Lee Min Hoo Effect

Korea…

Negara yang sedang banyak diperbincangkan karena sudah berevolusi menjadi salah satu negara industri musik dan perfilman yang diperhitungkan di seluruh dunia. Sebut saja Psy yang mendunia dengan lagu dan tarian “Gangnam Style” dengan jumlah Youtube viewers mencapai 2,6 milyar. Big Bang yang sudah merambah ke benua Eropa dan Amerika dan memiliki fans yang militan dengan sebutan VIP. Lee Min Ho aktor yang terkenal sejak membintangi film “Boys Before Flowers”. Termasuk yang terbaru dan saat ini sedang tayang di salah satu stasiun TV lokal  adalah drama “Descendants of The Sun” yang mencetak rating sangat tinggi di beberapa negara dibintangi oleh Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Mereka adalah beberapa contoh sebegitu pesatnya perkembangan “showbiz industry” yg menjadikan Korea sebagai kiblat idola-idola remaja masa kini.

Siapa yang tidak ingin mengunjungi negara ini??? Negara yang akan menjadi tujuan para pemenang lomba The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016 ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta karena merupakan hadiah utama yang akan diperebutkan dan mengukuhkan mereka sebagai penggiat Contact Center terbaik di Indonesia.

Masih dari event TBCCI 2016, berikut beberapa kutipan wawancara kami dengan para praktisi Contact Center di Indonesia mengenai kegiatan tersebut di hari kedua.

Lee Min Ho
Tim Astra Internasional, Triantoro Prambudhi paling kanan

Triantoro Prambudhi atau biasa dipanggil Toro, Team Leader Inbound PT Astra International ini terlihat lebih rileks saat menunggu giliran untuk presentasi. Ini merupakan ajang yang kedua baginya menjadi peserta TBCCI, dimana pada tahun 2015 ikut berpartisipasi di kategori Supervisor Inbound dan tahun ini akan mencoba peruntungannya di kategori Team Leader Inbound. Persiapan yang dilakukan menurutnya lebih ketat dengan waktu yang singkat namun tetap optimis dapat memberikan yang terbaik. Dari tujuh orang Team Leader yang ada di Inbound Astra merupakan suatu kehormatan baginya diberikan kesempatan kedua untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini. Untuk kedepannya Toro berharap apapun hasilnya semoga dapat memberikan kontribusi, pengalaman dan sharing kepada penerusnya nanti. Last but not least, jika dirinya berhasil mendapat hadiah ke Korea ingin mencoba White Coffe Korea yang iklannya dibintangi oleh salah satu aktor korea Lee Min Ho ^^

Deice Sefanya Setty
Deice Sefanya Setty

Deice Sefanya Setty, Agent Inbound Premium Bank Mandiri mengungkapkan perasaannya ketika tampil di depan dewan juri cukup deg-degan dan campur aduk namun puas terhadap penampilannya. Deice mengangkat tema Koki karena menurutnya seorang koki harus dapat menyajikan masakan yang enak terutama untuk tamu penting. Cara memasak yang benar pilihan bahan bumbu dan bahan makanan yang terbaik dijadikan inspirasi olehnya dimana setiap solusi yang diberikan ke nasabah haruslah yang terbaik. Persiapan yang dilakukan memakan waktu sekitar 1 bulan dimana Deice memiliki mentor dari unit kerjanya. Ini merupakan  pengalaman pertamanya mengikuti presentasi Individu. Harapan jika berhasil menang dan terbang ke Korea dapat bertemu dengan idolanya Lee Min Ho…

IMG_20160802_094620
Lita Kirana, perwakilan PGN, merasa Plong setelah presentasi

Lita Kirana, Team Leader Inbound Perusahaan Gas Negara (PGN) ini merupakan kali ketiganya mengikuti ajang TBCCI. Prestasi yang ditorehkannya pernah mendapat Bronze di tahun 2013 dan 2014 untuk kategori Agent Inbound. Maka tidak heran di TBCCI 2016 ini Lita yang sudah menjadi Team Leader masuk dalam kategori Best of The Best Team Leader Inbound dan akan bersaing dengan Team Leader lain yang juga pernah mencetak prestasi di TBCCI.

Tim PGN
Tim PGN ( Bu Sally, Lita, Adam )

Masuk dalam kategori ini membuatnya senang bercampur bangga karena dapat bertemu dengan peserta lainnya yang juga pernah menjadi pemenang TBCCI di kategori yang sama. Ada sedikit beban yang dirasakan karena bertemu dengan peserta dari perusahaan lain yang belum pernah satu kategori, sehingga belum mengetahui karakter dari perusahaan tersebut. Lita yang sebelumnya mengalami sedikit kendala pada saat presentasi karena masalah pointer terlihat bahagia dan lega karena sudah berusaha memberikan yang terbaik. Dan pastinya jika berhasil mendapatkan hadiah ke Korea rasanya tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata karena Korea merupakan negara yang ingin sekali dikunjunginya, terutama wisata dan budaya Korea yang sangat menarik perhatiannya..

Yuara Citra Palupi, Juri dari Indosat Ooredoo yang berpartisipasi di kategori Agent Inbound Premium mengatakan para peserta di tahun ini secara keseluruhan bagus. Menurutnya yang bisa jadi pemenang harus memiliki dan menguasai materi yang baik ju yang ga bisa mempresentasikan dengan optimal. Sedikit tips yang diberikan oleh Yuara untuk para peserta yang belum tampil, harus percaya diri, menguasai materi dan suara yang dikeluarkan saat presentasi harus terdengar antusias. Walaupun menjadi juri tetapi Yuara sempat menyinggung tentang hadiah utama ke Korea dan berharap bisa mengunjungi Korea dalam waktu dekat sebagai salah satu fans Lee Min Ho.

Yuara Citra Palupi + Firstianingsih ( Juri )
Yuara Citra Palupi + Firstianingsih ( Juri )

Firstianingsih Prabandari, Juri dari PT Personel Alih Daya (Persada) untuk kategori agent Inbound Premium. Total agent yang dijurikan hari ini ada 17 peserta. Keseluruhan mempunyai passion dan misi yang sama to be the best of the best. Mereka mempunyai bakat bahwa ternyata Contact Center merupakan satu institusi dimana orang yang berkecimpung di dalamnya mempunyai kesempatan untuk mengasah kemampuan mereka dalam melakukan presentasi yang keren terhadap pekerjaan sehari-hari yang mereka lakukan. Menurutnya poin yang menjadi penentu kemenangan adalah ikhtiar, usaha dan doa. Belajar dari yang terbaik dan just be yourself.

Bersama artikel ini, semoga harapan peserta yang berhasil goes to Korea dapat dipertemukan panitia dengan idola mereka Lee Min Ho.. Oppa.. Oppa.. Saranghaeyo ^^)