Tips Presentasi yang Baik (2)

Tips Presentasi yang Baik (2)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan melakukan presentasi.

  1. Kuasai materi karena dengan menguasai materi kita dapat memilih materi yang harus kita tekankan agar presentasi menjadi lebih efektif. Penguasaan materi ini membuat kita menjadi lebih nyaman pada saat presentasi dan membuat presentasi berjalan dengan baik.
  2. Untuk meyakinkan pendengar sebaiknya sampaikan presentasi dengan singkat dan berisi agar mudah difahami oleh pendengar.
  3. Gunakan bahasa yang lumrah yang biasa digunakan sehingga dapat mempermudah audience untuk memahami isi materi presentasi kita.
  4. Sebaiknya menggunakan alat bantu seperti proyektor untuk mendukung presentasi, agar presentasi terasa lebih hidup dan audience tidak merasa bosan mendengarkan kita saat sedang presentasi.
  5. Jika ingin menyampaikan pesan tertentu atau hal baru yang perlu diketahui oleh audience, maka sebaiknya kita menambahkan gambar sebagai materi pendukung presentasi agar mempermudah audience memahaminya.
  6. Perhatikan pengaturan waktu pada saat kita menyampaikan presentasi. Jika presentasi terasa berjalan lambat maka kita perlu meringkas materi yang disajikan tetapi jika presentasi terlalu cepat maka kita harus mengaturnya sebaik mungkin agar audience menangkap dengan jelas apa yang kita presentasikan.
  7. Pastikan kita presentasikan dengan suara yang lantang dan terdengar hingga ke seluruh ruangan.
  8. Percaya diri, maka dengan mudah kita dapat tersenyum lebar, berdiri tegak dan siap untuk presentasi.
  9. Menjadi diri sendiri. Jangan meniru gaya orang lain atau menciptakan gaya baru yang kita anggap dapat menarik perhatian. Cara-cara seperti itu dapat membuat presentasi kita menjadi berlebihan atau terkesan kacau.
  10. Datang tepat waktu, karena jika terlambat akan membuat kita menjadi semakin tegang.
  11. Sebaiknya berlatih dahulu sebelum melakukan presentasi di depan teman atau kolega.

Cara mudah untuk menilai presentasi kita adalah dengan melihat pertanyaan yang diajukan oleh audience. Kita dapat menyimpulkan sendiri jika presentasi kita menarik maka akan memancing banyak pertanyaan dari audience baik itu yang sifatnya pro atau kontra. Begitu pun sebaliknya, jika hanya terdapat satu atau dua atau bahkan sama sekali tidak ada pertanyaan dari audience maka dapat disimpulkan bahwa presentasi kita tidak menarik bahkan bisa dikatakan gagal.

Jika audience memberikan pertanyaan sebaiknya kita menjawab pertanyaan tersebut dengan memberi ucapan terima kasih atas pertanyaan yang diajukan, lalu kita harus menjawab pertanyaan tersebut dengan to the point sehingga tidak menimbulkan pertanyaan baru yang dapat menjebak. Setelah merasa presentasi yang kita lakukan sudah cukup, tetapi masih banyak waktu yang tersisa maka sebaiknya yang kita lakukan adalah mengulas kembali inti atau garis besar dari keseluruhan materi sehingga timbul adanya kesimpulan.

Setelah itu baru kita dapat mengakhiri presentasi dengan mengucap kata terima kasih dengan baik dan sopan serta disarankan agar selalu murah senyum agar audience pun merasa dihormati. Kegagalan itu merupakan satu tahap untuk meraih kesuksesan, jadi jangan pernah malu untuk selalu berusaha dan belajar untuk bisa mempengaruhi audience saat kita presentasi.

Artikel ini pernah dimuat dalam majalah iCallCenter Vol. 6 No. 1