Doing The Best For The Best

ICCA2Telkom Indonesia, Rabu (10/8) – Dua minggu sudah dilalui oleh seluruh peserta dan panitia The Best Contact Center Indonesia 2016. Semangat, ketegangan, letih, lelah, kegembiraan dan tangis lega mewarnai di setiap hari diadakannya lomba. Pengorbanan waktu dan tenaga juga mengesampingkan tugas pokok di perusahaan dilakukan untuk berlatih demi menjadi The Best di kategori masing – masing. Strategi untuk kemenanganpun dirancang sedemikian rupa oleh team pendukung masing-masing perusahaan. Dibalik performa yang luar biasa terdapat orang – orang ulet dan sabar mengasah setiap calon juara.

Masih bertempat di Gelanggang Remaja Jakarta Timur, hari terakhir ini tersisa untuk kategori Repoting Team dan Scheduling team. Pukul 08.30 WIB seluruh peserta sudah berkumpul di lokasi, sama seperti kemarin, sebelum perlombaan di mulai dilakukan terlebih dahulu briefing untuk penyampaikan tata cara dan peraturan lomba. Sesi pertama adalah untuk Reporting Team, setelah menggambil nomor urut di Fish bowl mereka menempati meja masing – masing yang telah di persiapkan oleh panitia. Perusahaan yang mengikuti kategori Reporting Team ini diantaranya Telkom Indonesia, Drijen Bea dan Cukai, Astra World, Bank Indonesia, Bank DBS, Bank Central Asia, Bank Mandiri, dan AHM. Peserta diberikan waktu untuk menyelesaikan soal selama tiga jam.

AASelagi peserta Reporting team menyelesaikan soal, Bp. Andi Anugrah selaku Ketua ICCA melakukan press conf mengenai penyelenggaraan ICCA, peserta writing dan multimedia mendengarkan dengan seksama. Pak Andi memaparkan apa yang menjadi alasan diadakannya lomba Reporting, Scheduling dan Quality, salah satunya adalah agar didalam penyelenggaraan TBCCI ini lebih banyak lagi menyentuh aspek – aspek yang di lakukan di Contact Center. Dalam kategori Smart team metode yang digunakan adalah cerdas cermat, diadakannya kategori ini adalah agar Contact Center mengetahui hal – hal lain di luar dari aktivitas Contact Center, maka di berikanlah wawasan mengenai Indonesia seperti nama – nama pahlawan, pulau – pulau di Indonesia dan lain sebagainya. Kategori teamwork ini diadakan untuk memberikan kesempatan bagi para praktisi Contac center  yang pandai dalam menggunakan komputer, pandai bekerja dalam team namun ada keengganan untuk melakukan presentasi. Panitia ICCA sudah mengupayakan yang terbaik, setiap tahun masukan dan kritikan dikumpulkan dan diolah selama enam bulan lamanya, jadi pada saat lomba sudah berlangsung ketentuan yang sudah di buat dan di jabarkan tidak bisa dirubah. Tujuan diadakannya ajang ini adalah untuk mengapresiasi orang – orang yang berkecimpung di dunia Contact Center agar dapat mendapatkan perhatian lebih.

Pukul 13.00 WIB seluruh peserta kategori Scheduling Team sudah berada di dalam ruangan. Melakukan Briefing adalah hal yang wajib dilakukan sebelum lomba untuk memastika semua peserta telah paham apa yang menjadi tata cara dan peraturan lomba. Sempat terjadi sedikit perdebatan terkait aplikasi yang akan digunakan, dan seluruh peserta dan panitia mendepakati bahwa peserta bebas memilih aplikasi mana saja untuk mengolah data yang telah disediakan oleh panitia. Dalam lomba kali ini, para photographer dari peserta multimedia maupun dari pendukung team masing masing di berikan keleluasaan lebih untuk menggambil gambar para peserta yang sedang mengolah data.

Usai sudah kemeriahan yang terjadi di ajang The Best Contact Center Indonesia ini.. Segala upaya telah dilakukan oleh panitian untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh simpatisan. Terkait kategori yang akan di perlombakan di tahun mendatang, para panitia masih akan mengolah dan mempertimbangkan kategori mana saja yang akan diperlombakan.

Sampai bertemu di Gala Dinner yang bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta. Jangan lupa untuk gunakan batik terbaik untuk tampil sekece mungkin.