Present dag dig dug Duuueeeeerrrrrrr….

Dan… Lomba individual pun dimulai.

Ya lomba indivudual dibuka per hari ini selasa 5 Mei 2015, gegap gempita suporter mulai terasa di pelataran lobby balai kartini padahal waktu masih menunjukkan pukul 07.40 pagi, kami para peliput dari Contact Center Bank DKI hanya bisa senyum senyum sendiri melihat supporter dari berbagai perusahaan membawa atribute khusus untuk mendukung rekan mereka yang akan tampil hari ini ditambah beberapa peserta yang memakai kostum yang luar biasa anti mainstream. Barangkali kita sering melihat peserta menggunakan kostum kebesaran perusahaan, pakaian jas resmi atau kemeja dipadu padan dengan dasi saja, namun yang kami lihat tadi ada peserta yang menggunakan kostum ala ala superhero dengan padanan kostum berwarna hijau, bagi penikmat komik superhero pasti mengetahui peserta ini menggunakan kostum yang terinspirasi dari dunia komik marvel atau dc komik, kebetulan kami tim peliput bukan penikmat komik jadi tidak mengetahu peserta menggunakan komik superhero apa.

Kategori Lomba individu hari ini diisi oleh level Trainer seat <100, trainer seat >100, Manager inbound seat >100, Manager inbound <100 seat, Manager inbound seat  Supervisor seat >100, supervisor seat <100, Team Leader inbound seat <30, team leader inbound seat 31-150, team leader >150 dan quality assurance seat <100, quality assurance seat >100. Total peserta yang mengikuti lomba individu hari ini kurang lebih sebanyak 161 orang yang mana masing masing kategori juga di batasi oleh waktunya oleh panitia saat presentasi berlangsung, seperti level Manager dan Trainer selama 30 menit, level supervisor selama 25 menit, team leader dan quality assurance selama 20 menit.

Lomba sendiri dimulai sejak pukul 08.00 pagi, khusus panitia dan juri pastinya datang lebih awal untuk mempersiapkan dan memantapkan lomba lebih baik lagi. Acara masih berlangsung di Balai Kartini tepatnya di jalan Jenderal Gatot Subroto kavling 37 Jakarta selatan. Sedikit berbeda dibandingkan tempat test tertulis 27 April kemarin, karena untuk lomba individu sendiri sebagian berlangsung di lt dasar tepatnya di ruangan Raflesia, sebagian lagi di ruangan cempaka dan anggrek. Dan jika tim peliput melihat kedalam ruangan lomba memang impressi nya berbeda dibandingkan tahun kemarin, lay out menggunakan sekat model seperti both di PRJ, kemudian tidak menggunakan proyektor namun menggunakan layar LCD 60 inch, kalau tidak salah ya karena tadi menggunakan pengukuran asumsi. Kemudian posisi juri dan peserta menjadi lebih dekat dikarenakan ruangannya terkesan seperti di perkecil sehingga posisi meja juri dan peserta jaraknya semakin rapat. Hmm menurut kami ini tantangan baru juga bagi peserta karena ruangan tahun ini lebih sempit dan kecil sehingga pandangan peserta ke juri dalam hal eye contact semakin dekat dan semakin intim,, ciee cieee,,, 🙂

Di tengah kerumunan suporter yang semakin membanjiri Gd. Balai Kartini, kami tim peliput melihat pemandangan yang cukup membuat kami terkagum. Ada di satu titik yang bernama POJOKAN, salah satu peserta dari Bank DKI bernama Andrian untuk level Supervisor sedang sibuk latihan dengan serius layaknya tampil di hadapan dewan juri. Dengan begitu kita memandang bahwa, begitu antusiasnya peserta tersebut untuk ajang TBBCI 2015 ini. Kami pun tak ragu untuk berbincang dengannya sekedar menanyakan apa yang dia rasakan. “Untuk hari ini adalah kali kedua saya mengikuti lomba TBBCI ini dan memang setiap tahun selalu ada yang berbeda, terutama dalam hal antusiasme dari diri saya pribadi”, tutur Andrian dari Bank DKI. Woow,, pernyataan yang cukup menarik untuk ajang TBBCI 2015 ini.. “Materi yang saya bawakan pun pastinya akan berbeda begitupun saya akan lebih variatif dalam slide power point-nya, agar lebih hidup dan tentunya mendapat nilai tertinggi dengan harapan bisa menjadi yang terbaik dan berangkat menuju maccao untuk bertemu dengan Andi Law”, tambah Andrian dengan tawa ceria..

Berbeda hal dengan salah satu peserta level supervisor dari Bank Mandiri ini yang di ketahui bernama Ahmad Zamzam dan baru pertama kali mengikuti ajang TBCCI, “Ini adalah tahun pertama saya mengikuti ajang ini. Saya sangat terkesan dan terkejut melihat antusias peserta dan suporter yang hadi. Crowded sih, tapi seru banget, jadi kebawa emosional agar tampil maksimal di panggung nanti”, tutur Ahmad dengan senyumnya. “bicara grogi, ya jelas sangat grogi namun untuk mengatasi rasa grogi saya sih, yaaa nothing to loose aja lah, hehehehe”, tambah Ahmad.. Hhmmmm.. dengan banyaknya pendatang baru dan tentunya banyak muka-muka lama, ternyata Benar-benar mengagumkan yah acara TBCCI 2015 ini,, Good luck yaahh buat semua peserta…

Makin siang makin banyak supporter peserta lomba individu yang hadir, di pojok pojok ruangan kami melihat ada beberapa peserta yang masih serius berlatih dengan semangat, ada yang serius berdiskusi tentang soal soal fish ball, ada yang merapihkan dandanan kostum atau touch up face dan sebagainya, ada juga yang sudah move on alias sudah gak usah latihan lagi dengan cara mereka  ber foto ria di booth atau poster raksasa ICCA TBCCI 2015, temu kangen dengan rekan dari perusahaan lain atau bahkan ada yang cukup mengisi waktu luang sebelum dipanggil panitia dengan cara istrahat secukupnya dengan memejamkan mata sambil duduk di sekitaran ruangan lomba. Memang idealnya sih menurut kami tim peliput, hari “H” adalah waktunya peserta bersenang-senang, tidak perlu lagi serius untuk latihan atau berdiskusi. Cukup dengan mengobrol dengan obrolan ringan dengan rekannya, mendengarkan musik, selfie sana sini atau bahkan cukup dengan duduk santai sambil melihat serunya peserta dan supporter yang semakin menit semakin ramai. Tapi dengan melihat keseriusan setiap peserta, yaa tidak bisa di pungkiri, ajang ini sangat berarti bagi mereka bahkan bagi suporternya.

Dari keseluruhan yang kami lihat, tentunya yang paling repot adalah Panitia yang bertugas. Mereka sangat terlihat sibuk memperhatikan dan mengawasi agar suasana lomba tetap berjalan dengan baik. “Hari ini kerumunan pun terlihat, berbeda dengan saat tes tertulis beberapa hari lalu. Para peserta hadir dengan membawa suporter masing-masing dan itulah yang membuat suasana semakin ramai dan crowded. Harapan kami tentunya, agar acara ini berjalan lancar, tidak ada ada kebisingan yang berlebih dari tiap suporter dan tentunya tetap menjaga agar rangkaian acara ini berjalan dengan kondusif secara keseluruhan”, tutur Ilham dari salah satu panitia. Hhhuuuft, ga kebayang yah kerja kerasnya panitia menyiapkan seluruh acara ini. Semoga selalu sehat dan di beri kesehatan ya panitia…. Eechheemm.. *Sok Care gitu…

Semangat terus buat seluruh panitia..

Semangat terus buat semua peserta..

And Our Quote, “Jangan lupa BBB yah… ups bukannya “Bukan Bintang Biasa Tapi BERDOA BERIKHTIAR DAN BERTAWAKAL” Insya Allah hasil yang terbaik yang akan di dapat…”

Dan untuk yang menang nanti, jangan lupa oleh-olehnya yahh… kita tunggu loch….