Belajar, Berlatih Dan Berbagi Bersama Pemenang Silver The Best Telemarketing Pada Kegiatan Winner Sharing.

Winda Widyastuti pemenang Silver Kategori The Best Telemarketing dari AXA Financial Indonesia

Berawal dari ketidak-tertarikan Winda Widyastuti seorang agent telemarketing dari AXA Financial Indonesia untuk mengikuti The Best Contact Center Indonesia, kini Winda berhasil meraih penghargaan medali silver dan membawanya pergi ke Thailand pada ajang TBCCI 2019. Dan bermula untuk menggantikan seorang temannya yang terpaksa mengundurkan diri karena sedang hamil dan tidak diizinkan oleh suaminya, Winda berinisiatif untuk maju dan memberanikan diri mengikuti kompetisi ini. 

Saat pertama mengikuti kompetisi ini, Winda merasa terkejut karena banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mengikuti kompetisi ini dan menurutnya TBCCI merupakan kompetisi yang sangat besar. Hal tersebut membuatnya lebih bersemangat karena terpacu oleh banyaknya persahaan-perusahaan besar yang mengikuti kompetisi TBCCI ini. Sebelum terjun langsung untuk mengikuti lomba, Winda diberikan pembekalan terlebih dahulu yang diadakan langsung oleh ICCA, dimana pada pembekalan tersebut Winda langsung melakukan roleplay dan melakukan sesi tanya jawab.

Pada pembekalan tersebut juga diberikan materi serta berlatih dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Semuanya diceritakan oleh Winda sekaligus memberikan tips kepada 22 orang peserta yang mengikuti kegiatan Winner Sharing pada tanggal 15 November 2019 lalu di Graha Seti Tebet, Jakarta Selatan. Dalam pembekalan yang diadakan sebelum hari H, untuk mengikuti test tertulis dan lomba presentasi, seluruh kategori yang mengikuti kompetisi ini diikutsertakan dari mulai kategori Agent Inbound, Agent Outbound, Agent English, Desk Control dan seluruh kategori individual yang semuanya menjadi satu di aula yang sangat besar untuk mengikuti pembekalan sebelum lomba.

Winda sedang melakukan sesi sharing dengan para peserta yang hadir

Tips yang diberikan oleh Winda dari hal tersebut mengharuskannya untuk tetap fokus pada kategori apa yang diikuti karena materi yang diberikan adalah untuk semua kategori sehingga harus membuat summary atau rangkuman agar memudahkan juga untuk mengingat kembali pembekalan yang telah diberikan dan menurut Winda juga harus enjoy dan menikmati tempat yang disediakan dengan suasana nyaman dan sejuk. Menjadi seorang yang bekerja dibidang call center menurutnya adalah manusia setengah dewa, dimana orang tersebut memiliki kepribadian yang ramah-ramah, sehingga pada saat bertemu banyak orang dalam ajang ini memberikan banyak networking dan dapat bertukar informasi satu sama lain.

Pada kegiatan winner sharing ini, Winda juga memberikan banyak tips seputar bagaimana cara menghadapi ujian test tertulis, cara presentasi dan cara menjawab pertanyaan Fishbowl dan untuk tips dan trik tersebut selengkapnya juga dapat diakses melalui link https://youtu.be/AvQW5GAXVFI. Hal tersebut dapat memberikan banyak referensi terutama pada peserta yang akan mengikuti kompetisi TBCCI ini di tahun 2020 mendatang. 

Kegiata Winner Sharing ini tidak hanya sesi Sharing saja yang diberikan oleh pembicara, tak jarang ada beberapa dari peserta yang ingin berdiskusi juga sharing mengenai pengalamannya dan para peserta juga diberikan kesempatan pada sesi tanya jawab, serta ada hal yang unik pada sesi tanya jawab tersebut, yaitu Winda memberikan permen dan hadiah bagi peserta yang mengajukan pertanyaan. Antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan Winner Sharing ini juga sangat terlihat dari aktifnya peserta yang bertanya, seperti salah satu dari peserta berikut ini, “Bagaimana sih caranya mempertahankan penghargaan yang selama ini sudah di capai, karena kan kita pada masanya naik ada juga masanya turun, aku sih maksudnya pengen tau sharing dari mbak Winda sendiri cara mempertahankannya gimana?”  tanya peserta.

“Jadi gini cara saya mempertahankan untuk bisa tetap stabil istilahnya, tidak naik maupun tidak turun ditengah. Itu saya banget, kadang saya kalau udah ada dibawah saya gak mau. Jadi saya tuh orangnya money oriented, saya harus tetap semangat dan mungkin banyak impian-impian saya tulis ingin beli apa… beli apa… beli apa… seperti itu. Jadi kalau ada yang kira-kira belum tercapai terus kondisi pekerjaan mulai menurun, saya akan semangat dan saya akan ingat di impian saya. Winda belum tercapai impiannya nih jadi jangan kendor gitu jadi buat impian… impian… impian… supaya kita jadi lebih semangat lagi, ketika mulai menurun ingat kita belum apa-apa Winda, seperti itu dan itu yang saya lakukan buat impian agar kita lebih bersemangat” jawab Winda sebagai pembicara. 

Setiap orang pasti memiliki mimpi, target atau tujuan hidup yang ingin dicapai maka kita harus melakukan sesuatu untuk mewujudkan mimpi tersebut. Lakukan saja sesuai kata hati dan tujuannya tanpa harus diburu waktu. Suatu saat apa yang kita impikan akan memberikan hasil yang membuat bahagia berkat kerja keras yang selama ini dijalani. Karena seperti kata pepatah bahwa kerja keras tidak akan mungkin menghianati hasil. Hal ini juga mungkin baik untuk peserta yang akan mengikuti lomba TBCCI pada 2020 mendatang bahwa jangan berhenti bermimpi, teruslah mencoba dan tetap semangat untuk mencapai impiannya. (TN)