Seru-seruan bareng di JAMBORE TBCCI 2015

Huraaaaaayyy…..!!!!! para peserta bersorak gembira setelah berhasil menaklukan tantangan mendirikan tenda di ajang Jambore Contact Center 2015. Ya hari ini, 16 Mei 2015 adalah hari pertama di berlangsungkannya kegiatan Jambore. Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 16 dan 17 Mei 2015.  Jambore ini merupakan bagian  dari serangkaian kegiatan ICCA. Dimana pada  jambore ini perlombaannya jelas berbeda dengan kegiatan sebelumnya. Jika sebelumnya adalah presentasi, yang pesertanya individu saja dan berada di dalam ruangan ber AC, nah pada jambore ini kegiatannya berada di luar ruangan dan pesertanya pun tidak sendiri saja, melainkan terdiri dari  team yang mewakili masing masing institusi.

Yang seperti kita tau, namanya juga Jambore, otomatis kegiatannya ya seperti pramuka. Kalian pasti pernah kan ikutan pramuka waktu sekolah dulu?,nah kira kira seperti itulah kegiatannya.

 

Jambore ini karena sifatnya out door atau di luar ruangan, maka tempatnya harus luas dong. Dan  sama seperti jambore tahun tahun sebelumnya, lokasi yang di pilih pun sama yaitu Bumi Perkemahan Cibubur sebagai tempatnya. Lokasi ini di pilih karena lokasinya yang dianggap mudah dijangkau oleh kendaraan, sehingga diharapkan banyak yang datang untuk menyaksikan atau pun memberikan semangat kepada peserta yang sedang berlomba.

Kenapa sih koq ada acara jambore segala di ICCA? Oh ternyata tujuan diadakannya jambore ini tidak lain adalah untuk mengasah kerjasama antar tim. Dimana dalam contact center sendiri kerjasama sangat di perlukan demi tercapainya pelayanan yang baik.

Saat kami datang, kami sempat bingung dimana lokasi acara ini berlangsung, karena tidak adanya petunjuk yang terlihat jelas. Tertutup dengan spanduk dan bendera Jambore Jokowi. Setelah tengak tengok kiri kanan, pandangan kami pun tertuju pada serombongan orang yang berseragam warna warni dan berbaris rapi di lapangan. Kamipun sempat ragu awalnya, karena penasaran maka kami coba mendekat. Ya, ternyata benar. Mereka adalah peserta jambore. Tapi kenapa pakai acara baris segala ya, seperti anak selolah saja….hehehe.

Ternyata, mereka sedang upacara. Ya, sama seperti tahun tahun sebelumnya,upacara menjadi ritual klasik yang menandakan dibukanya kegiatan jambore ini. Bapak Andi Anugrah yang memimpin upacara ini, memberikan masukan agar contact center menjadi lebih baik lagi. Beliaupun tidak lupa memberikan semangat kepada peserta agar berjuang semaksimal mungkin sehingga bisa memberikan hasil yang terbaik. Mars contact center pun berkumandang sebagai penutup upacara ini.

Setelah upacara, acara selanjutnya adalah lomba mendirikan tenda. Namun sebelumnya mereka mendapat pengarahan terlebih dahulu cara mendirikan tenda yang baik dan benar, sehingga waktunya lebih efisien.

Para peserta terlihat sangat antusias sekali, walaupun cuaca pada hari ini panas menyengat namun tidak menyurutkan semangat mereka. Semangat untuk menaklukkan tantangan yang di berikan. Setelah sebelumnya sempat tertunda, akhirnya Pukul 10:50 WIB, peserta memulai untuk mendirikan tenda. Ternyata mendirikan tenda tidak mudah lho, perlu kehati hatian dan ketelitian. Oleh karena itu diperlukan kekompakan agar bisa segera selesai.

Kecepatan dan ketepatan menjadi penilaian yang penting, setelah tenda berhasil didirikan, maka seluruh peserta di haruskan keluar dari area untuk memastikan bahwa tenda tersebut telah benar benar selesai. Jika masih ada peserta yang berada di dalam area, maka panitia tidak akan menghentikan waktu. Dan jika sudah di pastikan bahwa tidak ada satu orang  peserta di area, maka panitia yang betugas mengawasi akan mengangkat bendera tinggi tinggi sebagai pertanda bahwa tim tersebut telah selesai melaksanakan tugasnya.

Oh ya, masing masing tim di berikan area khusus yang luasnya sama. Mereka diberikan ruang pula untuk menghias tenda mereka semenarik mungkin. Ya, satu hal yang menarik disini. Ternyata tidak hanya mendirikan tenda saja yang mendapat penilaian. Penilaian pun di berikan kepada hiasan tenda. Wah unik juga ya. Pantas saja kami melihat di belakang tenda mereka banyak sekali properti yang berserakan. Ternyata properti tersebut disiapkan untuk hiasan tenda. Yah maklum saja, kami baru kali ini mengikuti writing contest, jadi agak agak bingung gitu deh.

Waktu menunjukkan pukul 12 siang. Saatnya para peserta untuk beristirahat makan siang, makan siangnya ternyata di sediakan oleh panitia juga. Tapi, hanya untuk peserta jambore saja ternyata. Kami yang meliput tidak mendapat jatah makan siang. Baiklah, sambil menunggu waktu istirahat selesai dan acara selanjutnya dimulai kembali, kami pun berkeliling mencoba memperhatikan tenda tenda yang sudah di hias. Unik unik sekali hiasan mereka. Ada panin bank yang menghias dengan properti china town dengan gapura yang di beri nama panin town, kemudian ada bank mandiri yang mengusung konsep adat betawi  lengkap dengan ondel ondelnya, serta pagar gigi belalang. Lalu tenda ke dua konsepnya beda, mereka mengusung konsep hutan, dengan tulisan welcome to the jungle di gapuranya. Konsep yang sangat menarik dan terlihat pas sekali dengan jambore kali ini. ada satu hal yang cukup unik ya, agak aneh sih sebetulnya, yaitu tenda Bank BCA ll. Mereka mengusung tema food truck. Mungkin untuk beberapa orang ini terlihat seru ya. Tapi bagi kami ini agak aneh. Kami juga tidak tahu anehnya dimana, hehehe. Walaupun properti yang mereka bawa juga cukup banyak dan komplit, tetap saja masih membuat kami heran. Hehehe maaf ya….

Oh ya, hampir lupa. Peserta jambore ini terdiri dari 14 tim. Untuk tim yang pertama ada PT. KAI. Kemudian di tim yang ke 2 ada ASSA Rent, lalu tim ke 3 Hallo BCA 1, berikutnya tim ke 4 ada Mandiri Call 1, tim ke 5 Bea Cukai, selanjutnya tim ke 6 ada Telkom, kemudian tim ke  7 Astra Word 1, tim ke 8 ada Hallo BCA 2, tim ke 9 ada Mandiri 2, tim 10 ada Indosat, tim 11 ditempati Astra Word 2, tim 12 ada BI, tim ke 13 di tempati Panin Bank, lalu tim terakhir yaitu tim ke 14,  ada Kring Pajak.

Masing masing tim memiliki kostum yang berbeda sesuai dengan tema yang mereka tampilkan. Yang sangat unik menurut kami, yaitu tim Panin Bank. Dimana mereka tampil dengan menggunakan kostum ala Tionghoa yaitu kaos merah lengan panjang bergambar naga kuning dipadukan celana hitam dan topi berwarna putih. Jika mereka menggunakan topi khas Tionghoa pasti akan tambah keren lagi tuh.

Para peserta tampil sangat maksimal hari ini. Karena penasaran, kami pun mencoba mencari tahu apa hadiah yang telah di siapkan panitia. Ternyata kegiatan ini akan memperebutkan 12 medali lho. Yaitu 4 juara per kategori lomba. Ada Platinum, Gold, Silver dan Bronze. Hasil nilai terbanyak dari 3 lomba tersebutlah yang akan menentukan juara umum. Dan yang menjadi juara umum akan mendapatkan hadiah berupa perjalanan wisata.

Dengan hadiah yang sangat menarik itu, pantas saja mereka sangat antusias sekali. Baiklah, selamat berlomba kawan, kalian memang pantas menjadi yang terbaik …….