Benchmarking to Thailand 3D

Foto bersama peserta benchmarking to Thailand 3D

Selain menyelenggarakan kegiatan benchmarking ke Thailand selama 4 hari 3 malam yang diperuntukkan bagi pemenang Gold kategori Individual dan pemenang Platinum kategori Teamwork, Indonesia Contact Center Association (ICCA) juga menyelenggarakan kegiatan benchmarking ke Thailand selama 3 hari 2 malam. Benchmarking to Thailand 3D ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh ICCA untuk para pemenang Silver kategori Individual dan pemenang Gold kategori Teamwork.

Benchmarking kali ini diselenggarakan pada 14 sampai 16 Oktober 2019 dan diikuti oleh 70 peserta pemenang Gold kategori Individual dan pemenang Platinum kategori Teamwork. Pada hari pertama yaitu Senin, 14 Oktober 2019 seluruh peserta berkumpul bersama di Bandara Internasional Soekarno Hatta pukul 04:00 – 06:00 am. Kali ini perjalanan menuju bandara Don Mueang Airport, Bangkok dimulai pukul 07:10.

Peserta tiba di bandara Don Mueang Airport, Thailand

Perjalanan benchmarking ini adalah perjalanan yang setiap tahunnya dinanti oleh seluruh peserta lomba The Best Contact Center Indonesia. Setelah melalui perjalanan udara selama kurang lebih 3 jam perjalanan, seluruh peserta tiba di bandara Don Mueang Airport, Bangkok pukul 12:00 pm. Dan sebagai acara pembuka pada benchmarking kali ini, peserta diajak berkeliling melakukan kegiatan kunjungan ke beberapa tempat wisata dan toko wajib seperti Honey Shop yaitu toko yang menjual berbagai macam produk dengan menggunakan bahan dasar madu.

Peserta mengunjungi toko wajib (Honey Shop)

Mengunjungi toko wajib Honey Shop merupakan kunjungan pertama peserta. Di Honey Shop ini peserta dijelaskan mengenai asal mula pembuatan madu, macam-macam produk yang diproduksi oleh Honey Shop dan manfaat dari masing-masing produk tersebut. Setelahnya, pada pukul 15:00 pm peserta melakukan perjalanan menuju Grand Palace yaitu kompleks istana yang terdiri dari banyak bangunan megah dengan ornamen penuh keemasan. Di Grand Palace ini peserta dapat berfoto bebas dengan menggunakan latar belakang Grand Palace.

Peserta berfoto bersama dengan menggunakan latar belakang Grand Palace

Kunjungan berikutnya adalah menuju Wat Arun pada pukul 16:00 pm. Wat Arun adalah sebuah kuil yang menjadi ikon Bangkok dan berada di tepi sungai Chao Phraya. Untuk dapat sampai ke Wat Arun, peserta harus menyebrangi sungai Chao Phraya terlebih dahulu dengan menggunakan perahu. Setelah menikmati kuil indah dengan ornamen keramik China di Wat Arun, peserta kembali ke pelabuhan untuk melakukan makan malam bersama sebagai penutup kegiatan benchmarking di hari pertama.

Tidak ada kata lelah, setelah melewati berbagai aktivitas kunjungan pada Senin lalu, kini di hari ke dua yaitu pada Selasa 15 Oktober 2019 pukul 10:00 am peserta dengan semangat melakukan perjalanan menuju ke DHL Express International (Thailand) yang beralamat di Chamchuri Square Building Floor 22 and 23. Di sini peserta melakukan kegiatan site visit dan disambut dengan ramah oleh Pimprapa Rawephatsopon, seorang Senior Director – Customer Services dari DHL Express. Selama kurang lebih 2 jam melakukan kegiatan site vist peserta melanjutkan perjalanan ke Canal Restaurant at Nuovo City Hotel untuk makan siang.

Peserta melakukan kegiatan site visit ke DHL Express International (Thailand)

Setelah dirasa cukup untuk mengisi energi, peserta melanjutkan perjalanan kembali pukul 13.30 menuju ke Reclining Budha (Budha setengah Tidur). Kuil Reclining Budha atau Wat Pho ini merupakan kompleks kuil tertua dan terbesar di Bangkok, dan letaknya berada tepat di sebelah selatan Grand Palace. Di tempat ini peserta dapat mengabadikan momen bersama, ada yang berselfie ria dan ada pula yang bercanda tawa menikmati keindahan kota Bangkok.

Pukul 15.15 perjalanan dilanjutkan melakukan kunjungan dengan mengunjungi toko wajib Gems Gallery yaitu toko wajib yang menjual berbagai macam pehiasan yang dihiasi dengan beraneka batu permata yang cantik. Di Gems Gallery peserta mendapatkan berbagai macam informasi mengenai perhiasan, peserta juga dapat berbelanja perhiasan cantik dan mewah di sini.

Ternyata selain ke toko wajib, kunjungan selanjutnya yang menjadi agenda peserta benchmarking kali ini adalah berbelanja sepuasnya ke Platinum Mall dan Asiatique Night Market. Peserta dapat menikmati waktu bebasnya untuk berbelanja barang-barang yang diinginkan dan yang akan dijadikan sebagai buah tangan. Gemerlapnya suasana Asiatique Night Market di Thailand menyisakan cerita canda dan tawa peserta. Hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 22:00 pm saatnya peserta untuk mengakhiri kegiatannya di hari ke dua dan kembali menuju hotel untuk beristirahat mempersiapkan tubuh untuk beraktivitas di hari selanjutnya.

Mengunjungi tempat perbelanjaan di Asiatique Night Market

Di hari ke tiga pada Rabu, 16 Oktober 2019 masih dengan semangat yang tinggi, walaupun kegiatan benchmarking kali ini hampir berakhir, seluruh peserta masih melanjutkan kegiatan kunjungan ke toko wajib yaitu menuju ke Herb Shop. Di Herb Shop seluruh peserta mendapatkan penjelasan mengenai bermacam-macam produksi minyak dan obat beserta khasiatnya. Selanjutnya peserta melanjutkan perjalanannya menuju ke Drief Food yang merupakan tempat pusat oleh-oleh khas negaraThailand.

Hari semakin siang, waktunya peserta untuk makan siang bersama di Restaurant Picnic Hotel dan berbagi kesan dan pesannya sebelum melanjutkan aktivitas untuk kembali ke tanah air Indonesia. Waktu menunjukkan pukul 13:00 pm menandakan bahwa peserta sudah harus berkumpul kembali di bandara Don Mueang Airport, Thailand untuk menuju ke Indonesia. Kegiatan benchmarking yang diperuntukkan bagi para pemenang Gold kategori Individual dan Silver kategori Teamwork tahun ini berjalan dengan lancar. Selamat untuk para peserta benchmarking kali ini, dan sampai berjumpa kembali di tahun berikutnya. (WH)