Ajang Kreativitas dan Kekompakan di Jambore ICCA 2015


IPK_7298


Daniel.Panin, Buperta 16 Mei 2015 – Perlombaan akbar untuk Call Center yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Asociation (ICCA) berlanjut dalam acara jambore yang berlokasi di Bumi Perkemahan Cibubur. Ajang untuk mengadu kreativitas dan kekompakan team berlangsung di sini. Masing-masing perusahaan sudah menyiapkan team terbaiknya dalam acara ini.

Pagi hari yang cerah, terlihat rombongan team beserta supporter sudah berdatangan secara berkelompok ke lokasi untuk memeriahkan lomba kali ini. Seluruh team sudah menyiapkan mental dan fisik untuk memberikan yang terbaik untuk lomba kali ini. Para supporter juga terlihat antusias memberikan dukungan untuk masing masing teamnya. Total 14 team berkumpul hari ini untuk bertanding. Mereka adalah Kereta Api Indonesia, ASSArent, BCA I, Mandiri I, Bea & Cukai, Telkom, Astra Internasional I, BCA II, Mandiri II, Indosat, Astra Internasional II, Bank Indonesia, Bank Panin, Klik Pajak.

Terlihat sejak pukul 07.00 mulai berdatangan mobil pengangkut mulai dari mobil pribadi, pick up, hingga truck berjajar rapih di sepanjang jalan mengelilingi arena lapangan dengan membawa segala aksesoris pendukung agar area perkemahan masing –masing team terlihat unik. Mulai dari yang berbahan potongan bambu, papan triplek, styrofoam, pepohonan, bahkan ada yang membawa gapura jumbo.

Seperti biasa, sebelum memulai kegiatan, para peserta wajib untuk mendaftarkan ulang teamnya. Pukul 09.30 pagi, acara dimulai dengan Upacara pembukaan yang dipimpin oleh bp. Andi Anugerah. Beliau memberikan sedikit kata sambutan untuk para peserta. Setelah upacara, panitia memberikan arahan singkat tata cara untuk mendirikan tenda. Peserta diberikan kesempatan untuk melakukan pengecekan peralatan pembuatan tenda yang telah dipersiapkan oleh panitia. Setelah semuanya lengkap, kegiatan lomba hari ini pun dimulai.

Lomba pertama yaitu lomba kecepatan membangun tenda yang dimulai pukul 10.30. Seluruh team terlihat kompak untuk menjadi team tercepat dalam membangun tenda. Team tercepat untuk lomba ini dimenangkan oleh Astra World dengan waktu sekitar 8 menit dan diikuti oleh team lain dalam waktu yang berdekatan. Selanjutnya para peserta yang sudah mendirikan tenda langsung dinilai oleh panitia, mulai dari kekuatan tenda, kerapihan tenda, hingga simpul ikatan tenda.

Setelah panitia selesai melakukan penilaian, acara berlanjut dengan mendekorasi area tenda masing –masing team. Para team mendekor tendanya dengan beraneka ragam assesoris hingga terlihat meriah dan menarik dengan menonjolkan ciri khas dari perusahaan masing-masing. Ada yang bertemakan gedung perkotaan oleh ASSArent, kampung china oleh Panin Bank, carnaval area oleh KAI, kampung betawi oleh Bank Mandiri I, dan hutan rimba oleh Bank Mandiri II. Pukul 15.00 panitia menyatakan waktu untuk mendekorasi telah selesai, seluruh team wajib mengosongkan area tenda agar panitia dapat menilai kembali area tenda.

Lomba mendekorasi ini sangat meriah. Hilir mudik para peserta membawa perlengkapan ke dalam area tenda, mereka dihibur oleh panitia dengan musik dari 4 buah speaker di pendopo utama. Mulai dari dangdut, pop, hip hop bahkan panitia mendatangkan artis dadakan yang membawakan lagu goyang dumang. Terlihat para panitia juga berjoget menghibur peserta agar tetap semangat dalam berlomba.

Perang dimulai

DSC_2430
Lomba pasang bendera

Setelah membangun tenda, panitia melanjutkan perlombaan ke 2 yaitu lomba kreativitas memasang bendera. Pada lomba kali ini, seluruh peserta disediakan kertas berwarna putih dan merah beserta benang, gunting dan lem. Peserta dipersilakan bekerja sama untuk membuat bendera sebanyak –banyaknya dan menampilkannya di area tenda. Waktu yang diberikan untuk lomba ke-2 ini hanyalah 30 menit, jadi kecekatan peserta sangat diperlukan di lomba kali ini. Peluit panjang menandakan lomba kreativitas berakhir, dan terlihat wajah seluruh peserta terlihat tidak begitu puas dengan hasil karya mereka karena singkatnya waktu yang diberikan.

Panitia memberikan waktu 1 jam untuk seluruh team untuk beristirahat serta menunaikan sholat ashar, sembari panitia melakukan penilaian ulang untuk lomba sebelumnya. Melihat run down acara yang sudah ditentukan, waktu istirahat ini dipergunakan untuk bersantai dan makan siang sebelum rentetan lomba selanjutnya yang sudah menanti. Pedagang disekitar menjadi sasaran utama untuk melepas dahaga atau hanya sekedar berteduh dari terik sinar mtahari.

Waktu menunjukkan pukul 16.45 yang menandakan lomba kecerdasan kata sandi pramuka dimulai. Peserta berkumpul di lapangan dan panitia memberikan arahan mengenai tata cara lomba kali ini. Panitia akan memberikan soal –soal berupa sandi pramuka yang terpampang di layar dan harus diterjemahkan oleh 8 orang yang bertugas sebagai penjawab lalu berlari memberikan jawabannya pada 2 orang lainnya yang menunggu di seberang lapangan. Lomba ini berlangsung sangat sengit, karena secara bergantian para peserta berlarian memberikan jawaban sambil dikejar waktu.

IPK_7236
Uji stamina dan kecerdasan

Mengingat lomba ini sangat menguras tenaga, 2 orang yang berperan sebagai pengganti sangat dibutuhkan. Stamina dan kecerdasan diadu pada lomba ini. Sekitar 30menit, lomba ini berakhir yang selanjutnya melakukan cross check atas jawaban para peserta. Melihat dari antusias para peserta menjawab, bahkan ada yang meralat jawaban, sepertinya para peserta sudah sangat mempersiapkan wawasan untuk lomba ini.

DSC_2562
Ukur neraca

Setelah lomba, peserta diberikan waktu 15 menit untuk memulihkan tenaga. Pukul 17.00 para panitia mengumpulkan kembali seluruh peserta lomba untuk lomba ketangkasan neraca keseimbangan. Setiap team diberikan peralatan lidi, karet, kelereng, serta kertas berwarna merah putih dan lem, Lomba kali ini untuk menguji kerjasama team dengan membagi menjadi 3 baris. Baris pertama untuk membuat neraca berbentuk segitiga yang memiliki bandul di sisi kanan kirinya sebagai penyeimbang, yang selanjutnya neraca tersebut pindah ke baris ke dua untuk dipasangi bendera mini yang terbuat dari kertas, lalu berpindah kembali ke baris terakhir untuk pembuktian pada juri bahwa neraca tersebut dapat berdiri seimbang di atas sebatang kayu. Berbagai upaya dilakukan peserta untuk bekerja sama membagi orang di setiap baris maupun dalam membuat neraca secara perorangan ataupun berdampingan terlihat di sini. Keseriusan dalam lomba ini perlu diacungi jempol karena tingkat kesulitan membuat keseimbangan neraca cukup sulit. Adapun untuk pemenang lomba kali ini, kembali panitia tidak menyebutkan perolehan point masing –masing team.

Menginjak pukul 18.00, panitia mempersilakan seluruh peserta untuk membersihkan diri dan berisitirahat setelah sehari penuh menempuh lomba yang sangat menguras tenaga. Waktuyang cukup senggang ini dimanfaatkan untuk mandi, sholat dan makan malam.

IPK_7338
peluit morse berbunyi

Panitia mengumpulkan peserta kembali pukul 20.00 untuk melanjutkan kegiatan lomba. Lomba terakhir untuk hari ini adalah lombakecerdasan sandi morse. Lomba kali ini, para peserta duduk melingkar secara berkelompok sembari panitia memberikan soal berupa bunyi peluit mengikuti kode morse. Secara acak nomor urut, panitia memberikan kode morse dengan cukup cepat dan harus dijawab oleh masing –masing team secara cepat. Lomba ini berlangsung selama 1 jam, dan panitia serta peserta kembali melakukan cross check jawaban bersamaan. ”Aduh susah lah pokoknya, peluitnya bunyi mulu, ga ada tanda pemisah hurufnya” ucap salah seorang peserta. Walaupun sudah cukup malam, antusiasme setiap peserta tidak kunjung surut. Patut diacungi jempol.

Kejutan di malam hari

IPK_7365
lampion siap diterbangkan

Di penghujung kegiatan, secara mengejutkan, salah satu team yaitu Panin Bank memberikan kejutan berupa pembagian lampion terbang kepada seluruh panitia maupun peserta. Secara bersamaan lampion –lampion tersebut dinyalakan dan diterbangkan untuk memeriahkan penghujung acara hari ini.

IPK_7356
pelepasan lampion