5 Kreativitas Fernall Farrel Noni yang terinspirasi dari tokoh pemeran film Harry Potter

“Pelayanan telah mendarah-daging bagi saya dan menjadi passion dari saya. Buat saya melayani itu menyenangkan”. Kalimat motivasi yang juga menjadi penutup bagi Fernall pada presentasinya saat mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia 2019. Fernall Farrel Noni seorang Agent Digital Kontak 157 dari Otoritas Jasa Keuangan yang meraih medali Gold pada kategori The Best Agent Digital Small. Pelayanan merupakan candu baginya, dimana ia merasa senang jika dapat membantu pelanggan dalam menyelesaikan permasalahan.

Dalam melaksanakan kewajibannya, Fernall memiliki tugas dan tanggung jawab seperti merespon pertanyaan yang masuk dengan cepat, memberikan edukasi kepada masyarakat juga melakukan koordinasi kepada rekan kerjanya. Untuk mendukung pelaksanaan tugas dan kewajibannya, Fernall harus memiliki beberapa kompetensi yang menunjang.

Seperti kreatif dalam menyusun konten edukasi kepada masyarakat, memiliki interpersonal skill dan mengikuti perkembangan teknologi. Adapun pengalaman pelayanan yang dihadapi oleh Fernall adalah Financial Technology (FINTECH)/Peer to Peer Lending (Peminjaman Online). Permasalahannya adalah banyaknya perusahaan ilegal yang memberikan pinjaman online kepada masyarakat memiliki dampak yang luas. Seperti bunga yang diberikan oleh perusahaan Fintech melebihi 100% dan juga masyarakat merasa dipermalukan oleh debt collector Fintech yang menghubungi seluruh kontak yang ada di handphone mereka.

Dengan permasalahan tersebut, Fernall menyimpulkan 3 kebutuhan pelayanan. Kebutuhan tersebut berupa Perlindungan Konsumen, Legalitas Perusahaan Fintech dan Permohonan Keringanan. Sehingga untuk mengatasi itu semua, Fernall melakukan 5 Kreativitas yang terinspirasi dari para pemeran tokoh di film Harry Potter. Kelima tokoh tersebut adalah Sirius Black, Lord Voldemort, Harry Potter, Hermoine Granger, dan Ron Weasley.

Kreativitas yang pertama yakni kreativitas Sirius Black, yaitu melakukan stalking atau pemeriksaan profil konsumen secara seksama dan memberikan layanan yang sesuai dan cepat. Yang kedua adalah kreativitas Voldemort, yaitu link informasi data terverifikasi oleh departemen OJK terkait. Yang ketiga adalah Harry Potter, yaitu mengumpulkan highlight 5 (lima) pertanyaan terbanyak tentang PUJK dan diolah menjadi konten instagram terkini.

Yang keempat adalah Hermoine Granger, yaitu dengan menghadirkan desain di Instagram Kontak157 yang edukatif berupa gambar dengan caption yang menarik. Dan yang terakhir adalah dengan melakukan kreativitas Ron Weasley, yaitu memproduksi tontonan yang ‘wah’, berkelas, edukatif dan ‘yahud’.

Dari 5 kreativitas yang dibuat, Fernall mendapatkan banyak manfaat dan pembelajaran. Dirinya kini jauh lebih mengetahui kebutuhan, sikap dan perilaku konsumen atau masyarakat. Fernall juga menjadi paham dengan segala situasi, waspada dan berhati-hati juga lebih bijaksana dalam mengambil keputusan. (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.