Alyah Amalia
BCA- The Last day (10/8). Berakhirnya sesi teamwork menandakan berakhirnya rangkaian lomba TBCCI 2016. Namun terlepas dari lomba, acara “Beat the Schedule” terlihat lebih menarik. Hanya 2 menit bisa mendapatkan Rp 1.000.000,- dan Rp 500.000,- persembahan dari Telepoti.
Teleopti? Sebenarnya Teleopti sendiri merupakan platinum sponsor acara ini, perusahaan yang bergerak dalam dunia contact center. Teleopti menghadirkan suatu fasilitas aplikasi kepada perusahaan untuk memudahkan mengatur penjadwalan dan monitoring yang canggih tanpa harus melakukan investasi yang cukup besar. Hal ini mereka contohkan dengan mengadakan permainan “Beat the Schedule”. Setiap perusahaan dan semua yang hadir bisa mengikuti dan mencoba permainannya. Para peserta diberi waktu 2 menit untuk mengubah jam “break and lunch” para agent sebanyak 3 kali, kemudian 2 peserta peraih Service Level tertinggi akan mendapatkan hadiah uang tunai tersebut. Terlihat begitu sederhana, begitulah Teleopti menggambarkan aplikasinya. Antusias peserta pun terbukti, sehingga ada yang mencobanya lebih dari 1 kali. Sedikit selingan diantara kepenatan para peserta setelah melalui perlombaan.
Kembali kepada rangkaian lomba terakhir TBCCI 2016. Hari ini ada dua kategori, yaitu Reporting dan Scheduling. Kategori Reporting adalah lomba menyusun penilaian pencapaian kinerja Agent dan Contact Center dalam mengolah dan menganalisa data sesuai dengan data laporan yang diberikan. Perlombaan berjalan cukup serius, dimana masing-masing peserta bertanding berkelompok. Berbekal notebook dan jug alat tulis yang sudah disedikan panitiamereka bersaing secara sehat. Hingga tiba saatnya pengumuman pemenang untuk kategori Reporting diakhir sesi pertama perlombaan. Peringakat pertama dimenangkan oleh Bank DBS disusul diperingkat dua dari Telekomunikasi Indonesia dan diperingkat ketiga diduduki oleh Astra Honda Motor dan Bank Central Asia di urutan keempat.
Setelah makan siang pun dilanjutkan dengan sesi kedua. Yaitu untuk kategori Scheduling. Scheduling adalah lomba melakukan forecasting dan menyusun jadwal kerja sesuai dengan data dan kondisi yang diberikan. Dalam tiap kelompok terdiri dari tiga peserta perwakilan dari masing-masing perusahaan. Ada tujuh kelompok yang mengikuti perlombaan ini. Terlihat mereka begitu konsentrasi mengerjakan soal yang diberikan oleh panitia. Semua tampak sunyi berkutat dengan pemikiran masing-masing. Tampak panitia mengawasi jalannya perlombaan. Dua jam lebih sesi ini berlangsung. Dan sekitar pukul empat sore satu per satu peserta mulai meninggalkan ruangan. Tampak kelegaan terpancar di wajah mereka. Tinggal menunggu hasil dari perjuangan dalam perlombaan ini.
Akhirnya tiba saatnya panitia untuk mengumumkan pemenang dari kategori Scheduling. Peringkat pertama dimenangkan oleh Bank Mandiri dengan perolehan poin 77,28, disususl di urutan kedua dari Kring Pajak dengan poin 73,00 dan diurutan ketiga dari Astra Honda Motor dengan perolehan poin 71,96 dan ada Astra Kredit dengan poin 65,35 di urutan keempat.
Sedikit berbincang dengan Bapak Andi Anugrah selaku ketua penyelenggara dari ICCA untuk TBCCI 2016 setelah selesai dari acara “Kelihatannya sih tidak ada kendala yang berarti namun memang pesertanya baru sedikit karena memang baru pertama kali diadakan untuk kategori ini dan kita akan review nanti apakah lomba-lomba ini akan diadakan lagi nanti, dan saya berharap ini bisa memotivasi, ini adalah milik kita dan kita melakukan yang terbaik apapun kendalanya dihadapi. Saya kira mari kita bersaing dengan sehat dan saya senang sekali di acara ini mereka sudah melakukannya dengan baik untuk dunia contact center”.
Inilah akhir dari rangkaian TBCCI 2016 yang sudah diselenggarakan. Dimana banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari acara ini. Kerja keras, perjuangan dan saling berbagi dalam kompetisi sangatlah berharga untuk dipetik. Dalam kompetisi persaingan itu pasti namun menjadi pejuang yang saling menghargai dan berbagi itu lebih berarti.
You must be logged in to post a comment.