“Merumput” Bersama Di BUPERTA

Semangat BUPERTA

Tepuk pramukaa… prok prok prok.. nahh inget tepuk pramuka inget juga kan tentang masa – masa dulu saat kita camping persami atau jambore bersama ketika sekolah dulu. Kali ini kita dapat bernostagia kembali dengan mengikuti jambore di Indonesia Contact Center 2015 yang diselengarakan di BUPERTA Cibubur 16 – 17 Mei 2015. Ngomong – ngomong tentang camping, bayangan kita akan langsung terpusat pada hamparan padang rumput hijau dengan sepoi angin yang mengajak pepohonan bergoyang mengalunkan nyanyian dari gemrisik hijau dedaunan. Sebuah tenda akan dibangun dengan empat tiang kokoh penyangga, akan dibuat perapian saat malam menjelang untuk mempersatukan nyanyian keakraban yang telah lama dirindukan karena rutinitas pekerjaan.

Pagi ini sinar matahari hangat menyinari Bumi Perkemahan di Cibibur. Para peserta jambore satu persatu mulai mendatangi lokasi jambore. Mereka tampak percaya diri dan begitu antusias, karena datang dengan diantar rekan sesama call center di tempat mereka bekerja. Seluruh keperluan selama camping tentunya telah dipersiapkan dengan sangat matang. Beberapa properti yang akan menghias tenda – tenda para peserta telah dipersiapkan sebelumnya. Menarik sekali, kami si kuli tinta makin penasaran apa yang akan dibuat para peserta untuk menghias tendanya masing – masing.

Akhirnya tepat pukul 09:00 WIB para peserta diminta kumpul di lapangan untuk mengadakan upacara pembukaan. Seperti halnya di tahun lalu, upacara dipimpin oleh Bapak Andi Anugrah yang memberikan masukan agar contact center bisa maju dan paling depan. Yahh.. karena memang kami para sinias contact center selalu berada di depan dalam melayani pelanggan. Setelah menyanyikan mars contact center semua peserta diberi pembekalan membangun tenda dengan baik dan benar. Namun ada sedikit kendala ketika sesi pembagian tenda dan cek kelengkapan. Ada beberapa peserta yang belum disediakan kelengkapan seperti tali dan tiang pancang, sehingga perlengkapan membangun tendanya belum lengkap dan harus menunggu. Tik tok.. tik tok…

IMG-20150516-WA0008

Kesolidan Tim Diuji

Penilaian pertama dimulai dengan perlombaan membangun tenda dengan baik, kokoh dan tepat waktu. Panitia menyampaikan rule sebelum dimulainya penilaian yaitu; tenda harus dibangun oleh peserta inti dan tidak boleh dibantu oleh siapapun, ikatan harus kuat dan waktu yang diberikan harus sesuai. Semua peserta yang dikirimkan adalah perwakilan yang sangat kreatif dan handal, lihat saja.. semua peserta saling bekerja sama dengan teamnya masing – masing. Untuk memacuu semangatt, kami dengar yel yel yang mengalun dari tiap team sebelum mendirikan tenda “Satu dua huh.. satu dua huhh.. satu dua huhh” itu yang salah satunya kami dengar dari Pajak. Team lain tidak kalah dong… Panin, Bank Mandiri, Astra World, BCA, Indosat dan Kereta Api Indonesia. Memang sepertinya terlihat lelah, namun jika dikerjakan bersama akan terasa mudan dan ringan, seperti pepatah lama bilang “Adalah sebuah lidi, jika hanya satu batang hanya akan berguna sebagai tusuk gigi namun apabila disatukan menjadi kesatuan utuh maka akan berguna sebagai sapu lidi” seperti itulah team yang solid.

Yang Tercepat dan Kreatif yang Juara

Okey.. Astra World mendapatkan waktu tercepat dalam mendirikan tenda, disusul oleh Bank Mandiri dan seterusnya. Waktu boleh cepat, namun nanti akan ada team Juri yang akan memeriksa kembali kekuatan dari tenda yang telah didirikan oleh peserta. Sesuai informasi dari panitia, Juri yang menilai kekuatan tenda tidak hanya dari panitia namun dari pihak BUPERTA Cibubur. Sambil menunggu semua peserta dinilai tendanya oleh para Juri, para panitia menyalakan lagu dangdut ahaayyyyyyyy, seru sekali melihatnya. Di siang hari itu, peserta yang tadinya kelelahan tampak semangat lagi. Ada panitia yang menaiki sepeda untuk berkeliling memberikan semangat dan memfoto para peserta yang sudah selesai dinilai tendanya oleh para juri. Hasil penilaian tenda akan diakumulasi dengan penilaian perlombaan lainnya dan akan diumumkan di akhir acara Jambore besok yaitu tanggal 17 Mei 2015.

IMG-20150516-WA0005

Setelah penilaian tenda, kemudian masing – masing perusahaan melanjutkan menghias tenda dengan properti yang sudah di bawa oleh masing – masing perusahaan. Seru sekali melihatnya. Contohnya seperti di tenda Bank BCA, mereka membawa properti headset yang besaaaar sekali. Headsetnya di jadikan gapura, lalu mereka membawa properti mirip dengan mesin ATM, waaah hebat sekali. Lalu terlihat juga Bank Mandiri II membawa ondel – ondel untuk di letakkan di depan tenda mereka. Yang lebih menarik perhatian datang dari Bank Panin, mereka kompak berbaju khas China berwarna merah, waaah seru sekali pokoknya. Para prianya juga menggunakan tutup kepala dengan rambut kepang panjang dibelakangnya, mirip dengan film vampire China hihihi… hihihi…, mereka juga membawa properti gapura khas China, bunga Sakura dan properti lainnya. Bank Mandiri tahun ini kembali mengambil konsep pedesaan, mereka kompak dengan rompi coklat, seru sekali melihatnya. Mereka membawa properti pohon – pohonan dan pendopo yang sudah ditempeli daun – daunan, oh iya ada yang ketinggalan hehe.. hehe.. Bank BCA II juga tidak kalah seru, mereka mengambil konsep food truck, seruuu sekali. PT. KAI juga tidak mau kalah, mereka memagari tendanya dengan properti rel kereta api, melihat propertinya membuat kami mengabaikan panasnya matahari siang ini dan tidak memperhatikan tau – tau kaki kami sudah belang hi.. hi.. hi…

IMG-20150516-WA0007

Antusias dan Semangat Peserta

Panasnya matahari tidak menghalangi peserta untuk terus mendekor tenda mereka. Beberapa kali para panitia menginformasikan bahwa disediakan minuman dan makanan kecil untuk para peserta. Para panitia juga terlihat sangat bersemangat sekali melihat – lihat hasil karya para peserta, tahun ini terlihat para peserta jauh lebih kreatif dengan konsep yang mereka ambil. Kami yang meliput pun terkagum – kagum melihat dekorasi dan kekompakan yang mereka lakukan. Seruuu sekali. Tidak terasa waktu sudah menunjukan jam 12 siang. Waktunya istirahat, solat dan makan siang untuk para peserta. Terlihat muka – muka kelelahan namun sangat gembira.

Setelah beristirahat, tepat jam 13:00 WIB, peserta yang belum menyelesaikan pembangunan tenda dipersilakan kembali membangun tenda dan bagi yang telah selesai, diberikan briefing untuk lomba selanjutnya. Lomba yang akan dilaksanakan adalah lomba yang dapat memacu rasa kebersamaan seluruh anggota team. Setiap acara lomba berlangsung kurang lebih 1 jam, walau udara makin panas, namun acara tetap menyenangkan, terlihat dari raut muka para peserta. Seru sekali rangkaian acara yang dibuat oleh panitia The Best Contact Center Indonesia tahun ini. Semua pesertanya menggunakan baju seragam, semuanya terlihat kompak, dan menikmati semua rangkaian acara yang sudah disusun oleh panita The Best Contact Center Indonesia 2015.

Maju Terus Contact Center Indonesia

Bangga sekali rasanya menjadi bagian contact center, kami bisa merasakan acara yang sangat bermanfaat seperti ini. Selain menambah kreatifitas, acara jambore juga membantu para peserta makin solid dengan sesama temannya, menambah rasa sabar menghadapi panasnya cuaca dan sulitnya membangun tenda. Kami pun pertama berifikir kenapa harus mendirikan tenda? Ternyata terjawab, membangun tenda adalah hal yang sulit, diperlukan kesabaran, kekompakan dan ketelitian. Seperti kami para contact center yang harus memiliki sifat sabar dalam melayani pelanggan, kompak kepada sesama tim agar bisa saling mengingatkan dan teliti agar kami bisa membantu pelanggan dengan baik dan benar juga tidak ada kesalahan informasi yang diberikan. Kami contact center berterima kasih dengan para panitia The Best Contact Center Indonesia 2015 atas jambore hari pertama ini.