presentasi. Abdussalam juga mengakui bahwa ajang The Best Contact Center Indonesia ini merupakan ajang yang sangat bernilai dimatanya, pasalnya ajang ini memberikannya banyak manfaat. 

Abdussalam juga sangat bersyukur dengan mengikuti ajang ini, ia banyak mendapatkan pengetahuan dan juga memberikan banyak pengalaman yang ia dapatkan. Ia juga menyampaikan bahwa ajang TBCCI ini merupakan kegiatan yang sangat prestigious dan  Bukalapak sangat komitmen terhadap penyelenggaraan ajang ini, mulai dari persiapan hingga support yang diberikan oleh management tidak hanya berupa material juga support secara personal dengan meluangkan waktu untuk hadir dengan memberikan semangat secara langsung.

Pada akhir sharing yang telah dibagikan oleh Abdussalam, dilanjutkan dengan Buka Tanya yang merupakan sesi tanya jawab dimana para peserta yang mengikuti kegiatan winner sharing ini dapat bertanya kepada Abdussalam mengenai pengalaman dan tips yang dibagikan olehnya. Beberapa pertanyaan menarik diajukan oleh peserta, salah satunya seperti pertanyaan peserta berikut.

“Bagaimana cara menjawab pertanyaan fishbowl secara cepat dan tepat? ” Tanya peserta

Fisbowl itu juga dilatih pada saat pembekalan, sarannya adalah ketika diminta ayo siapa yang mau mencoba, teman-teman inisiatif deh, kebetulan waktu itu saya mencoba untuk maju kedepan dan ternyata itu bermanfaat. Saat itu didepan puluhan teman-teman yang banyak serta ditempat yang besar dan mencoba menjawab pertanyaan, disitu konteksnya adalah untuk melatih mentalnya dan melatih ketenangan kita. Tapi disisi kontens saran saya adalah diam saja dulu kalau masih punya waktu, setelah presentasi ada fishbowl satu, oh masih ada 3 menit nih jadi bisa jawab ngomong satu menit mikir beberapa detik juga gak papa. Lebih baik jawabannya nyambung  ketimbang asal tapi cepet kalau masih punya waktu dan waktu yang saya lakukan presentasi itu masih tiga setengah menit, jadi ketika  ditanya saya sekitar dua puluh detikan mikir. Biasanya disuruh menjelaskan, menyebutkan tiga hal, kita pikirannya harus balik lagi ke materiyang pernah kita terima kan. Kadang kalau masih belum tenang, meskipun gampang kita lupa tuh. Caranya adalah ya tadi tenang dulu mikir jawabannya apa,  yang penting jawabannya nyambung jangan asal sama sekali, jadi sarannya adalah pada saat pembekalan temen-temen lagi disuruh latihan… latihan maju aja, ke dua kuasai lagi-lagi materinya dikuasai karena soal pertanyaanya dari materi.” Jawab Abdussalam

Foto bersama seluruh peserta, pembicara dan panitia.

Menguasai materi dan terus berlatih sangatlah penting dalam mengikuti kompetisi TBCCI ini, dengan terus berlatih dan menguasai materi memudahkannya untuk melakukan presentasi maupun dalam mengisi soal dalam tes tertulis. Tujuan utama dan motivasi Abdussalam dalam mengikuti ajang TBCCI ini bukan dari bentuk hadiah dan penghargaan yang didapatkan namun ada yang lebih berharga selain itu adalah ilmu baru dan dan teman-teman yang baru dimana dapat melakukan sharing satu sama lain dengan berbagi ilmu dan informasi. Banyak hal yang belum banyak diketahui sebelumnya, dengan mengikuti ajang ini ia merasa banyak sekali ilmu dan maanfaat yang didapatkan dan juga yang berdampak baik bagi perusahaan. Hadiah atau penghargaan yang didapatkannya merupakan sebuah bonus baginya dan sebagai penyemangat untuk melakukan juga menciptakan hal yang jauh lebih baik lagi untuk mencapai target lainnya. (TN)

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.