Benchmarking to Thailand 4D

Foto bersama peserta benchmarking to Thailand 4D

Setelah menyelenggarakan kegiatan benchmarking ke Singapore yang diperuntukkan bagi pemenang silver untuk kategori Lomba Teamwork pada 8 sampai 10 Oktober 2019 lalu, kini Indonesia Contact Center Association (ICCA) kembali menyelenggarakan Benchmarking sesi 2 dengan negara tujuan Thailand selama 4 hari 3 malam pada Sabtu 12 Oktober hingga Selasa 15 Oktober 2019. Benchmarking kali ini adalah sebuah penghargaan yang diperuntukkan bagi para pemenang Gold untuk kategori lomba Individual dan pemenang Platinum untuk kategori lomba Teamwork.

Kegiatan benchmarking kali ini diikuti oleh 71 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan yang memenangkan lomba di ajang The Best Contact Center Indonesia 2019. Hari pertama kegiatan benchmarking menuju Thailand ini dimulai pada 12 Oktober 2019. Seluruh peserta berkumpul di bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 04:00-06:00 am dan melakukan perjalanan menuju Don Mueang Airport, Bangkok pada 07:10 am.

Seluruh peserta berkumpul di bandara Internasional Soekarno Hatta

Dengan waktu penerbangan yang memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan, seluruh peserta tiba di Don Mueang Airport pukul 10:40 am. Selanjutnya, seluruh peserta melaksanakan makan siang bersama di The Bridge Restaurant Amari Don Muang Hotel. Setelah melepas lelah dan mengisi energi, peserta melanjutkan perjalanan selanjutnya menuju Pattaya yang memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Disana peserta bersuka ria berfoto dengan latar belakang Laser Buddha yang merupakan gambar sang Buddha berukuran besar.

Setelah puas berfoto dengan latar belakang Lasser Buddha, tujuan wisata yang selanjutnya dikunjungi adalah Nong Nooch Village pada pukul 17:00 pm untuk menonton Thai Cultural and Elephant Show dan sebagai penutup kegiatan benchmarking di hari pertama pada pukul 20:00 pm, peserta melanjutkan tour wisata dengan menyaksikan Alcazar Cabaret Show Pattaya.

Hari silih berganti, pada Minggu 13 Oktober 2019 tepat di hari ke dua kegiatan benchmarking pukul 07:30 am seluruh peserta berkumpul melaksanakan sarapan bersama sebelum melanjutkan beberapa aktivitas ke depan. Setelah melakukan sarapan bersama, peserta melakukan perjalanan site visit menuju Roojai.

Dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam, peserta tiba di Roojai pukul 08:30 am. Kegiatan site visit ini dimulai dengan penyampaian kata sambutan dan selamat datang yang disampaikan oleh Nicolas Faquet selaku CEO Roojai Co, Ltd. Dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan serta ucapan terima kasih dan pemberian plakat kepada pihak Roojai yang telah menyambut peserta dengan sambutan hangat yang disampaikan oleh Andi Anugrah selaku ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA).

Penyerahan plakat oleh Andi Anugrah kepada Nicolas Faquet

Setelah sesi penyampaian kata sambutan usai, acara dilanjutkan dengan pertunjukan tari tradisional Thailand yang dipersembahkan oleh pihak Roojai. Pertunjukkan tari yang disuguhkan sungguh memukau, dengan melihat keindahan budaya lokal peserta merasa sangat terkesan. Acara site visit ini dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dibawakan oleh Yuen Shan Gratiano, Head of Roojai Contact Center dengan memperkenalkan aplikasi mobile phone yang baru saja mereka rilis dengan nama “Roojai Mobile” dan aplikasi tersebut diciptakan untuk mempermudah klaim asurasi terhadap kendaraan nasabahnya. Kegiatan site visit ini sungguh memberikah kesan yang luar biasa, banyak peserta yang dengan antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh pihak Roojai untuk kemudian dilakukan pembenahan kepada perusahaan dan kinerjanya agar dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih.

Foto bersama penari tradisional Thailand yang dipersembahkan oleh Roojai Co, Ltd

Selepas kegiatan site visit, para peserta melanjutkan perjalanan menuju Bangkok pada pukul 10:30 am untuk melakukan makan siang bersama dan mengunjungi beberapa toko yang wajib dikunjungi apabila berkunjung ke Negara Gajah Putih ini seperti mengunjungi Honey Shop yaitu toko yang menjual berbagai macam produk dengan menggunakan bahan dasar madu. Selain Honey Shop, toko yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Chocolate Shop, Herb Shop dan Dried Food Shop.

Dengan berkeliling kesana dan kemari, membuat isi perut sudah tidak lagi tersisa. Berjalan ke beberapa toko yang wajib dikunjungi justru membuat perut semakin memainkan musiknya. Usai mengunjungi beberapa toko, inilah hal yang ditunggu-tunggu peserta yaitu menuju ke Royal Dragon untuk menikmati makan malam bersama. Belum selesai di sesi makan malam ini, peserta masih melanjutkan berbelanja ke Asiatique Night Market pada pukul 20:00 pm untuk mengakhiri hari di kegiatan benchmarking hari ke dua.

Masih belum puas berbelanja di hari sebelumnya, kini pukul 08:00 am di hari ke tiga walaupun kota Bangkok dihampiri hujan yang deras, peserta benchmarking tetap bersemangat untuk mengunjungi beberapa toko wajib selanjutnya yaitu Leather Shop (toko yang menjual bermacam produk yang menggunakan bahan dasar dari kulit asli) dan Gems Gallery (toko  yang menjual perhiasan dengan berbagai macam batu permata yang cantik). Dilanjutkan dengan kegiatan berbelanja ke Platinum Mall yaitu tempat yang dikenal dengan surganya fashion dan accessories.

Usai berbelanja, kegiatan benchmarking dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa lokasi wisata seperti mengunjungi Grand Palace atau yang biasa disebut dengan istana raja yang merupakan kompleks bangunan di Jantung kota Bangkok, Thailand. Tidak jauh dari lokasi Grand Palace, peserta kemudian menuju ke Chao Phraya River dengan menggunakan boat untuk menyebrangi sungai dengan mengunjungi Wat Arun atau Candi Buddha.

Ada yang berbeda pada malam hari ke tiga yaitu setelah lelah melakukan perjalanan wisata dan berbelanja, peserta benchmarking melakukan makan malam di White Orchid Cruise, sebuah kapal pesiar dengan buffet. Yang membuat spesial adalah peserta makan malam bersama dengan menikmati suasana kapal yang mengelilingi Chao Praya River dan diiringi oleh live music performance. Setelah menikmati makan malam spesial, pukul 21:30 pm peserta meyukupi kegiatan di hari ke tiga dengan kembali menuju penginapan untuk beristirahat.

Makan malam bersama di White Orchid Cruise

Selanjutnya di hari ke empat kegiatan benchmarking pada Selasa 15 Oktober 2019 pukul 06:00 am peserta melaksanakan sarapan bersama. Pada kegiatan sarapan ini, peserta berbagi kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan benchmarking di Thailand dengan mengisi form yang telah disediakan. Sebagian besar peserta merasa sangat puas dengan kegiatan benchmarking yang diadakan ini dimulai dari penyusunan agenda, kegiatan site visit ke Roojai Co, Ltd, wisata yang dikunjungi, dan fasilitas pelayanan yang diberikan.

Setelah mengisi form, peserta bersiap kembali ke Jakarta dengan menuju ke bandara Don Mueang Airport pada pukul 07:00 am. Ya! Setelah puas dengan kegiatan benchmarking waktunya untuk kembali ke Jakarta. Dan sampailah kembali di tanah air tercinta yaitu Indonesia, seluruh peserta benchmarking mendarat di bandara Internasional Soekarno Hatta pada 14:55 pm. Selamat dan sukses untuk seluruh benchmarking, sampai bertemu kembali di kesempatan berikutnya. (WH)