Secret of Running

Berlari. Tugas seorang agent back office sama seperti atlet lari, yaitu berlari. Berlari membutuhkan stamina dan kecepatan dengan tujuan finish yang sempurna. Bagaimana rahasia berlari ala Anggraina Ramadhani?

Wanita yang lebih akrab disapa Raina ini merupakan seorang agent back office untuk Bank CIMB Niaga. Alasan dia terjun ke dunia contact center adalah karena dia senang jika bisa memberikan solusi bagi orang lain.

Tidak ada pekerjaan tanpa tantangan, begitu pula yang dihadapi oleh wanita 26 tahun ini. Tantangan pertama adalah speed, yaitu bagaimana dapat menyelesaikan masalah nasabah sesuai dengan SLA. Tantangan kedua adalah multi tasking, yaitu bagaimana dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Tantangan ketiga adalah service excellent, yaitu bagaimana mewujudkan kepuasan nasabah dan penyelesaian masalah mereka dengan tuntas.

Tantangan pertama dihadapi wanita lulusan diploma manajemen informasi ini dengan solve priority, yaitu menyelesaikan masalah sesuai dengan prioritas. Jika ada masalah nasabah yang mendesak maka akan diprioritaskan agar cepat selesai dan dapat segera menyelesaikan masalah selanjutnya. Tantangan kedua dihadapi dengan extra miles service, yaitu pelayanan menyeluruh meliputi klarifikasi, analisis, ekskalasi, dan call back nasabah untuk memberikan solusi. Tantangan ketiga dihadapi dengan extra 5 vitamin C, yaitu melakukan prosedur pekerjaan dengan berpedoman pada pohon ajaib berisi 5 vitamin C, yaitu clarify (klarifikasi komplain), complete (kelengkapan prosedur, tingkat kepuasan nasabah, dan solusi), correct (setiap langkah dan solusi selalu tepat), consistent (informasi harus konsisten di semua lini hingga sampai ke nasabah), dan courtesy (bahasa yang sopan santun).

Wanita yang lahir di Jakarta ini juga terus melakukan kegiatan pengembangan diri agar kinerjanya senantiasa berkembang ke arah yang lebih baik. Raina rutin melakukan sharing session untuk meng-upgrade product knowledge dan ketentuan perusahaan, training seperti training business writing dan public speaking. Pencapaian kinerjanya juga selalu mencapai target perusahaan. (MZ)