Play to Win, Enjoy the Fun

SIM – 1 Agustus 2016.

Semangat Pagi!

Hari ini adalah hari pertama kategori Individu dilombakan dalam ajang The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA). Kategori Individu akan dilangsungkan selama 4 (empat) hari yakni dari tanggal 1 – 4 Agustus 2016. Setiap harinya, Kategori Individu dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Bertempat di Kalbis Institute lantai 7, presentasi kategori Individu pun dilangsungkan dengan meriah sekaligus tegang. Terdapat 8 (delapan) kategori Individu yang dilombakan di hari pertama yakni Kategori Trainer, Kategori IT Support, Kategori Desk Control, Kategori BTB Support, Kategori Quality Assurance (QA), Kategori BTB Trainer, Kategori BTB Manager, dan Kategori Agent Social Media. Masing-masing kategori ini dibagi ke dalam 7 (tujuh) ruangan yang nantinya akan diberikan penilaian oleh juri-juri yang berasal dari praktisi-praktisi contact center, perusahaan peserta event TBCCI 2016, serta berasal dari universitas-universitas ternama.

Peserta yang berkesempatan tampil menjadi peserta di hari pertama berjumlah kurang lebih sebanyak 90 peserta yang masing-masing berasal dari Bank Mandiri, Indosat Ooredoo, BCA, PT. Telekomunikasi Indonesia, KLIP DJP, Astra World, CIMB Niaga, Astra Honda Motor (AHM), Bank Tabungan Negara (BTN), TIKI JNE, Pertamina, Astra Credit Companies, BNI Life Insurance, Garuda Indonesia, Sarihusada Generasi Mahardika, dan Angkasa Pura II. Adapun untuk beberapa perusahaan lain yang belum berkesempatan tampil di hari ini, akan berjuang pada 3 hari ke depan. Contohnya PT. Swakarya Insan Mandiri (SIM) yang mengirimkan pesertanya untuk kategori Team Leader Outbound mendapatkan kesempatan untuk tampil di hari ke-4 (4 Agustus 2016).

 Hasil percakapan kami dengan Ibu Anita, salah satu panitia event TBCCI 2016 menceritakan bahwa jumlah peserta kategori Individu pada tahun ini mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh adanya pembatasan jumlah peserta yang dikirimkan oleh masing-masing perusahaan. Di tahun-tahun sebelumnya, setiap perusahaan diperbolehkan mengirim 6 peserta pada masing-masing kategori Individu. Akan tetapi, di tahun ini setiap perusahaan hanya boleh mengirimkan maksimal 3 peserta di setiap kategori Individu. Tiga peserta yang diambil dari masing-masing perusahaan adalah yang telah lulus mengikuti ujian tertulis yang sudah dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016. Jika ada perusahaan yang mengirimkan lebih dari 3 peserta untuk kategori Individu, maka panitia secara otomatis hanya akan memiliih 3 peserta saja berdasarkan peringkat nilai dari hasil ujian tertulis.

Di sudut kanan lantai 7 Kalbis Institute, terlihat para peserta yang tengah gugup menanti giliran namanya disebutkan oleh panitia TBCCI 2016. Ada yang menunggu seraya menyantap makan siangnya, ada yang menunggu seraya membenahi makeup dan outfit yang dikenakannya, ada pula yang menanti seraya bercanda gurau dengan timnya. Masing-masing dari para peserta memiliki cara masing-masing untuk menghilangkan rasa gugup dan tegangnya dalam menghadapi presentasi yang akan dihadapinya. Di sela-sela ketegangan lomba, Bapak Andi Anugrah selaku ketua ICCA, mengajak para peserta untuk berkaraoke dan menyanyi bersama-sama untuk menghilangkan rasa tegang di ruang tunggu peserta. Hal yang dilakukan oleh Pak Andi Anugrah merupakan hal yang wajar untuk dilakukan, mengingat suasana ruang tunggu yang terasa tegang. Beliau melakukan hal tersebut agar dapat mencairkan suasana tegang yang ada menjadi suasana HAPPY yang akan dapat membuat para peserta menjadi rileks dan dapat menampilkan performanya secara maksimal.

Seperti yang dilontarkan oleh Joe Mullex, Hoechst Celanese Chemical Group, bahwa “Kegembiraan di tempat kerja berarti mampu menyelipkan sesuatu yang menghibur ketika bekerja, namun masih tetap mampu menyelesaikan pekerjaan.”.

Tak sia-sia, gayung pun disambut dengan baik oleh tim Indosat Ooredoo. Dengan sukacita, mereka mendendangkan yel-yel yang nampaknya telah dikuasai oleh tim mereka. Suasana tegang pun perlahan berubah mencair seiring dengan gelak tawa dan canda ceria yang dilontarkan oleh mereka. Tak pelak, peserta yang berasal dari perusahaan lain pun ikut merasakan suasana gembira dan tidak lagi merasakan cemas karena menunggu giliran untuk presentasi. Bahkan mereka pun terlihat akrab satu sama lainnya karena tidak lagi merasa peserta lain sebagai saingannya.

SIMonTBCCI2016
Suasana Karaoke Bersama

Sekitar pukul 15.30, beberapa kategori lomba telah selesai dilaksanakan. Para peserta pun satu persatu beranjak meninggalkan lantai 7 Kalbis Institute, tempat dilangsungkannya acara. Beragam ekspresi pun ditampilkan oleh para peserta yang telah meninggalkan ruangan penjurian. Ada yang menampilkan ekspresi lega sekaligus gembira, ada pula yang cemas mengkhawatirkan hasil dari presentasi yang telah dilakukan. Namun, apapun hasilnya, kami percaya masing-masing dari peserta telah berusaha melakukan yang terbaik. Tetap semangat, tetap HAPPY, dan bersiaplah untuk peserta yang akan tampil di hari kedua. Ganbatte! (SJA-MKU).