Kategori Peserta Individu

The Best Contact Center Indonesia telah dilaksanakan sejak tahun 2007 dan lomba individu menjadi lomba yang selalu banyak peminatnya. Tahun 2019 ini, lomba kategori individu tidak banyak mengalami perubahan kategori atau hampir sama dengan lomba tahun 2018. Begitu juga metode lomba tidak mengalami perubahan yang berarti, kecuali pada uji tertulis yang direncanakan menggunakan komputer atau test secara on-line.

Pada dasarnya lomba individu diupayakan untuk menjangkau semua level jabatan yang ada pada contact center. Kategori yang dilombakan mulai dari kategori Agent, Team Leader sampai dengan Supervisor dan Manager. Juga disediakan lomba untuk posisi khusus seperti Quality Assurance, Trainer, Back Office. Begitu juga lomba disediakan untuk pelayanan inbound maupun outbound serta social media.

Kategori Manager diperuntukkan bagi karyawan yang mengelola operasional contact center dan merupakan atasan dari Supervisor pada unit kerja operasional. Sedangkan kategori Supervisor ditujukan bagi karyawan yang mengelola operasional contact center dan merupakan atasan dari Team Leader pada unit kerja operasional. Selanjutnya untuk kategori Team Leader ditujukan bagi karyawan yang membantu operasional contact center dan merupakan atasan langsung dari agent pada unit kerja operasional, terdiri dari Team Leader Inbound, dan Team Leader Outbound.

Kategori selanjutnya adalah Quality Assurance yang dikhususkan bagi karyawan yang melakukan aktivitas Quality Assurance contact center dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan pada unit kerja Quality Assurance. Selain quality assurance juga dilombakan kategori Back Office, yang merupakan lomba bagi karyawan yang membantu menyelesaikan kasus (tier-2) pada operasional contact center atau staff yang melakukan follow-up atau relationship dengan pelanggan, baik secara inbound maupun outbound dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan.

Kategori Agent Inbound adalah lomba bagi karyawan yang melakukan pelayanan secara inbound pada operasional contact center dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan. Biasanya agent inbound bertugas melayani untuk semua kelompok pelanggan. Bagi agent yang memberikan pelayanan secara khusus, maka tersedia kategori Agent Premium. Kategori agent premium dikhususkan bagi karyawan yang memberikan pelayanan premium kepada pelanggan khusus dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan.

Selain agent inbound dan agent premium, juga disediakan kategori Agent English. Lomba kategori ini ditujukan bagi karyawan yang memberikan pelayanan dengan menggunakan bahasa Inggris dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan. Kategori Agent Digital adalah lomba bagi karyawan yang memberikan pelayanan melalui media sosial atau media digital lainnya dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan.

Kategori Customer Service adalah lomba bagi karyawan yang memberikan pelayanan langsung secara tatap muka dengan pelanggan sebagai customer service pada pelayanan walk-in center dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan. Untuk Agent Disability tetap akan dilombakan dalam Kategori The Best Agent Disability. Kategori ini secara khusus menyediakan lomba bagi karyawan contact center yang berkebutuhan khusus.

Kategori Telesales adalah lomba bagi karyawan yang melakukan penjualan melalui telepon outbound pada operasional contact center dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan. Kategori Telemarketing adalah lomba bagi karyawan yang melakukan kegiatan telepon outbound pada operasional contact center dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan. Kategori collection adalah lomba bagi karyawan yang melakukan kegiatan penagihan melalui telepon outbound pada operasional contact center dan merupakan staff yang tidak mempunyai bawahan.

Kategori IT Support adalah lomba bagi karyawan yang membantu operasional contact center dibidang pemeliharaan serta pengembangan teknologi. Kategori Desk Control adalah lomba bagi karyawan yang membantu merencanakan dan mengawasi kapasitas pelayanan dalam operasional contact center. Kategori Trainer adalah lomba bagi karyawan yang membantu operasional contact center dibidang pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.

Untuk menghindari kompetisi yang tidak seimbang serta memberikan kesempatan persaingan yang sama, maka bagi peserta yang sudah pernah memenangkan lomba pada periode sebelumnya harus mengikuti kategori khusus. Disiapkan kategori The Best of The Best yang merupakan lomba bagi karyawan yang pernah memenangkan The Best Contact Center Indonesia pada periode sebelumnya dan berlomba sesuai dengan jabatannya saat ini. Kategori ini terbagi dalam kategori Manager, Supervisor, Team Leader, Agent, Back Office, Outbound (Telemarketing, Telesales, Collection), Customer Service, Support (IT & Desk Control), Quality Assurance, dan Trainer.

Pembatasan dilakukan untuk semua pemenang The Best Contact Center Indonesia yang telah menjadi pemenang 2 (dua) kali berturut-turut pada tahun 2017 dan 2018 disemua kategori, tidak diperkenankan untuk bertanding pada lomba individual. Begitu juga semua pemenang kategori individu The Best Contact Center Indonesia yang telah menjadi pemenang Platinum, tidak diperkenankan untuk bertanding pada kategori yang sama. Hal yang sama diterapkan bagi pemenang The Best of The Best kategori individu yang pernah menjadi pemenang, tidak diperkenankan untuk bertanding pada kategori yang sama.

Setiap kategori individu yang dilombakan akan dibagi dalam 2 (dua) sub kategori, yaitu sesuai kapasitas contact center yang dimiliki. Ada kelompok peserta dengan seat sampai dengan 100 seat dan kapasitas diatas 100 seat. Khusus untuk kategori Supervisor, Team Leader Inbound dan Back Office, yang dapat diperlombakan dalam 3 (tiga) sub kategori kapasitas contact center yaitu Perusahaan dengan kapasitas sampai dengan 30 seats, kapasitas 31 sampai dengan 100 seats dankapasitas diatas 100 seats. Ketentuan kapasitas ini dapat berubah sesuai dengan variasi jumlah peserta yang berlomba.

Dengan banyaknya peserta lomba Agent Inbound, maka Khusus kategori Agent Inbound terbagi dalam 5 sub kategori kapasitas contact center. Perusahaan dengan kapasitas sampai dengan 30 seats, Badan publik dengan kapasitas sampai dengan 30 seats, Lembaga publik dengan kapasitas sampai dengan 30 seats, Perusahaan dengan kapasitas 31 sampai dengan 100 seats, dan Perusahaan dengan kapasitas diatas 100 seats.

Peserta lomba Individual akan mengikuti 2 (dua) tahapan seleksi yaitu seleksi tahap pertama dan seleksi tahap kedua. Seleksi tahap pertama dilakukan dalam bentuk ujian tes tertulis. Setiap perusahaan boleh mengirimkan sebanyak-banyaknya peserta untuk mengikuti seleksi tahap pertama, namun hanya 5 peserta dengan nilai tertinggi dari Perusahaan yang sama dapat mengikuti tahap kedua.

Untuk menciptakan kompetesi yang menantang setiap kategori harus diikuti oleh minimum 12 peserta per kategori. Khusus kategori Manager dan Trainer wajib diikuti oleh minimum 10 peserta. Setiap peserta yang berlomba hanya boleh mengikuti 1 kategori sesuai dengan posisi atau jabatan terakhir pada saat lomba test tertulis dilakukan. Dengan ketentuan bahwa peserta individual adalah karyawan yang masih bekerja dan telah bekerja pada perusahaan yang diwakili selama minimum 6 bulan dan menduduki jabatan yang diwakili selama 6 bulan. (AA)

Artikel “Kategori Peserta Individu” merupakan liputan utama iCallCenter Edisi 01/2019.

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

15 Responses to Kategori Peserta Individu

  1. balenciaga says:

    My spouse and i have been glad Louis managed to do his investigations through your precious recommendations he grabbed from your own web pages. It’s not at all simplistic just to continually be giving freely guidelines which usually some people might have been trying to sell. We understand we have got the website owner to appreciate because of that. The illustrations you made, the straightforward web site menu, the relationships you can help engender – it’s got all remarkable, and it’s helping our son in addition to the family know that this concept is interesting, which is pretty vital. Thanks for all!

  2. I wanted to send you the very small word so as to thank you so much as before considering the wonderful pointers you’ve shown above. This has been so remarkably open-handed with people like you to provide publicly all that many individuals would’ve offered for sale as an electronic book to generate some cash for themselves, notably since you could have tried it in case you desired. The good ideas as well served like a easy way to know that many people have the identical desire really like my very own to figure out a good deal more with regard to this condition. I know there are a lot more enjoyable situations up front for those who read your blog post.

  3. I want to point out my respect for your kind-heartedness in support of folks who really need help with the subject. Your real dedication to getting the solution around ended up being especially helpful and has frequently empowered women just like me to attain their aims. Your personal valuable publication implies a great deal a person like me and even more to my mates. Best wishes; from everyone of us.

  4. I have to show my appreciation for your kind-heartedness for persons who require help on this particular study. Your special commitment to getting the solution across appeared to be rather beneficial and have really enabled those just like me to achieve their desired goals. Your entire warm and friendly guidelines entails a whole lot to me and far more to my office workers. Many thanks; from all of us.

  5. This reminds me of the other page here I found

  6. vans shoes says:

    I would like to express appreciation to the writer just for bailing me out of this condition. After looking through the search engines and obtaining techniques which were not beneficial, I was thinking my life was gone. Being alive devoid of the approaches to the difficulties you’ve solved through the write-up is a critical case, as well as the ones which could have in a negative way affected my career if I had not come across your web blog. Your own personal capability and kindness in controlling a lot of stuff was helpful. I’m not sure what I would have done if I hadn’t come upon such a stuff like this. I can also at this time look ahead to my future. Thanks very much for this reliable and result oriented help. I won’t be reluctant to recommend your web site to anyone who would need tips about this issue.

  7. Pingback: yeezy

  8. I just wanted to make a quick word to be able to thank you for some of the amazing ways you are writing on this website. My time intensive internet look up has at the end of the day been rewarded with brilliant ideas to share with my companions. I would point out that we visitors actually are truly endowed to live in a decent website with many marvellous professionals with good methods. I feel pretty fortunate to have come across your web page and look forward to so many more cool times reading here. Thanks again for everything.

  9. Thank you so much for providing individuals with a very pleasant chance to read critical reviews from this site. It really is so useful and as well , stuffed with amusement for me and my office mates to search your blog at the very least thrice weekly to learn the new secrets you have got. And definitely, I’m also usually contented concerning the incredible creative ideas served by you. Some 4 areas in this post are ultimately the most beneficial we have had.

  10. Exceptional content! I absolutely demonstrated a going through. I’m hoping to learn to read added away from you. There’s no doubt you’ll have beneficial awareness not to mention dream. My group is seriously pleased just for this important info.

  11. Didn’t the pagans come up with some way too cool holidays?

  12. I wanted to draft you a little note to help say thanks a lot yet again on the great thoughts you have shared on this page. It was quite seriously open-handed with you to offer freely precisely what a number of people would’ve offered for sale for an electronic book to help make some cash for themselves, most importantly since you could possibly have done it in case you desired. Those basics in addition served to become easy way to realize that many people have the identical desire similar to my very own to know a whole lot more around this condition. I am sure there are many more fun times ahead for people who take a look at your blog.

  13. I simply had to thank you very much all over again. I do not know what I could possibly have achieved without the actual aspects shared by you regarding my problem. It had become an absolute challenging difficulty in my circumstances, however , being able to view the well-written avenue you managed that forced me to leap for delight. I will be grateful for this service and in addition wish you really know what an amazing job that you are carrying out instructing people today via a site. I am sure you’ve never come across all of us.

  14. jordan shoes says:

    I wanted to type a quick message to be able to appreciate you for all the unique concepts you are giving out at this site. My long internet research has at the end of the day been rewarded with reliable ideas to go over with my two friends. I would assert that many of us site visitors are undoubtedly lucky to dwell in a very good place with so many perfect individuals with interesting solutions. I feel extremely blessed to have used your entire web page and look forward to plenty of more excellent moments reading here. Thank you once again for everything.

  15. nike shox says:

    I am glad for commenting to let you know of the helpful discovery my wife’s daughter experienced going through your webblog. She came to understand several pieces, including what it’s like to possess an ideal helping mindset to have many people without problems master a variety of multifaceted subject matter. You really did more than people’s desires. I appreciate you for imparting the good, dependable, revealing and also cool thoughts on your topic to Lizeth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *