HADAPI TANTANGAN DENGAN KEYAKINAN

DSC_0006(1)-min
Peserta Kategori Agent Bandan Public

Jakarta, 10 Juli 2018. Matahari terlihat kian merangkak menuju persinggahannya. Sinarnya yang begitu berkilau mengiringi perjalanan setiap individu menuju masing-masing tempat tujuannya. Pun begitu dengan para peserta kategori Individu di hari kedua event The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2018. Diiringi dengan teriknya pancaran sang surya, para peserta terlihat tetap semangat untuk bisa melakukan yang terbaik dalam presentasi kategori Individu di hari ini. Hari kedua yang berwarna. Ekspresi para peserta layaknya permen nano-nano, ramai riuh para pendukung menghiasi suasana didepan ruangan presentasi Kategori Individu. Sedang apakah gerangan yang terjadi? telisik punya telisik, ternyata semangat membara untuk meraih juara itu masih berlanjut di hari ini. Jendela ruangan presentasi menjadi layar intai bagi para peserta maupun pendukung yang sedang menunggu rekannya saat tampil.

Samar-samar tampak para peserta menunjukan kebolehannya dalam memberikan paparan presentasinya, semua kebolehan yang dimiliki telah dikeluarkan demi mendapat rasa simpati dan menarik perhatian Para Dewan Juri, waw seseru ini kah? Masih ada beberapa hari kedepan dan silahkan buktikan sendiri sensasi tegang dan lega dari para peserta yang telah tampil dengan maksimal.

Sanwani (Jali) Peserta PT. Perusahaan Gas Negara
Sanwani (Jali) Peserta PT. Perusahaan Gas Negara

Kami berhasil menangkap seorang Agent Badan Publik yang memperkenalkan namanya sebagai Jali, meski di identitas peserta tertulis sebagai sanwani. Dari penampilannya tak hentinya kami tergelitik geli sampai ke ujung perut, Dia sangatlah kocak dan memberikan komunikasi visual sekali dalam penampilan. Entah kenapa kami sangat yakin bahwa para juri akan tertawa geli dan menyukai caranya berpresentasi.

Sedikit wawancara dengannya, ternyata selain sebagai seorang Agent Contact Center, pekerjaan sampingannya adalah sebagai MC Humoris dan benar saja, setelah kami perhatikan reaksi para dewan juri dari balik kaca, mereka tertawa bahagia karena merasa terhibur. Sungguh penyajian yang kreatif dan inovatif.

Peserta Ditjen Bea dan Cukai
Peserta Ditjen Bea dan Cukai

Berkeliling lagi kami menilik pemandangan yang tersaji, Nampak dari jarak setengah meter ada seseorang berseragam layaknya pilot pesawat terbang memberikan pose yang meyakinkan, tampak dari raut mukanya keyakinan yang dalam akan meraih kemenangan. Tebakan kami ternyata salah, beliau adalah Agent Individu dari Ditjen Bea dan Cukai  yang gagah berani menerbangkan mimpi dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2018.

Dalam rangkaian cara terbesar insan contact center ini tampak sekali persaingan yang berpadu dengan kebersamaan, para peserta tampak sangat akrab sesaat sebelum dan setelah tampil di meja panas dewan juri. Satu dengan yang lain menceritakan pengalaman setelah selesai mendapat giliran untuk tampil. Tidak jarang diantara mereka berfoto bersama sebagai bekal cerita sekembalinya ke tempat kerja masing-masing, bahwa mereka telah melewati tahap yang menegangkan ini, tahap yang menentukan dari seluruh rangkaian acara dan menunggu hasilnya nanti di malam penghargaan.

Sedikit disayangkan. Dari hasil penyelidikan kami, ternyata ada beberapa peserta yang tidak hadir dengan berbagai alasan masing-masing. Ini menyebabkan pihak panitia terpaksa harus mendiskualifikasinya demi kelancaran susunan acara dan nilai profesionalitas. Menang atau kalah merupakan hal yang biasa, namun mental yang kuat sangat dibutuhkan untuk berani menghadapi segala rintangan di depan mata. Dari acara ini telah dapat diukur seberapa tangguh para Insan Contact Center menghadapi tantangan yang ada disetiap proses kerja yang mereka jalani sehari-hari. Keluhan, cercaan, pujian adalah menu sehari-hari yang biasa disantap para peserta ini saat menjalankan tugasnya. Maka “Semangat” merupakan kata yang sederhana namun menjadi tantangan yang luar biasa bagi saya, anda dan mereka yang menyebut dirinya Insan Contact Center Indonesia.

Salam Energi Baik dari kami tim liputan Perusahaan Gas Negara, nantikan kejutan selanjutnya yang akan kami sajikan di hari ke tiga. Maju terus Contact Center Indonesia.