Published on 24 July 2017

17 Fakta Terkini The Best Contact Center Indonesia 2017, Nomer 6 Perjuangan Wakil Telkom Indonesia Singkirkan Ratusan Pesaing

Words by:
avatar

Alyah Amalia

AHM – Sodara-sodara sekalian, saatnya bersaing di The Best Contact Center Indonesia 2017. Acara tahunan ini, diadakan di Kalbis Institute Pulo Mas, Jakarta Timur dan total peserta presentasi individu ada 478 orang (24-27/7/2017).

“Sebelum tersaring, jumlah pesertanya 561 orang yang ikut serta. Jumlah itu lebih banyak dari penyelenggaraan tahun lalu,” ungkap Andi Anugrah, ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA) sebagai penyelenggara The Best Contact Centre Indonesia 2017.

Selanjutnya juga dibilang kalau jumlah perusahaan yang ikutan juga nambah loh. Ya sudah pasti nambah, kan jumlah pesertanya juga nambah, hehehehe.

Acara tahunan ini tujuannya sebagai benchmark dan ajang berbagi kreativitas antar perusahaan yang jadi peserta. Tidak kalah pentingnya adalah bahwa The Best Contact Center Indonesia 2017 dipakai buat ngasih apresiasi, pada mereka yang selama ini duduk dibelakang meja dan melayani konsumen.

Pendaftaran sebelum masuk ruang presentasi individu

Pada penyelenggaraan hari pertama, ada beberapa fakta yang muncul.

Jangan sampai ketinggalan sodara-sodara, ini dia fakta-faktanya.

1. Hari pertama pelaksanaan The Best Contact Center Indonesia 2017, hanya melombakan beberapa kategori saja. Total keseluruhannya ada 9 kategori.

2. Ke-9 kategori yang dilombakan pada hari pertama, diantaranya Agent Social Media Small, Agent Social Media Large, Quality Assurance Small, Quality Assurance Large, BTB Quality Assurance, BTB Support,  Desk Control, Trainer dan IT Support.

3. Pada kategori Agent Social Media Large, salah satu wakil PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) ungkapkan keyakinannya pasti bisa lolos di hari pertama pelaksanaan kegiatan The Best Contact Center Indonesia 2017. “Selama aku kasih yang terbaik, melakukan persiapan dengan baik, latihan terus dan diuji terus oleh mentor, pasti bisa,” ungkap Afrina Gultom.

4. Meski tahun lalu BCA jadi juaranya, tapi Afrina Gultom merasa nggak ada beban. Pokoknya maju terus pantang mundur ya mbak’e.

5. Mengenai kategori Agent Social Media Large, wakil BCA itu ungkapkan kalau sekarang itu orang-orang sudah pakai gadget semua. Jadi perusahaan juga harus bisa melayani konsumen melalui sosial media. Jadi informasi, komplain, saran-saran harus bisa dilakukan dan direspon melalui sosial media. “Saat ini akun Twitter Hallo BCA jadi yang tercepat di dunia loh soal merespon konsumen,” ucap Afrina Gultom tanpa bermaksud sombong loh ya.

6. Tahun ini pada pelaksanaan pelaksanaan The Best Contact Center Indonesia 2017, ada nama Iqtarobul Fudla mewakili Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom). Ada cerita menarik sebelum yang kantornya di Semarang, Jawa Tengah sampai ke Jakarta. “Saya menyingkirkan 300 pesaing lainnya di Semarang,” paparnya bangga, wuiih…keren mas’e.

7. Iqtarobul Fudla yang berkompetisi di kategori Desk Control punya target yang nggak main-main. Dengan sangat tegas, pria berbadan subur itu mengutarakan target yang ingin dicapai. “Mengalahkan tim BCA,” ungkapnya.

Deg-degan nih yee…saat menunggu panggilan masuk ruang presentasi

8. Nggak cuman wakil Telkom yang pasang target tinggi. Di kategori Trainer, Abdul Jabbar yang mewakili PT Astra Honda Motor (AHM) ingin melampaui pencapaian tahun lalu.

9. Pada tahun sebelumnya pabrikan motor bermerek Honda itu pada kategori Trainer menggondol Gold. “Tahun ini tentunya harus bisa dapat Platinum,” ucap Abdul Jabbar dengan yakin.

10. Mau dapat Platinum, kaya gini nih yang dipersiapkan Abdul Jabbar wakil AHM dikategori Trainer. Seperti mempersiapkan report terhadap program kreativitas yang sudah dilakukan 1 semester terakhir.“Semua itu kemudian disusun menjadi sebuah materi presentasi,” kata pria yang menargetkan dapat Platinum pada penyelenggaraan tahun ini.

11. The Best Contact Center Indonesia 2017 yang diselenggarakan tahun ini, sudah masuk tahun ke 11.

12. Penyelenggaraan The Best Contact Center Indonesia 2017, kali pertama digelar pada 2007 silam.

13. Selama 11 kali penyelenggaraan, The Best Contact Center Indonesia 2017 hanya dikuasai oleh 1 perusahaan saja.

14. BCA, sing ada lawan. Perusahaan perbankan ini sudah jadi yang terbaik selama 10 kali penyelenggaraan The Best Contact Center Indonesia.

15. Ada 40 kategori yang dilombakan, masing-masingnya akan ada 4 pemenang (Platinum, Gold, Silver dan Bronze).

16. Untuk yang bisa memperoleh Platinum, maka berhak untuk benchmarking ke Eropa. Gold dan Silver diberangkatkan ke Thailand. Sementara peserta yang mendapatkan bronze, berangkatnya ke Singapura.

17. AHM bikin game seru dengan semangat “SATU HATI BERKOMPETISI”

Okeh…itu tadi keseruan hari pertama The Best Contact Center Indonesia 2017. Besok kita lanjut dengan keseruan yang lain. C U

AHM bikin game seru-seruan “SATU HATI BERKOMPETISI”