Berani Karena Percaya Diri

Kompetisi Individual

Indonesia Contact Center Asociation (ICCA) kembali menggelar ajang bergengsi tahunan The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016. Tanggal 25 – 28 Juli 2016 telah dilaksanakan presentasi peserta untuk kompetisi kategori korporate di Hotel Intercontinental Mid Plaza Jakarta. Sedangkan untuk Jadwal Kompetisi individual tahun ini diselenggarakan di Kalbis Institut Pulomas Jakarta Timur, dimulai tanggal 1 Agustus – 4 Agustus 2016. Katogori yang di perlombakan diantaranya Trainer, IT Support, Desk Control, QA, BTB Support, BTB Trainer, BTB Manager, Sosmed, Team Leader, SPV, BTB TL, BTB SPV, Manager, Agent Premium, Agent, Agent Publik, BO, BTB BO & QA, Back Office, CS, Leader CS, English, Telemarketing, dan Telesales. Jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini mencapai ratusan dari berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia. Diantaranya adalah PT. Telekomunikasi Indonesia, Bank Central Asia, Bank Mandiri, Indosat Ooredo, JNE, Perusahaan Gas Negara, Pajak dan berapa perusahaan lainnya.

Proses Seleksi kelompok Individual

Sebelum sampai di tahapan Presentasi, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh seluruh peserta individual dimulai dari pendaftaran, pelaksanaan ujian seleksi tertulis, pengiriman materi presentasi, dan sampailah pada tahap penentuan yaitu presentasi. Tahapan ini pula yang menentukan peserta untuk menjadi Terbaik diantara yang baik. Penjurian dilakukan oleh praktisi contact center dan akademi agar adanya keseimbangan antara teori dan praktek. Penjurian terdiri dari minimum 5 juri untuk setiap ruangan, juri akademisi berasal Dosen beberapa universitas terkemuka diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, Binus, Trisakti dan beberapa universitas lainnya di Jakarta.

Peserta Individual

Cepy rukmana adalah salah satu peserta individual dari PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Pria yang mengaku masih single ini berkompetisi dalam kategori IT Support. Hari ini, adalah hari pertama diadakannya Presentsi individual dan cepy mendapatkan kesempatan untuk Presentasi di depan para juri pada pukul 09.30 pagi di ruangan nomor 2. Tidak terlihat raut wajah gugup, dia menyapa ramah semua rekan yang datang mendukung pagi itu.

ICCA_CeppySebelum Kompetisi dimulai setiap peserta melalui proses pembekalan, begitupula dengan Cepy. Dia mengatakan tantanngan terbesar yang dia hadapi sejak proses pembekalan adalah jarak dan waktu, dikarnakan lokasi pembekalan dan tempat tinggal yang berbeda kota. Pembekalan dilakukan di Jakarta sedangkan tempat tinggalnya berada di kota Bogor. selain itu ia tergolong masih baru dalam bidang It support, sehingga memerlukan lebih banyak lagi mempelajari dan menggali tentang bidang yang ia geluti dari senior-seniornya. Juga dengan lebih banyak mengobservasi aplikasi-aplikasi di unit telkom lainnya, hal itu dapat menjadi pembelajaran bagi diri sendiri maupun bagi teamnya. Untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri, pria yang sangat menyukai Vespa ini juga rutin mengikuti training software dan hardware, juga mengikuti seminar IT. Hasilnya, ia berhasil mencapai pencapaian kinerja yang sudah di tentukan oleh perusahaan, bahkan target Time To Recovery dari perusahaan yang seharunya 2 jam, ia mampu mencapainya hanya dalam waktu 1 jam saja.

Mengikuti kompetisi ini, selain bertujuan untuk menjadi yang terbaik diantara yang baik, ia juga ingin berbagi pengetahuan dan berbagi pengalaman dari perusahaan dimana ia bekerja dan dari bidang yang ia geluti kepada para juri dan semua teman-teman baru yang bertemu di kompetisi The Best Contact Center Indonesia 2016 ini.

Billy Cox adalah salah satu orang yang menginspirasinya, billy cox adalah paraktisi IT yang lahir di Denmark. Satu kalimat dari Billy Cox yang ia teladani adalah, “Teknologi seharusnya dapat meningkatkan kehidupan, bukan menjadi kehidupan kita.”