Bronze Winner Goes to Malaysia

Foto bersama peserta benchmarking to Malaysia

Usai kegiatan benchmarking to Thailand 3D, Indonesia Contact Center Association (ICCA) kembali memberangkatkan peserta pemenang Bronze kategori Individual dan pemenang Bronze kategori Teamwork pada ajang The Best Contact Center Indonesia 2019, untuk melaksanakan kegiatan benchmarking ke Malaysia selama 3 hari yang dimulai dari hari Senin 21 Oktober sampai Rabu 23 Oktober 2019. Peserta yang ikut pada kegiatan benchmarking ini berjumlah 44 peserta. Dalam kegiatan benchmarking ini terdapat beberapa agenda kegiatan, di antaranya melakukan kegiatan site visit contact center, mengunjungi berbagai tempat kunjungan wisata, mengunjungi beberapa toko wajib, mengunjungi pusat perbelanjaan dan masih banyak kegiatan lain yang dilakukan peserta benchmarking kali ini di Malaysia. 

Di hari pertama kegiatan benchmarking yaitu pada 21 Oktober 2019 peserta memulai perjalanan dengan berkumpul di bandara International Soekarno Hatta pukul 02:00 am dengan waktu penerbangan menuju bandara Kuala Lumpur International Airport pada 04:25 am. Sambil menunggu waktu penerbangan, peserta mengisi dan menikmati waktu luang untuk berkumpul serta berbincang dengan peserta lain dari berbagai perusahaan hingga perjalanan kegiatan benchmarking menuju Malaysia dimulai.

Setelah tiba di Kuala Lumpur International Airport pukul 07:25 am peserta memulai perjalanan pertama menuju ke King’s Palace yang merupakan Istana Negara atau kediaman resmi untuk kesultanan Malaysia. Di King’s Palace peserta dapat menyaksikan istana dari luar gerbang utama tempat Royal Guard yang mengenakan seragam Melayu putih serta seragam merah Inggris. Royal Guard menjaga gerbang utama dengan menunggangi kuda dan berjalan kaki. Kegiatan selanjutnya peserta berjalan menuju Batu Cave yaitu sebuah bukit kapur yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua yang terletak di Selangor, Malaysia. Di kedua objek wisata tersebut peserta dapat menikmati waktunya untuk berfoto bersama dan berselfie ria hingga pukul 12:00 am.

, Setelah kurang lebih 4 jam mengunjungi 2 objek wisata negara Malaysia peserta melanjutkan kegiatan dengan menikmati makan bersama di ARK Restaurant sambil melepas lelah, penat dan mengisi perut yang hampir kosong. Menikmati makan bersama menghangatkan setiap peserta benchmarking dengan suasana kekeluargaan. Setelah menikmati hidangan yang lezat, pukul 14:00 pm peserta melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi contact center Teledirect Malaysia untuk melakukan kegiatan site visit.

Kunjungan site visit ke Teledirect Malaysia disambut langsung dengan hangat oleh Byron Fernandez seorang Group CIO & Country Director Teledirect Malaysia. Byron juga merupakan dewan juri International lomba The Best Contact Center Indonesia 2019 pada kategori korporat dengan mewakili Contact Centre Association of Malaysia. Dalam site visit kali ini Byron menjadi pembicara dengan membahas perkembangan serta kemajuan teknologi contact center di Teledirect Malaysia. Selain itu, Byron juga mempersilakan peserta benchmarking untuk berkeliling melihat secara langsung kegiatan operasional contact center Teledirect Malaysia. Jam menunjukkan pukul 15:30 pm saatnya peserta melanjutkan perjalanan menuju ke Petronas Twin Tower. Sebelum melanjutkan perjalanan, peserta mengabadikan momen di Teledirect Malaysia dengan berfoto bersama.

Pembawaan materi oleh Byron Fernandez selaku Group CIO & Country Director Teledirect Malaysia

Pukul 16:00 pm waktunya peserta untuk menikmati keindahan Petronas Twin Tower yang merupakan sepasang menara kembar yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004. Di sini peserta menikmati waktu dan mengabadikan momen selama 30 menit dan dilanjutkan dengan kegiatan makan malam bersama di Minmax Restaurant hingga pukul 19:00 pm sebelum mengakhiri perjalanan di hari pertama perjalanan benchmarking ini.

Pada Selasa, 22 Oktober 2019 di hari kedua peserta mengawali kegiatan benchmarking dengan sarapan bersama pukul 08:30 am sebelum menjalankan berbagai macam kunjungan. Tepat pada pukul 10:30 am peserta berkunjung ke Concentrix Malaysia untuk melakukan kegiatan site visit. Di Concentrix Malaysia peserta mendapatkan berbagai informasi dan materi mengenai contact center Concetrix Malaysia. Peserta juga dapat melihat secara langsung kegiatan operasional contact center. Mereka berkeliling kantor mengikuti arahan yang dipandu oleh pihak Concentrix Malaysia hingga pukul 11:30 pm dan kegiatan site visit ini ditutup dengan berfoto bersama.

Masih dengan semangat yang sama, pukul 11:00 am peserta melanjutkan perjalanan dengan melakukan kunjungan wisata menuju ke National Mosque yang merupakan sebuah masjid di Kuala Lumpur yang memiliki kapasitas untuk 15 ribu orang yang terletak di antara kebun seluas 53 ribu meter persegi. Selain mengunjungi National Mosque, peserta juga mengunjungi destinasi Dataran Merdeka dan KL City Gallery hingga pukul 12:00 am dan dilanjutkan dengan istirahat makan siang bersama di Muar Restaurant.

Di Muar Restaurant, peserta bebas menikmati hidangan dengan cita rasa Asia. Dengan kelezatan yang disajikan, peserta merasakan kehangatan Indonesia hadir di restoran ini. Setelah menikmati makan siang bersama peserta melanjutkan kegiatan pada pukul 13:30 pm dengan mengunjungi beberapa toko wajib seperti Chocolate Kingdom, Central Market dan Kasturi Walk. Di Chocolate Kingdom, peserta benchmarking diberikan penjelasan bagaimana proses pembuatan cokelat yang dimulai dari biji kakao lalu diolah menjadi bentuk cokelat. Untuk Central Makret dan Kasturi Walk, peserta diperbolehkan untuk berbelanja hingga waktu menunjukkan pukul 16:30 pm.

Kemudian kegiatan berbelanja dilanjutkan dengan mengunjungi Bukit Bintang yaitu sebuah distrik perbelanjaan dan hiburan di Kuala Lumpur, Malaysia. Di Bukit Bintang ini bagi peserta yang belum puas berbelanja buah tangan, mereka dapat melanjutkan kegiatan berbelanja hingga pukul 19:00 pm. Perjalanan yang luar biasa! kegiatan benchmarking di hari ke dua ini ditutup dengan kegiatan makan malam bersama di So Asia Oriental Buffet sampai jam menunjukkan pukul 20:00 pm. Setelahnya peserta dapat beristirahat melepas lelah di Pasific Express Chinatownn Hotel 3.

Peserta menikmati makan malam bersama di So Asia Oriental Buffet

Masih berlanjut kegiatan benchmarking di hari ke 3 yaitu pada Rabu, 23 Oktober 2019 peserta melanjutkan kegiatan benchmaring dengan mengunjungi Putrajaya tour yang merupakan pusat administrasi Malaysia pada pukul 08:30 am. Di Putrajaya peserta menghabiskan waktunya selama satu jam untuk dapat mengabadikan momen dengan berfoto bersama sebelum akhirnya meninggalkan cerita di negara Malaysia untuk kembali ke tanah air. Pukul 11:30 am waktunya untuk peserta untuk kembali ke Indonesia dengan berkumpul di bandara Kuala Lumpur International Airport.

Foto bersama peserta benchmarking di Putrajaya

Kini perjalanan benchmarking ke Malaysia oleh peserta pemenang Bronze kategori Individual maupun Teamwork dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2019 telah usai. Seluruh peserta tiba kembali di bandara International Soekarno Hatta pada pukul 15:05 pm. Banyak kesan dan pesan yang telah tersampaikan seperti yang Andika Bekti katakan, dalam kegiatan benchmarking ke Malaysia ini sangat memuaskan hanya saja durasi waktunya kurang lama. Sedangkan untuk kesan yang disampaikan oleh Rigar Tabah perjalanan benchmarking ini cukup mantap manja. Banyak dari peserta yang merasa puas  dengan kegitan benchmarking ke Malaysia ini. Semoga di tahun depan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan benchmarking yang diadakan oleh ICCA tentunya dengan melalui ajang The Best Contact Center Indonesia 2020. Salam semangat! (WH)