The Beginning From Last Chapter

The Beginning From Last Chapter

Telkom Indonesia – Rabu (10/8) Acara ICCA (Indonesia Contact Center Indonesia) 2016 memasuki hari terakhirnya, setelah serangkaian acara yang dimulai pada tanggal 1 Agustus 2016 lalu yang memperlombakan Presentasi Individu, Singing, Dancing, Quality Team, dan Smart Team.

Pagi ini dimulai dengan perlombaan Reporting Team. Untuk kategori ini diikuti oleh 9 tim, yang masing-masing tim beranggotakan 3 orang peserta yang terdiri dari perwakilan perusahaan Astra World, Bank DBS Indonesia, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bea Cukai, Bank Central Asia, PT Telekomunikasi Indonesia (2 tim), dan Astra Honda Motor.
Awal pagi pukul 08.00 WIB para peserta melakukan registrasi ulang kepada panitia. Setelahnya, ketua ICCA, Andi Anugrah, menjelaskan beberapa peraturan yang berlaku dalam perlombaan Reporting Team kepada para peserta.

Suasana hening mulai memecahkan telinga, sesaat setelah timer mulai bergerak di detik pertama. para peserta Reporting Team mulai fokus dalam mengerjakan lomba.

Sama seperti kemarin, para peserta lomba diberikan waktu 3 jam untuk menyelesaikan soal. Namun ada sedikit kejadian menarik pada hari ini, dimana kemarin para peserta lomba Quality Team dan Smart Team yang merasa kurang dengan waktu 3 jam yang diberikan oleh panitia, sampai Bapak Andi Anugrah memberikan tambahan waktu 10 menit untuk lomba kemarin.

Pada lomba hari ini justru ada peserta yang menyelesaikan lomba hanya dalam waktu kurang dari 2 jam.

Soal seperti apa, sih, yang dikerjakan oleh para peserta Reporting Team?

Secara garis besar, para peserta melakukan sebuah laporan monitoring quality agent pada suatu layanan, formatnya seperti database. Lalu, para peserta menghitung jumlah call, jumlah talk time, rata-rata lama bicara, dan lain-lain Setelah semua data didapat dan dihitung rata-ratanya, para peserta menyusun data-data tersebut menjadi top 10 agent terbaik. Kurang lebih seperti itu.

Masih bingung? Sama! Supaya tidak bingung tahun depan ikutan, ya!

Setelah 180 menit berlalu akhirnya perlombaan Reporting Team telah usai dan berakhir dengan menempatkan Bank DBS sebagai juara pertama, PT Telkom indonesia sebagai runner up, dan posisi ketiga ditempati oleh Astra Honda Motor. Selamat kepada para pemenang!

Disela-sela perlombaan Reporting Team, Andi Anugrah, sebagai ketua ICCA melakukan press conference dengan para peserta Writing dan multimedia. Dalam press conference tersebut beliau menanggapi kritik untuk sistem penilaian pada lomba Writing dan multimedia. Selain itu beliau menuturkan sedang mencari regenerasi untuk panitia ICCA agar event tahunan ini dapat berjalan semakin baik kedepannya.

Ketua ICCA, Andi Anugrah melakukan Press Conference
Ketua ICCA, Andi Anugrah melakukan Press Conference

Setelah perlombaan Reporting Team selesai, kini saatnya para peserta lomba dari kategori Scheduling Team . Untuk perlombaan kategori ini diikuti 7 tim perwakilan dari  Bank Mandiri, Bea Cukai, Bank Central Asia, PT Telekomunikasi Indonesia, Astra Honda Motor, dan Kring Pajak.

Sama seperti sebelumnya, masing-masing tim terdiri dari 3 orang peserta. Begitu juga dengan peraturan lomba, masing-masing tim diberikan jangka waktu 3 jam untuk menyesaikan soal yang diberikan oleh panitia.

Apa itu lomba Scheduling Team? Secara garis besar perlombaan ini menuntut para peserta untuk membuat jadwal kerja agent yang baik dan sehat. Kurang lebih seperti itu.

Masih bingung? Penasaran? Tahun depan ikutan lomba, ya! Semangat!

Singkat cerita, siang pun mulai berganti sore, para peserta telah selesai menjalankan kewajibannya, dan untuk Scheduling Team menempatkan Bank Mandiri sebagai juara pertama, disusul dengan  Kring Pajang di posisi kedua, dan Astra Honda Motor di posisi ketiga. Selamat untuk para juara!

hmm.. berat sekali untuk mengakhiri artikel ini, tapi apa mau dikata. Di setiap pertemuan pasti ada perpisahan, di setiap awal pasti menemui akhir. Untuk tahun ini perhelatan ICCA 2016 telah usai. Sungguh pengalaman berharga untuk bisa terlibat dalam ajang ini, disni kita dapat sama-sama belajar untuk menjadi yang terbaik.

Untuk peserta yang sudah memberikan yang terbaik tapi belum menjadi pemenang, jangan menyerah! It’s only the beginning.

Semoga di tahun depan kita dapat sama-sama belajar kembali menjadi yang terbaik!  Bangga di dunia contact center!