Published on 9 July 2018

Amazing Sarulah

Words by:
avatar

ICCA Indonesia

Amazing Sarulah

(Customer Service – BCA)

Ajang The Best Contact Center Indonesia, bukan lah ajang baru bagi Sarulah, Lajang kelahiran Tarakan berusia 29 tahun ini sudah mengikuti Ajang bergengsi bagi insan contact center di tahun 2016 & 2017 di kompetisi talent dancing, namun untuk Tahun 2018 ini, Alung (sapaan sehari – hari di lingkungan BCA) mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia di kompetisi Individu Customer Service.

Ajang kali ini Alung sangat tertantang, berbagai tahapan dipersiapkan dengan matang, “berbeda tahapan persiapan lomba talent dancing dengan lomba Individu Customer Service ini, tahun ini saya merasa sangat tertantang, persiapan yang sangat intens, dari tahapan persiapan lomba test tertulis yang memberi wawasan & pengetahuan baru, hingga tahapan persiapan presentasi yang sangat menyita segenap perhatian, fokus juga waktu”, Alung pun jujur berujar ” saat mudik lebaran pun teringat dateline 21 Juni 2018 materi presentasinya yang harus jadi, agar bisa dilatih teknik presentasinya.

Bagi Sarulah yang juga aktif di team Dancing Halo BCA, Lomba tahun ini juga pembuktian bahwa seorang Dancer di Halo BCA juga memiliki kemampuan di ajang Individu ini, dalam masa persiapan Alung sangat “jor-joran” agar mendapatkan hasil yang maksimal, terbukti berbagai pengorbanan yang Alung berikan mampu dibuktikan dengan hasil yang cukup baik di test tertulis.

Saat bekerja Alung terbiasa menghadapi komplain dari konsumen, Alung memasukkan pengalaman – pengalaman nyata ke dalam slide presentasi yang ia buat, Alung sadar saat melayani nasabah harus dijalankan dengan profesional, jadi masa persiapan lomba jangan sampai mengorbankan pelayan kepada konsumen, Alung berbagi tips tentang persiapan melayani konsumen, satu tips yang sangat efektif & praktis adalah : “Magic Touch” yaitu tahapan relaksasi dan massage wajah agar terlihat cerah dan cheerfull, tips itu pun dishare kepada rekan kerja, dan tips itu sangat membantu penampilan Sarulah sebagai penampil pertama di kategori Customer Service, terbukti saat ditanyakan kepada dewan juri tentang sosok Alung dewan juri sepakat memberikan komentar “Amazing & Excellent” tentang sosok Alung, membuka presentasi dengan menampilkan teatrikal topeng, Alung berhasil memikat dewan juri.

Bapak Ronny Machmud dari PT. Bhinneka Life Indonesia memberi komentar sebagai berikut untuk penampilan Alung :”Konsep penampilan bagus, penampilan presentasi, materi sangat menarik, dari tiga hari menjadi juri, penampilan Mas Sarulah OK dan menarik perhatian saya”

Bapak Ronny (Bhinneka Life)

Ada juga masukan dari Bapak Victor A Simanjuntak, S.SOS Dosen dari Universitas Jayabaya fakultas Ilmu komunikasi untuk Presentasi Alung : lebih tenang,lugas & jelas jangan terburu – buru.

Bapak Victor A Simanjuntak (Dosen Universitas Jayabaya)

Sarulah sangat sadar bahwa penampilan membawakan presentasi sangat penting,dia menyadari bahwa di materi presentasi yang akan dibawakan oleh peserta lainnya pasti banyak memiliki kesamaan ide atau tema, jadi dia banyak menceritakan pengalaman unik dan nyata yang dialaminya dan membawakannya dalam aksi teatrikal topengnya.

di dalam slide presentasinya, Alung juga mengangkat keberhasilannya meraih seluruh target KPI yang telah di raihnya, ada 4 KPI yang harus ia penuhi selama bertugas sebagai customer service di Halo BCA yaitu : attendance, fatal error, accuracy dan customer satisfaction, dan di tahun 2017 Alung berhasil meraih angka 100 di semua KPI tersebut…Woow Amazing….

Motivasi yang ingin Sarulah wujudkan adalah menjadi “Role Model”, dan ini menjadi bagian penting dalam Slide Presentasinya, Alung sangat menyakini dia bisa melayani nasabah dengan baik dan mencetak prestasi yang membanggakan bagi diri sendiri dan Perusahaan, jika ia bisa, Alung yakin rekan- rekan customer service akan semakin terpacu dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah dan berprestasi bagi Perusahaan. dan ini akan menjadikan BCA sebagai Bank Pilihan Masyarakat Indonesia.

3 hal kreatifitas yang dilakukan dalam pekerjaan sebagai customer service yang menjadi pertanyaan fishbowl penutup presentasinya, Alung menjawab dengan lugas : belajar, berlatih dan berbagi, simpel namun berdasar pengalamannya selama ini 3 hal tersebut sangat – sangat membantu dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada nasabah.

Alung sangat yakin tidak ada usaha yang sia -sia, Doa sudah dipanjatkan, support dari keluarga dari rekan -rekan sudah diwujudkan dengan usaha maskimal, hasil berserah kepada keputusan tuhan, prinsip hidup yang simpel namun dalam serta sangat menginspirasi…Amazing Saarullah.

Alung in action

BAF-TBCCI 2018 (Visionary,Reliable,Accessible)

Go Platinum Alung! senang mengenal Anda šŸ™‚
%d bloggers like this: