Menuju Gerbang Juara Para Pejuang Contact Center Indonesia

Pagi yang cerah di kota jakarta menyambut perhelatan akbar insan Contact Center di Indonesia yaitu ajang The Best Contact Center Indonesia yang kembali digelar tahun ini. Acara sakral yang setiap tahun diadakan oleh Indonesia Contact Center Association ini dilaksanakan di Kalbis Institute, Jakarta Timur.

Pukul 07.00 wib, para peserta sudah banyak yang berkumpul di kalbis institute untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti lomba. Tim panitia dari ICCA pun sudah bersiap dengan tugasnya masing-masing, ada yang bertugas di meja registrasi, bersiap di ruangan lomba untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan oleh para peserta dan juga tugas-tugas penting lainnya.

Panitia di meja registrasi

Masih dengan pancaran semangat yang menggebu dari para peserta setelah sebelumnya berhasil melewati tahap 1 yaitu tes tertulis Kategori Individu pada 22 Mei 2107, hari ini Senin 24 Juli 2017 tibalah saatnya para peserta menunjukan kemampuannya didepan para juri dalam tahap 2 yaitu presentasi, dan dari 561 peserta hanya 478 peserta yang berhasil maju ke tahap presentasi.

Untuk kategori yang dilombakan hari ini adalah Kategori Agent Sosial Media, Desk Control, Quality Assurance, Trainer, IT Support, Best of The Best Quality Assurance, dan Best of The Best Support. Dewan juri yang menilai peserta dalam 1 ruangan terdapat 10-15 juri, yang terdiri dari 5-6 orang juri dari tim akademik, sedangkan sisanya dari perusaahan dan juri dari ICCA.

Ada beberapa perbedaan antara TBCCI yang diselenggarakan tahun lalu dengan TBCCI tahun ini, pada tahun ini perusahaan yang mengikuti lomba TBCCI meningkat, dari tahun sebelumnya yang hanya bejumlah 35 perusahaan saat ini mencapai 46 perusahaan. Dengan ketentuan untuk setiap perusahaan diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 peserta pada masing-masing kategori. Beberapa perusahaan yang baru mengikuti TBCCI 2017, diantaranya OJK (otoritas jasa keuangan), Axa Mandiri, DHL, DataScrip, dan juga beberapa perusahaan lainnya.

Selain itu perbedaan yang terjadi di tahun ini adalah lamanya waktu presentasi yang ditetapkan panitia kepada para peserta yaitu adanya tambahan durasi untuk kategori Agent Sosial Media yang sebelumnya hanya berdurasi 15 menit saat ini menjadi 20 menit. Selain bertambahnya jumlah perusahaan yang mengikuti TBCCI, dalam hal kategori yang dilombakan juga ada penambahan yaitu kategori Agent Disability.

Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah informasi hadiah dari para pemenang TBCCI 2017, reward yang diberikan untuk para pemenang adalah:

  • Platinum : Benchmark ke Eropa
  • Gold : Benchmark ke Thailand
  • Silver : Benchmark ke Thailand
  • Bronze : Benchmark ke Singapore

Dan untuk Kategory Talent (Writting, Foto, Video, Singing, dan Dancing) pemenang Platinum akan mendapatkan benchmark ke Singapore.

Menurut Pak Andi Anugrah “tujuan diadakannya perhelatan TBCCI yaitu sebagai benchmark dan pembanding layanan serta sharing kepada praktisi contact center dan memberikan apresiasi kepada profesi contact center”.

Salah satu peserta dari Bank Mandiri dalam kategori Quality Assurance yaitu Sdri. Santika Utami sempat berbagi pengalamannya setelah selesai melaksanakan presentasi. Hampir sama dengan semua peserta santika juga merasa deg-degan dan grogi saat memasuki ruangan presentasi, namun tidak membutuhkan waktu lama untuk mencairkan suasana. Dalam Presentasi ini santika tidak mengusung tema khusus jadi presentasi yang disampaikan sesuai dengan pengalaman saat menjadi Quality Assurance.

Santika Utami peserta Quality Assurance Bank Mandiri, tbk

Selain Santika peserta dari PT. Telkom Indonesia dengan senang hati berbagi pengalamannya saat presentasi. Dengan kostum berwarna Merah-kuning Frida Nov Kristina G berhasil menarik banyak perhatian baik dari panitia maupun peserta lainnya. Setelah diselidiki kostum yang dipergunakan mempunyai tema khusus yang disesuaikan dengan baju tradisional Nias, dan yang tidak kalah menarik diawal presentasi frida juga membawakan tarian khas nias didepan dewan juri. “Karna ini baru pertama kali jadi deg-degan banget” tuturnya saat ditanya bagaimana perasaannya mengikuti kompetisi ini.

Dalam waktu 25 menit yang diberikan Frida berhasil menyelessaikan presentasi dan menjawab pertanyaan Fish Bowl dalam waktu 21 menit, penasaran gak kira-kira pertanyaan yang frida dapat apa ya? Ternyata pertanyaanya adalah “Sebutkan 3 tahapan untuk penilaian kualias agent?” Dan jawaban yang diberikan oleh Frida adalah ” Tapping, Evaluasi dan Rekomendasi” semoga jawaban dari frida bisa memuaskan para juri.

Peserta kategori Quality Assurance, PT. Telkom Indonesia.
Dina Yuliana(kiri) Peserta dari Bank Mandiri,tbk bersama Suporter dari Bank Mandiri

Disekitar lokasi lomba terlihat ramai oleh peserta dan para pendukung dari masing-masing perusahaan, dukungan dan doa dari rekan kerja dan manajemen perusahaan sangatlah penting bagi para peserta sebagai salah satu motivasi untuk menjadi yang terbaik. Selamat berjuang para pejuang Contact Center, yakinlah bahwa kesuksesan tidak akan mengkhianati usaha dan doa. Salam Semangat.