SDM Unggul dalam Kemasan Lomba The Best Contact Center Indonesia

Press Release

SDM Unggul dalam Kemasan Lomba The Best Contact Center Indonesia 2019

Setiap tahun lomba The Best Contact Center Indonesia dipersiapkan dalam jangka waktu yang panjang. Dimulai sejak akhir tahun lalu, pengurus dan panitia telah merancang berbagai hal. Utamanya dengan mendengarkan umpan balik dari anggota, mengenai berbagai hal yang harus diperbaiki. Tahun ini lebih menantang, mengingat adanya kepercayaan dari anggota CC-APAC (Contact Center Associations of Asia Pacific) untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah.

Pengurus

Suatu tantangan bagi pengurus dan panitia dalam menyusun lomba The Best Contact Center Indonesia dalam berbagai format. Apalagi ada lomba untuk tingkat Asia Pacific yang akan diikuti oleh berbagai asosiasi. Mulai dari kegiatan sosialisasi, pembekalan peserta sampai dengan lomba dan acara penghargaan. Kegiatan pembekalan individual yang diikuti oleh ratusan peserta, kemudian lomba presentasi yang dilaksanakan dalam 3 hari dengan 9 kelas dan melibatkan 178 juri serta diikuti oleh 396 peserta dari 35 perusahaan. Juri berasal dari anggota ICCA dan akademisi dari berbagai universitas yaitu Universitas Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jayabaya, Universitas Mercubuana, dan Kalbis Institute.

Begitu juga untuk lomba teamwork yang menguji berbagai kompetensi yang dibutuhkan di contact center seperti Reporting, Scheduling, Telesales, Business Process, Quality Assurance, Writing, IT Support dan Smart Team. Walaupun tidak mudah, peserta mampu melewati berbagai tantangannya dan menyelesaikan tugas dengan baik. Lomba teamwork juga dilakukan dalam kemasan ketangkasan yaitu Lomba Reliablity dan Lomba Accuracy. Jumlah peserta lomba teamwork diikuti oleh 141 tim dan setiap tim terdiri dari 2 orang.  

Kemampuan membuat aplikasi CRM dalam 6 jam patut diacungi jempol. Kemampuan dalam menganalisis hasil research dalam 3 jam. Juga menyelesaikan laporan contact center atau membuat scheduling atau menyusun business process dan melakukan penilaian quality assurance dalam 2 jam. Semua itu menantang, dan memacu mereka untuk latihan, latihan dan latihan. Melalui proses itu memang berat, sehingga jika kalah dari persiapan yang panjang, memang tidaklah mudah. Begitu juga sebaliknya, jika menang akan merasakan kegembiraan yang terpuaskan.

Reli panjang lomba dalam berbagai kemasan lomba, tentunya menuntut panitia untuk bekerja extra. Tuntutan peserta untuk sempurna pada setiap tahapan lomba tentu menjadi beban yang tidak ringan. Melihat mereka kalah memang tidak menyenangkan, akan tetapi membuat semua menang juga tidak mungkin. Begitulah sebuah lomba, ada yang menang, ada yang kalah. Yang penting mereka menjadikan momentum untuk belajar dan berlatih.

Lomba The Best Contact Center Indonesia telah menjadi event yang dinantikan praktisi contact center. Event yang membuat sibuk untuk menyiapkan diri dalam berbagai keahlian untuk tampil dalam presentasi dan menyelesailan kasus-kasus contact center. Sekaligus mengasah kepedulian untuk saling menghormati, menjalin persahabatan dengan sesama praktisi contact center. Ini memang hanya sebuah lomba, namun dibaliknya ada insan-insan yang mau belajar dan menunjukkan kemampuan mereka. 

Tahun 2019 ini berbagai perusahaan dan lembaga publik mempresentasikan berbagai inovasi yang dilakukan di contact center. Era transformasi digital merubah wajah contact center Indonesia dengan berbagai inovasi yang dilakukan. Dalam 4 hari lomba corporate program, peserta lomba telah menunjukkan berbagai inovasi dalam 7 kategori yaitu Contact Center Operations, Business Contribution, People Development, Employee Engagement, Customer Experiences, Technology Innovation dan Digital Media.

Selama 2 hari conference, ada presentasi dari berbagai lembaga dan perusahaan yang mencapai prestasi terbaik di negaranya. Beberapa peserta yang hadir adalah perwakilan asosiasi dari China, Hong Kong, Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, dan Taiwan. Ada 16 perusahaan yang mempresentasikan berbagai keunggulan mereka. Lomba CC-APAC berlangsung dalam kemasan conference 2 hari, yang menampilkan 2 kategori yaitu Manager Award dan Innovation Awards.

Menurut Andi Anugrah, Ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA), beliau berharap bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan bagi berbagai praktisi contact center untuk berbagi pengalaman, sekaligus memberikan penghargaan kepada yang berprestasi. Lebih lanjut Andi menekankan harapannya bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan praktisi contact center dalam menghadapi berbagai tantangan pelayanan contact center. Tuntutan pelanggan atau masyarakat yang semakin tinggi, menyebabkan kita untuk terus berinovasi.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan baik dari berbagai kalangan utamanya dari pengurus ICCA dan berbagai sponsor. Beberapa sponsor yang memberikan dukungan adalah Avaya dan Xiao-i sebagai sponsor Platinum, Genesys, Telexindo, Aruwa dan Customer Experience Lab, sebagai sponsor Gold. Verint dan Poly sebagai sponsor Silver. Mitracomm, Intelix, Angkasa Pura 2, BPJS Ketenagakerjaan, TelkomTelstra, dan SurveySensum sebagai sponsor Bronze. Beberapa sponsor juga diberikan kesempatan untuk berbagai pengalaman dalam mengembangkan contact center.

Dengan selesainya seluruh rangkaian kegiatan, dilaksanakan malam penghargaan untuk menyerahkan piala, medali dan piagam kepada berbagai pemenang. Ada 144 pemenang individual yang mendapatkan medali penghargaan, sekaligus mendapatkan kesempatan benchmarking ke berbagai negara. Ada 48 tim yang menjadi pemenang lomba teamwork yang mendapatkan plakat serta hadiah benchmarking. Ada 37 perusahaan yang mendapatkan perhargaan untuk kategori korporat program dengan 100 plakat yang diserahkan.

Selain itu penghargaan diberikan juga kepada 6 Manager terbaik dari berbagai perusahaan anggota CC-APAC, yaitu 3 dari Indonesia, 2 dari Thailand dan 1 dari Malaysia. Begitu juga ada 15 perusahaan atau lembaga yang mendapatkan penghargaan Contact Center innovation Awards yaitu 4 dari China, 1 dari Hong Kong, 4 dari Indonesia, 1 dari Malaysia, 2 dari Singapore, 1 Taiwan dan 2 dari Thailand.

Sebagai penutup malam penghargaan diumumkan 10 perusahaan atau lembaga dengan pencapaian terbaik. Sebanyak 52 perusahaan atau lembaga publik yang terlibat dalam lomba ini, sebagai pemenang 10 besar yaitu sebagai Grand Champion Bank Central Asia, selanjutnya berturut-turut KLIP DJP Kemenkeu RI, Astra Honda Motor, Bank Indonesia, Ditjen Bea Cukai Kemenkeu RI, Pertamina, Tokopedia, Coca-Cola Amatil Indonesia, DHL Express, Otoritas Jasa Keuangan.  (**)

Tentang ICCA :

Indonesia Contact Center Association (ICCA) berdiri sejak tahun 2003 merupakan asosiasi yang menghimpun perusahaan, badan dan lembaga publik yang memberikan pelayanan contact center di Indonesia. Salah satu kegiatan utama adalah melaksanakan lomba tahunan, The Best Contact Center Indonesia, yang dilaksanakan sejak tahun 2007. Lebih lanjut informasi mengenai ICCA dapat diperoleh di website www.icca.co.id atau melalui email info@icca.co.id

Tentang CC-APAC :

Contact Center Associations of Asia Pacific (CC-APAC) merupakan perkumpulan 8 asosiasi di kawasan Asia Pasifik, yang terdiri dari Auscontact Association (Auscontact), Contact Center Association of Malaysia (CCAM), Contact Centre Association of Singapore (CCAS), China Contact Center & CRM Association (CNCCA), Hong Kong Call Centre Association (HKCCA),  Indonesia Contact Center Association (ICCA), Taiwan Contact Center Development Association (TCCDA) dan Thai Contact Center Trade Association (TCCTA). Lebih lanjut informasi mengenai CC-APAC dapat diperoleh di website www.cc-apac.org

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

14 Responses to SDM Unggul dalam Kemasan Lomba The Best Contact Center Indonesia

  1. Thanks a lot for the post.Thanks Again. Really Cool.

  2. I truly appreciate this article post.Thanks Again. Want more.

  3. Awesome blog article.Really thank you! Great.

  4. wow, awesome article post. Really Great.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *