Bermacam Dukungan yang Menguatkan

Dua peserta yang saling dukung satu sama lain

Serangkaian Lomba The Best Contact Center Indonesia 2019 yang beberapa diantaranya yaitu, Lomba Individual yang dilaksanakan tanggal 29-31 Juli 2019, Lomba Teamwork Keterampilan yang dilaksanakan tanggal 19 Agustus 2019 dan Lomba Teamwork Ketangkasan yang dilaksanakan tanggal 21 Agustus 2019 memberikan cerita perjuangan yang bukan hanya dilakukan oleh peserta lomba. Namun banyak pihak lain yang terlibat dalam perjuangan para peserta. Seperti pihak manajemen perusahaan yang memberikan fasilitas berlatih, transportasi, dan konsumsi kepada peserta.

Ada beberapa perbedaan bentuk dukungan untuk peserta, dimulai dari bentuk dukungan berkelompok hingga bentuk dukungan individual. Saat Lomba Individual yang dilaksanakan di STIA LAN Pejompongan digelar, banyak peserta yang datang dengan tim pendukungnya yang dengan setia menemani dan menyemangati mereka dari pagi hari hingga petang. Ini termasuk dukungan berkelompok yang didapat oleh peserta. Tim pendukung yang datang memiliki tugas masing-masing seperti ada yang menjadi ahli massage mendadak, ada yang menjadi tim stylish hingga ada yang menjadi hipnoterapis untuk peserta. Sisanya, mereka mendukung peserta dengan menyemangati menggunakan yel-yel yang telah dipersiapkan. Sungguh usaha luar biasa yang dikerahkan oleh seluruh pihak untuk turut berpastisipasi langsung dalam kegiatan The Best Contact Center Indonesia 2019 ini.

Bentuk dukungan dari perusahaan yang didapatkan peserta Lomba

Suasana Lomba Individual yang terpantau selama tiga hari berturut-turut tersebut memberikan banyak makna. Semakin mendekati hari terakhir lomba, pendukung semakin banyak yang berdatangan untuk memberikan motivasi kepada para peserta. Ada beberapa peserta yang didatangi oleh sahabat ataupun salah satu rekan kerja terdekatnya dikantor sebagai bentuk dukungan individual. Apapun bentuk dukungan yang didapat oleh peserta Lomba Individual semua itu tidak lain dan tidak bukan untuk memberikan semangat serta motivasi yang lebih besar untuk para peserta.

Dukungan yang diberikan sebelum peserta memulai Lomba

Berbeda dengan Lomba Individual, Lomba Teamwork Keterampilan yang dilaksanakan di Aula Merauke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memiliki suasana pendukung yang terpantau tenang. Memang untuk Lomba Keterampilan ini dibutuhkan suasana yang tenang karena lomba keterampilan ini mengutamakan tingkat kefokusan dan ketelitian yang tinggi. Pendukung yang datang diperkenankan untuk menyanyikan dan memberikan dukungan yel-yelnya hanya pada saat jam pergantian lomba. Tidak banyak memang tim pendukung yang datang pada lomba keterampilan ini. Karena kebanyakan dari peserta Lomba Teamwork Keterampilan hanya didampingi oleh PIC nya masing-masing ataupun Team Leadernya saja. Seperti Esra Ulina salah satu peserta lomba Telesales Team dari PT. Cakra Radha Mustika, Kalbe. Esra Ulina beserta pasangannya Agista Dahliana mengaku bahwa mereka hanya didampingi oleh Team Leadernya yaitu Rahayu Sulistiani tanpa membawa tim pendukung dari Kalbe.

Suasana pendukung pada saat Lomba Teamwork Ketangkasan

Walaupun Esra dan Agista datang tanpa tim pendukung, namun seluruh dukungan penuh perusahaan sudah mereka dapatkan. Mengerti bahwa pada kategori keterampilan ini membutuhkan tingkat ketelitian dan kefokusan yang tinggi, mereka sudah menerima dukungan do’a terlebih dahulu dari rekan-rekannnya yang sedang bertugas tanpa harus mendukungnya datang ke lokasi lomba. Banyak bentuk dukungan yang memang tidak didapatkan secara langsung oleh peserta, namun apapun bentuk dukungan yang diterima sangat berguna untuk peserta.

Pada Lomba Teamwork Ketangkasan yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Bea Cukai, pendukung yang datang memenuhi seluruh bangku tribun. Berbeda dengan Lomba Teamwork Keterampilan, suasana yang tercipta sangatlah ramai. Mereka mendukung peserta dengan membawa perlengkapan pendukung seperti balon tepuk, drum dan banner. Tim pendukung juga dengan sengaja mengenakan pakaian seragam sebagai penanda perusahaan. Mereka memberikan dukungan kepada peserta dengan sorak-sorai dan menyanyikan yel-yel perusahaannya. Sebagian lagi ada yang turun ke lapangan untuk menyemangati peserta secara langsung dengan memberikan makanan dan minuman.

Tim pendukung saat Lomba Teamwork Ketangkasan

Bermacam bentuk dukungan yang diberikan tersebut dapat memberikan semangat yang besar kepada peserta. Entah dukungan dari perusahaan secara langsung ataupun dengan bentuk dukungan lain. Semoga segala bentuk perjuangan dan dukungan akan berbuah manis pada saat malam penghargaan. (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.