The Power of Silence

QualityTelkom Indonesia, Selasa (9/8) – Tak seramai seperti hari – hari sebelumnya Gelanggang Remaja Jakarta Timur hari ini sunyi senyap, walaupun banyak orang di dalamnya. Tidak ada satupun suporter yang hadir di dalam ruangan dengan berbagai macam atribut untuk menyemangati perwakilan dari perusahaan. Hari ini yang di perlombakan adalah untuk kategori Quality Team dan Smart Team. Peserta yang akan mengikuti lomba di wajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu di meja registrasi yang telah dipersiapkan oleh panitia The Best Contact Center Indonesia 2016.

Sesi pertama adala lomba untuk kategori Quality Team. Peserta memasuki aula yang telah di persiapkan untuk lomba, didalamnya telah terdapat kursi yang telah di bagi menjadi beberapa kelompok untuk di tempati oleh masing – masing team. Sebanyak tujuh team mengikuti lomba di kategori Quality team ini, perusahaan yang menerjunkan wakilnya untuk bertanding diantaranya adalah Telkom Indonesia, Bank Mandiri, Pajak, Bank Indonesia, DBS, dan perusahaan Contact Center lainnya. Sebelum memulai lomba, dilakukan briefing terlebih dahulu oleh Bp. Andi Anugrah selalu ketua Indonesia Contact Center Asociation (ICCA) mengenai tata cara dan peraturan lomba. Perhitungan waktu telah dimulai, Selama Tiga jam lamanya para peserta kategori Quality Team diberikan kesempatan untuk  mendengarkan recording dan menganalisa pembicaraan sesuai dengan 100 recording yang di berikan kepada peserta lomba.  

SmartKategori Smart Team dimulai sekitar pukul 12.45 WIB. Tidak jauh beda dengan sesi sebelumnya yaitu kategori Quality team, untuk Smart Team juga dilakukan briefing terlebih dahulu sebelum lomba dimulai oleh Bp. Andi Anugrah. Untuk pembahasannyapun masih sekitar tata cara dan peraturan lomba juga pengambilan nomor meja di dalam fish bowl.Para peserta tidak diperkenankan untuk membawa tas dan smartphone ke meja masing – masing, yang di perbolehkan untuk di bawa hanya minuman saja. Peserta yang mengikuti lomba untuk kategori Smart Team ini diantaranya PAL Jaya, PUSINTEK, DBS, Telkom Indonesia, Bank Indonesia, Bank mandiri 1, Bank Mandiri 2, Bea Cukai, Pajak, Indosat Ooredo, dan lain lain. Pengerjaan soal di mulai pukul 13.10 WIB. Seluruh peserta lomba antusian untuk mengerjakan soal teka teki silang sebanyak 200 Soal. Seperti yang di katakan salah satu peserta dari PT. Telekomunikasi Indonesia Bp. Muhadi, soalnya yang diberikan mengenai pengetahuan umum, untuk soal mengenai contact center hanya sekitar 2% saja. “Soal – soalnya itu umum banget, dari mulai soal pemain film sampai soal mengenai traveling.”  Ujarnya. Untuk kategori Smart Team, waktu yang diberikan untuk menjawab seluruh soal yaitu selama dua jam, lebih singkat di bandingkan kategori Quality Team. Waktu sudah berjalan satu jam, sesekali Bp. Andi Anugrah berkeliling untuk menyemangati seluruh peserta.

Di kategori ini suporter yang tadinya berada di lantai atas, bisa turun dan menyaksikan lebih dekat lagi perwakilan yang di dukungnya. Waktu tersisa dua puluh menit lagi, Bp. Andi memberikan perpanjangan waktu bagi peserta untuk menjawab lebih banyak lagi soal. Suasana semakin menegang, tingkah polah semua peserta bermacam – macam ada yang mulai garuk-garuk kepala karena tidak dapat menjawab salah satu soal sampai ada yang berdiri sambil mengerjakan soal, sepertinya dia mulai merasa pegal – pegal. Bp. Andi Anugrah mulai menghitung mundur waktu, ketika hitungan berakhir seketika itu pula sorak sorai dari para suporter memecah keheningan, rasa lega terlihat jelas di setiap wajah para peserta dari kategori smart team. 

Tersisa dua kategori yang akan di pertandingkan besok di Gelanggang Remaja Jakarta Timur ini. Ketegangan masih berlanjut hingga akhirnya nanti semua yang menjadi The Best bertemu di Gala Dinner yang bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Timur.