Berbincang dengan Robot

Jika Anda pernah menonton film Iron Man, maka Anda pasti mengenal J.A.R.V.I.S. (Just A Rather Very Intelligent System) atau JARVIS atau Jarvis. Jarvis ini adalah tokoh virtual pendukung Tony Stark berupa artificial intelligence (A.I.) yang diciptakan oleh Stark. Sering diperlihatkan adegan kedua tokoh tersebut berbincang, dan bagaimana Jarvis selalu membantu pekerjaan Stark. Apakah Anda pernah berbincang dengan robot semacam ini? Bisa jadi Anda pernah melakukannya tanpa Anda sadari.

Teknologi terus berkembang dan menjadi semakin canggih. Kecanggihan ini dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah robotics di berbagai bidang pekerjaan. Robotics yang dikembangkan hingga saat ini bahkan mampu memberikan pelayanan kepada pelanggan. Bagaimana pelayanan yang diberikan oleh para robot ini? Bagaimana jika pertanyaan dan permintaan yang diberikan oleh pelanggan adalah sesuatu yang kompleks?

Thursday Technology Sharing (TTS) yang diadakan hari ini (9/3) membahas seputar Virtual Assistant atau Chat-bot yang dibawakan oleh Sudibyo, Yasa, dan Rudi dari Selindo Alpha. Mulai dari robotics, virtual assistant, hingga lebih spesifik lagi tentang chat-bot.

Peserta yang hadir hari ini berasal dari sejumlah perusahaan antara lain dari Indosat Ooredoo, AstraWorld, BNI Life Insurance, BRI Syariah, Tiket.com, Kereta Api Indonesia, Datascrip, Biznet, serta Bank Mandiri. Sharing tentang perangkat pendukung teknologi juga disampaikan oleh Vina dari Astrindo (Sennheiser Indonesia). (MZ)