Published on 18 January 2023

Alon-Alon Waton Klakon, Bersama Wonder Agent dan The Magic of Arrow

Words by:
avatar

Annisa Nur Fauzi

18 Januari 2023 – Winner Sharing bersama tiga pemenang Platinum TBCCI 2022 telah selesai diselenggarakan. Acara pagi ini diawali oleh pembicara pertama dari PT PLN Persero, yakni Aldy Siswanto. Aldy merupakan pemenang Platinum The Best Agent Outbound TBCCI 2022. Pada kesempatan ini, Aldy memaparkan materi dengan tema, “The Magic of Arrow.” Layaknya sebuah busur panah, Aldy memiliki tiga tugas dan tanggung jawab yang ia implementasikan berdasarkan bagian-bagian dari busur. Tugas tersebut, yaitu Limbs (selalu representative dalam menyampaikan informasi), Handle Section (make a deal dengan para prospek yang dihubungi), dan Nock (menjaga hubungan dengan pelanggan).

Selanjutnya, Aldi juga memiliki beberapa kreativitas untuk menunjang pekerjaannya sebagai Agent Telemarketer. Kreativitas tersebut ia namakan seperti jenis-jenis panah, di antaranya Type of Wood, Type of Browstring, dan Type of Fleaching. Lalu, ia juga berbagi tentang standar kompetensi yang harus dimiliki oleh Telesales, serta beberapa tantangan yang dihadapi. Di akhir, Aldy juga membagikan kiat-kiat untuk menjadi pemenang TBCCI, di antaranya Excellent mindset, Learn by Experience, serta Keep practice. “Seperti kata pepatah, percayalah bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha,” tutup Aldy.

Dilanjutkan dengan pembicara kedua, yaitu Lita Rahmawati. Ia merupakan pemenang Platinum The Best Agent English dari Bank Central Asia. Perempuan yang lahir di Banyumas, Jawa Tengah ini mengawali sesinya dengan penjelasan singkat seputar bagaimana isi dari presentasinya saat lomba tahun lalu, serta skema dari perlombaan TBCCI 2022. Berikutnya, Lita memaparkan tugas dan tanggung jawab yang ia jalani, seperti memenuhi kebutuhan nasabah, memberikan solusi, serta membuat laporan. Supaya tugasnya tersebut dapat terlaksana dengan baik, ia memiliki beberapa kompetensi yang mumpuni, di antaranya attention to detail, analytical thinking, dan team player.

Sebagai seorang Wonder Agent, salah satu kreativitas yang ia lakukan dalam menangani case-case pelayanan, yaitu memiliki Hero’s Mindset. Lita harus memiliki pola pikir sebagai seorang hero dan selalu membantu apa pun permasalahan yang dihadapi oleh nasabah BCA. Selain itu, ia juga memilki kreativitas lainnya, yaitu Detection, Finding, dan The Fuca Target. Lalu, sebelum sesinya, Lita membagikan tips dan trik untuk para audiens yang hadir pada Winner Sharing pagi ini. Tips tersebut ia namakan BCA, yaitu Be brave, Commitment, dan Authentic. “Percayalah selama kita mau belajar dan mau bekerja keras, pasti usaha yang kita lakukan akan ada hasilnya,” ucap Lita.

Sesi terakhir dilanjutkan oleh pemenang Platinum The Best Digital Email dari PT Bank Central Asia, yaitu Muhammad Khilman Syah. Pria kelahiran tahun 1999 ini bergabung di Halo BCA site Semarang sebagai Agent Whatsapp. “Merangkai kata menjadi infromasi yang tersampaikan dengan sangat indah dan berkesan bagi nasabah,” begitulah tujuan dari layanan Whatsapp di tempat Khilman bekerja. Dengan kesederhanaan yang ia miliki, Khilman dalam ajang TBCCI 2022 mengambil tema, “Plagiasi Bukan Akun Resmi,” pada video presentasinya.

Karena maraknya kasus fake account membuat ia banyak menangani kasus atau keluhan dari nasabah yang menjurus ke arah penipuan. Untuk itu, Khilman memiliki beberapa kreativitas untuk menghadapinya yang diberi nama DIGITAL, yang merupakan singkatan dari Data Investigasi, Gerakan Ide, Tanggap Amankan Laporkan. Dalam pemaparannya, Khilman juga menjelaskan beberapa manfaat yang didapatkan oleh nasabah dari kreativitas yang ia lakukan tersebut. Bukan hanya nasabah saja, ia juga dapat mengambil pelajaran berharga dari kasus yang ia tangani tersebut.

Lalu, tak lupa ia memberikan sebuah petuah digital dalam Bahasa Jawa, yaitu Duwur wekasane endhek wiwitane, Ing urip iku urup, Ger basuki mawa beo, Iling aja keminter mundak kebllinger, Tanpa ngasorake iso menang, Alon-alon waton klakon, dan Lebur dening pangastuti. (ANF)